Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Kiat Live Shopping Bagi UMKM, Agar Cepat Cuan

Agar cepat cuan, begini cara live shopping memasarkan produk jualan Anda
Simak Kiat Live Shopping Bagi UMKM, Agar Cepat Cuan. Bisnis/Rafi Abid Wibisono
Simak Kiat Live Shopping Bagi UMKM, Agar Cepat Cuan. Bisnis/Rafi Abid Wibisono

Bisnis.com, JAKARTA – Live shopping telah menjadi alternatif baru bagi para pelaku UMKM untuk menawarkan produknya.

Dengan adanya fitur tersebut, pasar jangkauan para penjual pun menjadi semakin luas, dengan banyaknya platform yang bisa mereka jajaki.

Meskipun dahulu fitur live shopping sempat mendapat penolakan dari beberapa penjual, faktanya fitur ini menjadi suatu kemudahan bagi mereka. Fitur live shopping hadir sebagai salah satu dukungan terhadap kampanye ‘Beli Lokal’ yang sedang diusung.

Menurut riset, 87 persen masyarakat pernah menonton live shopping, dan 77 persen bertransaksi melalui fitur tersebut.

Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz, melihat fitur live shopping ini telah menjadi strategi baru yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan.

Menurut data selama semester pertama 2023 dan semester pertama 2024, pelaku usaha yang melakukan live shopping rata-rata mengalami kenaikan penjualan hingga hampir tujuh kali lipat.

Rizky sendiri merasa takjub dengan para pelaku UMKM yang sangat bersemangat saat menjajakan produknya. Hal itu membuatnya semakin tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Tak hanya bagi penjual saja, fitur ini juga menawarkan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menghibur bagi para pembeli. Live shopping pun membawa dampak yang signifikan pada calon pembeli.

Menurut Survei yang diadakan oleh MetrixLab pada tahun 2024, para pembeli 2,5 kali lebih mungkin mempertimbangkan untuk bertransaksi setelah menonton live streaming penjual.

Selain itu, dua dari tiga pembeli cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah bertransaksi di ShopTokopedia. 64 persen dari para pembeli pun akan meninggalkan ulasan setelah transaksi.

"Di Jakarta, jumlah penjual yang melakukan live shopping naik hampir dua kali lipat. Wilayah dengan kenaikan tertinggi pun juga terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur–dengan rata-rata kenaikan hingga 1,5 kali lipat," katanya.

Meskipun kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia masih didominasi oleh para penjual di Pulau Jawa, Rizky mengaku bahwa pihaknya akan kembali memperluas pengaruh live shopping ke berbagai pulau lainnya.

Data Shop Tokopedia mencatat sejak Desember 2023, Tokopedia dan ShopTokopedia telah merangkul 21 juta UMKM dalam platform mereka. Dengan adanya fitur live shopping–yang diberi nama ShopTokopedia–para pelaku UMKM dapat semakin berkembang.

Sementara itu, Chief Marketing Officer NPure, Joanne Victoria, menyarankan para pelaku UMKM untuk berani memulai. Sebagai langkah adaptasi, para penjual juga harus menguatkan penjualan daring mereka.

Co-Founder SAFF & Co., Santi Tan, juga mengaku harus menggebrak pasar dengan menjual produk mereka secara 100 persen daring. Setelah kuat secara daring, barulah mereka mencoba untuk masuk ke penjualan langsung.

Berikut kiat-kiat melakukan live shopping bagi para pelaku UMKM:

  • Berani memulai dan jangan takut pada alat yang terbatas.
  • Konsistensi dalam melakukan live shopping.
  • Memperpanjang durasi live shopping.
  • Membuat visual yang menarik.
  • Menampilkan host yang bersemangat, antusias, dan melibatkan penonton.
  • Menggunakan gimik-gimik tertentu, sesuai dengan ciri khas produk atau toko yang dimiliki.

Dengan adanya live shopping, Rizky mengaku bahwa fitur tersebut tidak akan tumpang tindih dengan platform jual beli Tokopedia. Adanya pilihan platform lain ini justru akan memperluas pasar penjual dan menambah pilihan bagi para pembeli.

Selain itu, mereka juga akan memberikan berbagai edukasi–salah satunya melalui Tokopedia Seller–untuk memberikan tips meningkatkan penjualan bagi para pelaku UMKM. (Rafi Abid Wibisono)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler