Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Mendorong Kreativitas Karyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya untuk mendorong kreativitas karyawanan ternyata sesuatu yang mudah, kendati tidak bisa dikatakan terlalu sulit. Terpenting adalah mampu menciptkan suasana yang partisipatif.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 16 Juli 2013  |  22:10 WIB
Ini Cara Mendorong Kreativitas Karyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya untuk mendorong kreativitas karyawanan ternyata sesuatu yang mudah, kendati tidak bisa dikatakan terlalu sulit. Terpenting adalah mampu menciptkan suasana yang partisipatif.

Berikut lima tip karyawanan menjadi kreatif

1. Membuat Brainstorming Wajib
Bagaimana Anda memotivasi karyawan untuk lebih kreatif?  (www.inc.com) Karyawan dapat membuat kontribusi berharga jika diajak berpartisipasi dalam perusahaan pada sesi brainstorming wajib. Terserah pengusaha untuk bersikap lembut, tetapi  tegas mengingatkan anggota staf bahwa setiap orang memiliki kepentingan dalam keberhasilan perusahaan.

2.Keep It Loose

Dengan asumsi Anda menyusun sesi brainstorming sebagai kontes (lengkap dengan hadiah), pastikan menetapkan beberapa panduan untuk menjaga agar kontestan tetap di jalur. Hanya aturan harus dijaga tetap singkat dan sederhana untuk menghindari mencekik kreativitas karyawan. Dan ingat: ini seharusnya menyenangkan!

3. Pick a Slow Time of Year

Untuk mendapatkan lebih banyak masukan dari karyawan, mengadakan sesi brainstorming dan kontes idea-generation saat perusahaan Anda off season. Dengan begitu, karyawan tidak akan merasa seolah-olah mereka sedang menarik diri dari memenuhi tenggat waktu utama mereka, dan tim manajemen Anda tidak akan takut bahwa sesi brainstorming Anda akan menghilangkan produktivitas. Memegang acara di tempat ini juga dianjurkan.

4. Give Specific Feedback

Pada puncak dari sesi brainstorming perusahaan, Anda pasti memiliki sejumlah ide, beberapa baik dan beberapa buruk. Umpan balik sangat penting dalam rangka membangun budaya kreativitas karyawan yang berlangsung di luar pertemuan yang satu ini. Jelaskan mengapa setiap gagasan bekerja atau tidak bekerja, tekankan masing-masing atribut positif.

5. Berikan Reward Pada Gagasan Terbaik
Biarkan kontestan memilih untuk mengajukan hal favorit mereka, dan berikan pemenang hadiah kecil - dan banyak pengakuan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perusahaan entrepreneur tenaga kerja apindo kreativitas
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top