Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 7 Jenis Hobi yang Mampu Menghasilkan Uang

Siapa sangka, bahwa hobi yang biasa dilakukan sehari-hari dapat membuka peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang.
Ilustrasi/Thenewspaperworks
Ilustrasi/Thenewspaperworks

Bisnis.com, JAKARTA - Hobi menjadi salah salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang, untuk mengisi waktu kekosongan maupun menjadi aktivitas rutin bagi banyak orang.

Setiap orang memiliki hobi yang beragam sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal tersebut didasari langsung oleh bakat dan kemampuan yang terjadi melalui tahapan maupun alamiah.

Siapa sangka, bahwa hobi yang biasa dilakukan sehari-hari dapat membuka peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Tanpa disadari, hobi menjadi keunggulan dan kelebihan yang dapat dikembangkan menjadi suatu usaha maupun bisnis. 

Semuanya kembali kepada Anda, terkait pengelolaan dan pemanfaatan dari hobi tersebut. 

Dilansir dari forbes.com dan mailchimp.com, simak 7 jenis hobi yang mampu menghasilkan uang:

1. Memasak

Memasak merupakan salah satu hobi yang dilakukan untuk mencoba berbagai resep dan mengkreasikan suatu menu. Hobi tersebut dapat menghasilkan uang apabila masakan yang dibuat memiliki daya tarik dan cita rasa yang khas. Jika Anda memiliki hobi memasak berupa baking atau memanggang, peluang usaha yang sangat terbuka adalah menjual berbagai kue dengan berbagai harga yang dapat disesuaikan. 

2. Melukis

Melukis merupakan salah satu hobi yang dituangkan melalui suatu karya berupa gambaran dan lukisan. Orang yang memiliki hobi melukis patut dijuluki sebagai tangan emas, dengan kemampuan unik dan beragam. Karya lukis memiliki nilai seni yang tinggi, dan dapat dijual dengan harga yang cukup fantastis. 

3. Menari

Menari merupakan hobi yang membantu melestarikan warisan budaya lokal. Hobi tersebut dapat dikembangkan menjadi suatu keuntungan, apabila Anda berhasil menguasai beberapa tarian khusus yang dapat ditampilkan dalam suatu acara. Anda juga dapat mengikuti kursus atau sanggar tari, yang menyediakan jasa untuk mengisi suatu acara penting. Hal tersebut, merupakan modal awal bagi Anda untuk menghasilkan uang dari hobi yang dijalankan. 

4. Fotografi

Fotografi merupakan salah satu hobi yang menghasilkan suatu karya berupa foto. Foto yang ditangkap, memiliki kesan yang unik dan mahal. Hobi tersebut dilakukan dengan memanfaatkan kamera ponsel maupun kamera khusus dengan kualitas yang baik. 

Hobi tersebut mampu menghasilkan uang melalui jasa fotografer, yang akan digunakan dalam berbagai kegiatan penting seperti hari pernikahan, seminar, acara ulang tahun, dan lainnya.

5. Menulis

Menulis merupakan salah satu hobi yang dapat dikembangkan menjadi suatu karya dalam jangka panjang. Orang yang memiliki hobi menulis, mampu membaca situasi dan dituangkan menjadi suatu karya tulis yang menakjubkan. 

Jika Anda memiliki hobi menulis, manfaatkan hal tersebut untuk merangkai seluruh kata maupun cerita yang dapat dikembangkan menjadi novel. Anda juga dapat memaksimalkan peran media sosial, untuk dijadikan sebagai akun khusus yang berisi quotes atau motivasi kehidupan dari tulisan yang dibuat.

6. Menyanyi

Menyanyi adalah hobi yang paling menyenangkan. Hobi menyanyi adalah salah satu bentuk kepuasan yang dilakukan oleh seseorang dalam meluapkan suatu hal. Namun, menyanyi dapat membuka peluang melalui media sosial. 

Banyak ditemukan artis seperti Raisa, Idgitaf, dan lainnya yang terkenal melalui video menyanyinya di media sosial. Saat ini, menyanyi dijadikan sebagai profesi yang mampu menghasilkan uang. 

7. Merias/Make up

Make up merupakan salah satu hobi dengan berbagai manfaat dan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Hobi yang memiliki fungsi untuk mempercantik diri, mampu membuat banyak orang terkesima. 

Mungkin Anda pernah mendengar istilah MUA atau make up artist. Istilah tersebut merupakan panggilan bagi orang yang berprofesi sebagai perias. MUA dijadikan sebagai profesi oleh banyak orang, dikarenakan tarif harga yang cukup tinggi dan menguntungkan untuk dijadikan sebagai bahan bisnis. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper