Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Orang Terkaya di Asia Tahun 2024, Prajogo Pangestu di 5 Besar

10 orang terkaya di Asia tahun 2024, dari Mukesh Ambani, Gautam Adani, termasuk pebisnis sukses dari Indonesia, China, Jepang, dan lainnya.
Daftar 10 Orang Terkaya di Asia Tahun 2024, Prajogo Pangestu di 5 Besar/baritopacific
Daftar 10 Orang Terkaya di Asia Tahun 2024, Prajogo Pangestu di 5 Besar/baritopacific

Bisnis.com, JAKARTA - Asia telah menjadi salah satu pencipta miliarder yang berpengaruh signifikan di dunia. Menariknya, tiga dari sepuluh orang terkaya berasal dari India, dan mayoritas berasal dari China.

Kawasan ini kini menjadi rumah bagi beberapa orang terkaya di dunia, yang telah memberikan kontribusi besar terhadap kemakmuran ekonomi negara mereka masing-masing. 

Berikut ini daftar 10 orang terkaya di Asia per Mei 2024 menurut Forbes:

1. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani merupakan pimpinan dan direktur pelaksana Reliance Industries Limited, yang merupakan perusahaan paling berharga di India berdasarkan nilai pasar.  

Di bawah kepemimpinannya, Reliance telah melakukan diversifikasi ke industri pengilangan, petrokimia, ritel, dan telekomunikasi. Ambani secara konsisten menduduki peringkat orang terkaya di India oleh Forbes selama sepuluh tahun terakhir.

2. Gautam Adani

Gautam Adani adalah pendiri dan pimpinan Adani Group, konglomerat multinasional yang berbasis di Ahmedabad, Gujarat, India. Dia mendiversifikasi bisnisnya menjadi perdagangan logam, tekstil, dan produk pertanian.  

Adani mendirikan Adani Exports pada 1988, yang sekarang dikenal sebagai Adani Enterprises. Perusahaan ini berfokus pada komoditas pertanian dan listrik.  

Pada 1995, Adani mendapatkan kontrak Pelabuhan Mundra dan mendirikan dermaga pertama. Dimulai sebagai sebuah perusahaan perdagangan pada 1988, dia kini menjadi salah satu orang terkaya di Asia. Selain itu, akuisisi strategisnya atas aset Holcim di India pada 2022 mendorongnya menjadi produsen semen terbesar kedua di India.

3. Zhong Shanshan 

Zhong Shanshan, visioner di balik Nongfu Spring, sebuah perusahaan air minum kemasan terkemuka, saat ini adalah orang terkaya ketiga di Asia dan orang terkaya di China.  Lahir pada 1963, Zhong memulai karirnya di industri minuman pada tahun 1980an dan mendirikan Nongfu Spring pada 1996. 

Selama bertahun-tahun, perusahaan ini telah berkembang menjadi salah satu perusahaan minuman terbesar di China  yang menawarkan beragam produk seperti air, jus, dan teh.  Selain itu, dia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Beijing Wantai Biological Pharmacy, produsen terkemuka tes diagnostik cepat untuk Covid-19.

4. Prajogo Pangestu 

Prajogo Pangestu, pengusaha energi dan petrokimia terkemuka, adalah orang terkaya di Indonesia. Dia memulai perjalanan bisnisnya di sebuah perusahaan kayu, namun perusahaannya, PT Barito Pacific, kini berkembang menjadi pemain terkemuka di bidang petrokimia, produksi plastik, pertambangan, dan energi panas di Indonesia.  

Pada 2023, kekayaannya mengalami lonjakan signifikan ketika dua perusahaan grupnya, Petrindo Jaya Kreasi dan Barito Renewables Energy, go public.

5. Colin Zheng Huang

Colin Zheng Huang adalah pendiri dan ketua Pinduoduo, sebuah perusahaan e-commerce China. Lahir pada 1973, Huang memulai karirnya di industri teknologi dan mendirikan Pinduoduo pada 2015. Sejak itu, perusahaan tersebut telah menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di China, dengan fokus pada perdagangan sosial dan pembelian kelompok.  

Meski dia mengundurkan diri sebagai ketua beberapa tahun lalu, Huang masih memiliki sekitar 28% saham perusahaan.  Selain itu, Huang juga mendirikan perusahaan game online bernama Xinyoudi dan platform e-commerce lainnya yang dikenal sebagai Ouku.com.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper