Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Sepatu BATA, Buatan Ceko yang Beroperasi di Indonesia Hampir Seabad

Sudah beroperasi selama 93 tahun di Indonesia, simak sejarah Sepatu BATA
Sejarah Sepatu BATA, Beroperasi di Indonesia 93 Tahun
Sejarah Sepatu BATA, Beroperasi di Indonesia 93 Tahun

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sepatu Bata Tbk (BATA) resmi menutup operasional pabrik sepatunya yang berlokasi di Purwakarta per 30 April 2024 lalu. Tutupnya pabrik sepatu BATA dikarenakan kerugian selama 4 tahun terakhir. 

Diberitakan Bisnis sebelumnya, pada Januari-September 2023 tercatat kerugian BATA mencapai Rp80,65 miliar atau meningkat 294,76% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp20,43 miliar.  

Sedangkan, penjualan bersih BATA pada periode tersebut turun 0,42% menjadi Rp488,47 miliar atau lebih rendah dari tahun sebelumnya Rp490,57 miliar. 

Sejarah Berdirinya Bata

Dikutip dari laman resmi BATA, kisah Bata dimulai pada tanggal 21 September 1894, ketika didirikan oleh tiga bersaudara di kota Zlín, Cekoslowakia.

Mereka adalah generasi kedelapan pembuat sepatu keluarga Bata dan merupakan inovator sejak awal, menggantikan bengkel tradisional yang hanya terdiri dari satu orang menjadi perusahaan yang beranggotakan 10 orang (akan segera menjadi 50 orang).

Kurang dari 10 tahun kemudian, Baťa memproduksi 2.200 pasang sepatu setiap hari, dan untuk mengakomodasi permintaan, mereka memperkenalkan teknik produksi mekanis, termasuk mesin pembuat sepatu pertama yang digerakkan oleh uap dan memulai periode modernisasi pesat yang memungkinkan perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan pembuat sepatu massal pertama di Eropa. produsen sepatu.

Di Zlín Bata membangun sebuah pabrik untuk para pekerjanya dan menyediakan perumahan, sekolah, rumah sakit, perpustakaan, dan fasilitas rekreasi bagi keluarga mereka bagi para pekerjanya. Karena Tomáš Bata percaya bahwa bisnis memiliki tanggung jawab terhadap karyawannya. Konsep ini akan diciptakan kembali di belahan dunia lain di tahun-tahun mendatang.

Dari Austria hingga Zambia, toko Bata menetapkan standar kualitas berdasarkan produk unggulan, nilai uang, dan layanan tak tertandingi.

Meskipun setiap toko dirancang secara unik agar sesuai dengan lokasinya, semuanya menawarkan pengalaman berbelanja yang luas, nyaman, dan ramah. Dari ibu kota Eropa hingga pedesaan di India, nama Bata menjamin sepatu terbaik dengan harga terbaik didukung dengan pelayanan terbaik.

Sejarah Bata di Indonesia

Nama Sepatu telah terukir di Indonesia sejak tahun 1931, 14 tahun sebelum tahun proklamasi Indonesia. Pada masa tersebut, Bata melakukan kerjasama dengan NV, Netherlandsch-Indisch, sebagai importir sepatu yang beroperasi di Tanjung Priok. Enam tahun kemudian, Tomas Bata mendirikan pabrik Sepatu ditengah perkebunan karet di area Kalibata, beralamat di Jl. Kalibata Raya Jakarta Selatan. Selanjutnya produksi sepatu terjadi mulai tahun 1940.

Di tahun 1982, PT.Sepatu Bata, TBK terdaftar di Jakarta Stock Exchange pada tanggal 24 Maret. Pada tahun 1994, konstruksi pabrik Sepatu di Purwakarta telah rampung.

Sebagai salah satu pabrik terbesar di Indonesia, Bata memiliki spesialisasi produk sepatu injeksi untuk konsumsi dalam dan luar negeri. Saat ini Bata Indonesia menempati Gedung 6 lantai; yaitu kantor PT.Sepatu Bata, TBK di Cilandak, Jakarta Selatan.

Hingga saat ini, merek Bata di Indonesia benar-benar telah mempunyai perjalanan panjang. Apa yang dahulu disebut sepatu sekolah dengan tagline "Back to School," telah melayani berbagai segmen pasar yang berbeda.

Hal ini termasuk merek lainnya yaitu Marie Claire, Comfit, Power, Bubblegummers, North Star, B-First, and Weinbrenner.

Sepatu Bata sebagai alas kaki dan pemasar terkemuka di negara ini, telah mengoperasikan rantai ritel 435 toko di seluruh negeri, yang terdiri dari Family and City Stores. Masing-masing toko ritel Bata berbeda dari yang lain dalam hal variasi produk. Bata Indonesia mengoperasikan Wholesale Departemen yang melayani Ritel Dealer independen.

Berbekal lebih dari 125 tahun sejarah dalam bisnis sepatu, Bata menawarkan berbagai koleksi sepatu yang melayani semua tingkat kelompok pendapatan dan usia; mulai dari balita hingga anak-anak, wanita dan juga pria. Kombinasi produk terdiri dari beragam koleksi yang modis dan trendi untuk segala suasana.

Dengan terus mengembangkan teknologi sepatu yang modern, Bata juga telah menguasai seni memproduksi alas kaki yang mengawinkan gaya dan kenyamanan menawarkan sepasang alas kaki yang sempurna untuk semua lapisan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler