Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendiri Balenciaga, Merek Mewah yang Rilis Gelang Selotip Seharga Nyaris Rp70 Juta

Sosok Balenciaga di balik merek yang merilis gelang lakban seharga US$4.400
Tas merek Balenciaga./Bloomberg
Tas merek Balenciaga./Bloomberg

lBisnis.com, JAKARTA -- Brand mewah asal Prancis, Balenciaga, kembali mengejutkan jagat maya setelah meluncurkan gelang berbentuk selotip. 

Tak hanya bentuk gelang yang nyeleneh, tapi harganya juga fantastis, senilai US$4.400 atau setara dengan Rp69,84 juta. Gelang yang dibuat menyerupai gulungan selotip transparan itu merupakan bagian dari koleksi musim gugur/dingin 2024-25 Balenciaga, yang diluncurkan pada 3 Maret 2024 di Paris Fashion Week.

Balenciaga sebenarnya sudah tidak asing dengan provokasi untuk, secara ironis, mengatasi kritik terhadap konsumerisme dan kapitalisme, dan menantang persepsi tentang nilai dan keinginan dalam mode kontemporer.

Pada 2017, merek ini merilis tas jinjing belanja ekstra besar "Arena” senilai US$2.000 atau sekitar Rp31,7 juta, yang bentuknya mirip dengan tas belanja biru Ikea senilai US$0,99 atau hanya Rp15.000-an.

Pada 2022, Balenciaga juga meluncurkan Trash Pouches, sebagai "kantong sampah paling mahal" yang terbuat dari kulit sapi asli seharga US$1.100. 

Tak lupa, koleksinya pada awal tahun ini “rok handuk” Balenciaga yang terkenal dari koleksi Musim Semi 2024 seharga US$925, yang membuat penggunanya terlihat seperti baru saja selesai mandi. 

Sosok Pendiri Balenciaga

Adalah Cristóbal Balenciaga Eizaguirre, yang lahir pada 21 Januari 1895. Dia merupakan seorang perancang busana Spanyol dan pendiri rumah mode Balenciaga pada 1919.

Lahir di kota Basque Getaria, Spanyol, Balenciaga hanyalah seorang anak nelayan dan penjahit. Ayahnya meninggal ketika dia masih kecil, sehingga Balenciaga banyak menghabiskan masa kecilnya bersama ibunya

Di usianya baru 12 tahun, dia mulai menjajal peruntungannya sebagai penjahit magang. Namun, keberuntungan membawanya bertemu dengan Marchioness de Casa Torres, wanita bangsawan terkemuka di kotanya, yang kemudian menjadi pelanggan tetapnya. 

Atas bantuannya, Balenciaga dikirim ke Madrid untuk belajar dan berlatih jahit secara formal. 

Jadi Langganan Kerajaan Spanyol

Sukses membangun kariernya, Balenciaga membuka butik di San Sebastián pada 1919, yang kemudian berkembang dan diperluas ke Madrid dan Barcelona. Karyanya begitu dihargai sampai ke ranah bangsawan, termasuk olehh keluarga Kerajaan Spanyol. 

Namun, ketika Perang Saudara Spanyol pecah, memaksanya untuk menutup toko, dan membawanya pindah ke Paris. Di sana dia membuka rumah busana Paris di Avenue George V pada Agustus 1937.

Dia berhasil mempertahankan ketenarannya hingga pada 1960 dia ditunjuk untuk membuat gaun pengantin untuk Fabiola de Mora y Aragón yang menikah dengan Raja Baudouin dari Belgia.  

Dia juga menciptakan banyak desain untuk sosialita Aline Griffith, diplomat Margarita Salaverría Galárraga, dan desainer Meye Allende de Maier. Dia juga mengajar untuk kelas desain fesyen, dan menginspirasi desainer lain termasuk Oscar de la Renta, André Courrèges, Emanuel Ungaro, Mila Schön, dan Hubert de Givenchy.  

Adapun, dia juga melayani beberapa kliennya yang paling terkenal seperti Mona von Bismarck, Gloria Guinness, Grace Kelly, Ava Gardner, Audrey Hepburn, dan Jackie Kennedy.

Balenciaga pensiun dari dunia mode kelas atas pada 1968 di usianya 74 tahun setelah bekerja di Paris selama tiga puluh tahun. 

Balenciaga meninggal pada aret 1972 di usianya 77 tahun akibat serangan jantung yang diikuti dengna gagal jantung. Dia dimakamkan di kampung halamannya Getaria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper