Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Rio Saputra di Balik Pisang Madu Pasti dengan Ambisi Buka 1000 Gerai di Seluruh Indonesia

Rio Saputra yang adalah pebisnis pisang dari coba-coba dan modal Rp10 juta, kini punya 40 gerai, simak profilnya
Pemilik pisang madu pasti Rio Saputra/dokumentasi
Pemilik pisang madu pasti Rio Saputra/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Memiliki bisnis kuliner di Indonesia adalah hal yang tak mudah, apalagi jika dari modal coba-coba. Namun, hal itu dibantah oleh pengusaha muda Rio Saputra lewat usahanya, Pisang Madu Pasti. 

Rio berhasil membangun brand Pisang Madu Pasti meski modal coba-coba hingga kini bisa berkembang pesat, melihat peluang dari pisang goreng yang menjadi jajanan favorit masyarakat Indonesia. 

Dia mengawali bisnisnya dari berdagang dengan gerobak dan modal hanya Rp10 juta pada 2020, kini bisa memiliki 40 gerai yang tersebar di Jabodetabek. 

"Awalnya saat pandemi 2020 akhir, memulai coba-coba meracik pisang goreng madu. Setelah 3 bulan melakukan penelitian dan pengembangan, akhirnya mendapat formula resep terbaik dan memberanikan diri berjualan di gerobak kecil," ujar Rio Saputra, dikutip Kamis (24/10/2024). 

Setelah membuka 40 gerai, Pisang Madu Pasti menargetkan akan membuka 50 gerai hingga akhir tahun. 

Profil Rio Saputra

Mengutip laman Linked In miliknya, pengusaha muda ini adalah lulusan S1 dari Universitas Pelita Harapan di jurusan Bisnis/Ekonomi Manajerial. 

Kemudian, dia melanjutkan pendidikannya ke jenjang master pada 2013 di Monash University dan lulus setahun kemudian. 

Sebelum membangun bisnisnya sendiri, Rio sempat menjadi trader saham dan bekerja di beberapa tempat seperti menjadi Operation Supervisor dir PT Bangkit Setia Sentosa pada 2012 - 2013. 

Kemudian dia sempat menjadi Assistant Sales Manager di Jardine Schindler Group pada 2015 - 2018, dan menjadi Managing Director di PT Papay Group Indonesia pada 2020 - 2022. 

Dia kemudian mulai menjajal berbisnis pada 2020 dan mendirikan perusahaan PT Pasti Food Indonesia sejak 2022 dan kini menjadi CEO dalam perusahaannya tersebut.

Strategi Bisnis Rio Saputra

Membawa brand pisang madu, ternyata usaha Rio tersebut tak hanya menjual pisang. Ada beragam menu yang ditawarkan, seperti Nangka Madu, Tahu Walik, Siomay Goreng, Keripik Pisang Madu, Basreng Daun Jeruk, sampai berbagai minuman seperti Liang Teh dan Susu Kacang. 

Selain itu, salah satu kunci kesuksesan Pisang Madu Pasti makin berkembang seperti saat ini adalah komitmen untuk menjaga kualitas produk serta membangun tim yang solid dan profesional.

Rio menekankan pentingnya pengendalian mutu dengan membentuk tim Quality Control yang berkeliling memastikan setiap outlet memenuhi standar yang telah ditetapkan, baik dari segi produk maupun pelayanan.

Rio mengakui bahwa perkembangan bisnisnya juga tidak lepas dari inovasi yang terus dilakukan, mulai dari menawarkan jajanan baru hingga memberikan sejumlah promo kepada pelanggan. 

“Kami berevolusi, dari gerobak ke kios, lalu sekarang membuka outlet yang lebih besar dan menarik,” ujarnya.

Selain membuka 50 gerai sampai akhir tahun ini, Pisang Madu Pasti juga berambisi bisa membuka 1.000 cabang di seluruh Indonesia. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper