Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasing Lung, Sosok Pembuat Boneka Labubu

Boneka Labubu didesain oleh Kasing Lung, simak perjalanan pembuatannya
Ilustrasi boneka labubu/tokopedia
Ilustrasi boneka labubu/tokopedia

Bisnis.com, JAKARTA – Akhir-akhir ini, media sosial tengah dihebohkan dengan kehadiran boneka kecil bernama Labubu. Bentuk boneka Labubu menyerupai karakter elf dan banyak digunakan sebagai gantungan tas.

Boneka Labubu sudah ada sejak tahun 2015. Namun, boneka Labubu kembali viral di tahun 2024 berkat unggahan Lisa Blackpink di akun Instagramnya. Kini, Labubu pun banyak diburu oleh publik untuk dikoleksi.

Lantas, siapakah sosok dibalik kesuksesan boneka Labubu?

Melansir dari Bangkok Post, boneka Labubu dibuat oleh Kasing Lung, seorang berdarah Hong Kong yang tumbuh besar di Belanda. Tumbuh besar di Belanda membuat Kasing Lung tertarik pada dunia peri dan elf dari cerita rakyat tradisi Nordik.

Saat tinggal di Belanda, Kasing Lung bekerja sebagai illustrator buku anak-anak dan menjadi orang China pertama yang memenangkan Penghargaan Ilustrasi di Belgia. Pada tahun 2010, Kasing beralih profesi dari seorang illustrator professional menjadi seorang desainer mainan.

Kasing kembali ke Hong Kong pada tahun 2012 untuk bekerja dengan How2work, merek mainan terkenal di Hong Kong untuk menerbitkan buku ilustrasi China dan seri figur koleksi. Bekerja di Belgia dan Hong Kong membuat popularitas Kasing meningkat pesat. Karya-karya ilustrasi Kasing banyak diminati bahkan berkolaborasi dengan para kreator dan penulis.

Pada tahun 2015, Kasing membuat “The Monsters”, sekumpulan karakter yang baik dan jahat, termasuk Zimomo, Tycoco, Spooky, dan yang paling terkenal, Labubu.

Dalam cerita Kasing, Labubu adalah karakter yang baik hati dan selalu ingin membantu, tetapi selalu melakukan hal-hal buruk. Labubu lahir dengan karakter khas yang hidup dan banyak digemari di kalangan pecinta seni.

Pada tahun 2019, Kasing menandatangani perjanjian lisensi eksklusif dengan Pop Mart untuk rekor penjualan di kategori mainan seni.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Sumber : Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper