Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ulang Tahun ke-40, Pertumbuhan Kekayaan Mark Zuckerberg Sedekade Terakhir Tembus Rp2.700 Triliun

Mengintip pertumbuhan kekayaan Mark Zuckerberg, rayakan ulang tahun ke-40 hari ini
Ulang Tahun ke-40, Pertumbuhan Kekayaan Mark Zuckerberg Sedekade Terakhir Tembus Rp2.700 Trliun/Reuters
Ulang Tahun ke-40, Pertumbuhan Kekayaan Mark Zuckerberg Sedekade Terakhir Tembus Rp2.700 Trliun/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Mark Zuckerberg merayakan ulang tahunnya ke-40 hari ini, 14 Mei 2024. Banyak hal yang terjadi dalam hidupnya dalam sedekade terakhir, termasuk kekayaannya yang meroket.

Dalam sedekade terakhir, dia menyaksikan kelahiran anaknya, memperoleh gelar dari Harvard dan sabuk biru jiu-jitsu. Selain itu, dia juga menambah kekayaannya lebih dari US$140 miliar.

Berdasarkan data Bloomberg, kekayaan bersih Zuckerberg saat ini sebesar US$169 miliar atau sekitar Rp2.727 triliun, menjadikannya orang terkaya keempat di dunia. Jumlah tersebut meroket dari kekayaaannya pada 16 Mei 2014, sebesar US$26,1 miliar.

Zuckerberg memiliki sebagian besar Facebook dengan 13% sahamnya di perusahaan induk Meta, dan hampir seluruh kekayaannya, senilai US$164 miliar, terikat dengan perusahaan tersebut. Saham perusahaan telah tumbuh lebih dari 700% selama dekade terakhir.

Perusahaan ini telah berubah dari Facebook, sebuah situs web yang hanya diperdagangkan secara publik selama dua tahun, menjadi Meta. Perusahaan tersebut berhasil menjadi perusahaan terbesar ketujuh di dunia dan mengendalikan sebagian besar platform media sosial dan ekonomi periklanan dunia. 

Jumlah pengguna aktif harian di Facebook meningkat lebih dari tiga kali lipat, dari 890 juta pada akhir 2014 menjadi 2,11 miliar pada akhir 2023.

Meskipun dia bukan salah satu miliarder yang paling mencolok, gaya hidup Zuckerberg telah berubah seiring dengan kekayaannya.

CEO Meta telah mengumpulkan portofolio real estat dengan nilai penilaian sekitar US$200 juta. Dia dan istrinya, Priscilla Chan, menghabiskan US$50 juta untuk membeli properti di Palo Alto, dan dia menghabiskan sekitar US$59 juta untuk dua properti di Lake Tahoe yang berdekatan.

Dia juga membeli setidaknya 1.200 hektar di Kauai, Hawaii, termasuk sekitar 750 hektar yang dilaporkan dia bayar US$100 juta dan 600 hektar yang dia bayar US$53 juta. 

Di sebagian propertinya, Zuckerberg dilaporkan sedang membangun kompleks untuk persiapan kiamat senilai US$100 juta, termasuk bunker bawah tanah seluas 5.000 kaki persegi yang akan berdiri sendiri, dengan energi, makanan, dan pasokan air sendiri. 

Zuckerberg juga senang bermain air. Meskipun dia menjadi viral karena memiliki papan selancar listrik seharga US$12.000, dia baru-baru ini membelanjakan uangnya untuk membeli mainan air yang jauh lebih mahal, megayacht Launchpad, yang melakukan pelayaran perdananya pada Maret lalu.

Sangat sedikit perincian kapal yang dipublikasikan, namun dilaporkan menelan biaya sekitar US$300 juta, dan biaya pemeliharaannya mencapai enam digit per tahun.

Namun, pengeluarannya bukan hanya untuk kesenangan. Pada 2015, dia berkomitmen untuk menyumbangkan 99% saham Facebook-nya selama hidupnya. The Chan Zuckerberg Initiative yang dia dan istrinya jalankan berkomitmen untuk memberantas penyakit dan meningkatkan pendidikan, untuk memenuhi kebutuhan komunitas lokalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler