Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERBANKAN: Telkom Ajak BRI Sebagai Mitra E-money di Ponsel

BISNIS.COM, JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dalam memperluas layanan perbankan untuk financial inclusion.

BISNIS.COM, JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dalam memperluas layanan perbankan untuk financial inclusion.

Program financial inclusion merupakan salah satu kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia untuk menyediakan akses jasa keuangan yang mudah dan murah bagi unbankable people.

Acara peluncuran T-Bank dimulai dengan penandatanganan kerja sama antara Telkom dengan BRI dalam rangka sinergi BUMN untuk layanan financial inclusion oleh Direktur Konsumer BRI A. Toni Soetirto dan Direktur Enterprise and Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta pada 20 Juni 2013.

Sistem financial inclusion merupakan sistem penyediaan transaksi keuangan berbasis e-money server based yang menggunakan nomor ponsel sebagai nomor rekening. Sistem bernama T-Bank itu tidak mengharuskan pengguna pergi ke bank, melainkan lewat agen. Jenis layanan dari financial inclusion ini beragam, meliputi e-money, pembayaran, pembelian, pendanaan, dan peminjaman.

Dalam kerja sama ini, Telkom menyiapkan infrastruktur teknis dari sistem hingga aplikasi yang dapat mendukung segala kebutuhan BRI. Pada uji coba branchless banking itu, implementasi uji coba T-Bank secara langsung dilaksanakan di dua kota kecamatan di dua provinsi berbeda, yakni Banyuwangi dan Gombong.

Banyuwangi meliputi delapan desa lokasi agen, di pasar Rogojampi, Pengatigan, Blambangan Muncar, Kedung Rejo Muncar, Jambiwangi Krajan, Perikanan Sampu, Gintungan Rogojampi, dan Cengkokan Rogojampi. Sedangkan, Gombong mencakup empat desa lokasi agen, yaitu Pagebangan Karanggayam, Clapar Karanggayam, Argopeni Ayah, dan Karang Duwur Ayah.

Agen menyediakan beragam fasilitas, antara lain transaksi registrasi, transaksi penyetoran, dan transaksi penarikan tunai T-Bank. Agen-agen tersebut adalah nasabah individual Kupedes BRI, mitra payment point BRI dan Plasa Telkom sebagai agen bank.

Menurut Awaluddin, T-Bank diartikan sebagai produk yang bisa mengantarkan penggunanya untuk menikmati layanan perbankan tanpa perlu menjadi nasabah bank atau tanpa perlu pergi ke bank. Caranya cukup  sederhana, hanya ponsel  biasa, tidak harus ponsel pintar, menggunakan aplikasi USSD (unstructured supplementary service data) teknologi seluler GSM atau yang biasa dikenal sebagai Layanan Bintang Pagar. 

"BRI adalah mitra perbankan kami yang pertama yang didukung Telkom untuk implementasi layanan bank berbasis branchless banking", tulis Awaluddin dalam pesan singkat kepada Bisnis, Senin (24/6/2013).

Telkom berencana mengimplementasikan layanan T-Bank untuk agen-agen Telkom yang sudah bergabung dalam program Indonesia Digital Finance (IndiFinance) Telkom. Telkom menargetkan 100.000 electronic delivery financial agent dalam program IndiFinance pada tahun ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper