Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Pensiun Dini? Simak 5 Tips Ini

Usia ideal pensiun rata-rata dimulai dari 50 tahun ke atas. Namun, dengan situasi kerja yang semakin tak menentu, kemungkinan seseorang untuk pensiun di usia muda terbuka lebar.Seperti dilansir Huffington Post, berikut 5 strategi yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan masa pensiun di usia muda.
Ilustrasi dana pensiun/Ilustrasi
Ilustrasi dana pensiun/Ilustrasi

Bisnis.com, AMERIKA SERIKAT--Usia ideal pensiun rata-rata dimulai dari 50 tahun ke atas. Namun, dengan situasi kerja yang semakin tak menentu, kemungkinan seseorang untuk pensiun di usia muda terbuka lebar.

Seperti dilansir Huffington Post, berikut 5 strategi yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan masa pensiun di usia muda.

1. Siapkan pegangan
Anda tak bisa membuat peta pensiun hingga Anda mengetahui sejauh mana langkah yang sudah ditempuh, ucap Darrow Kirkpatrick, seorang software engineer yang pensiun di usia 50 tahun.

Hal ini termasuk melacak pengeluaran, menghitung aset (termasuk rumah dan kendaraan) dan mengkalkulasi penghasilan bersih Anda.

2. Menyusun Rencana
Faktor-faktor berikut dapat semua berdampak signifikan simpanan Anda:
- Apakah Anda akan bekerja paruh waktu di masa pensiun
- Kapan pasangan Anda akan pensiun
- Jika Anda memiliki biaya kesehatan yang tidak tercakup oleh Medicare
- Apakah dana Anda diinvestasikan dengan cara pajak-efisien
- Jika biaya hidup dibantu terlibat dan nilai investasi Anda pada tanggal pensiun

3. Kurangi Pengeluaran
Darrow Kirkpatrick memulai masa pensiun dini dengan berhati-hati melacak keuangannya. Dia juga telah memulai program investasi sederhana, yaitu memiliki 10 saham untuk beberapa waktu. selain itu, dia juga memotong biaya-biaya yang tak penting, misalnya gym, hiburan, dll.

4. Diversivikasi Penghasilan
Diversifikasi investasi pensiun Anda adalah penting, tapi begitu adalah memiliki beberapa aliran pendapatan. Investasi pendapatan yang menyediakan pensiunan dengan arus kas yang berkelanjutan dihasilkan dari dividen saham, bunga obligasi, dan distribusi dari investasi.

5. Pikirkan Pembayaran
Investor harus sangat memperhatikan biaya manajer aset dan biaya pengelolaan reksa dana yang dikelola secara aktif biasanya sekitar 1 persen. Jangan tersesat di dalamnya dan fokus pada biaya dan strategi demi mencapai kehidupan yang bahagia, baik sekarang dan kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Huffington Post

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper