Ciputra Way: Jangan Jual Sendiri

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak cara untuk membuat produk Anda disukai pasar. Apa syaratnya? Menciptakan sesuatu yang unik? Untuk merebut pasar dari produk usaha Anda, seorang entrepreneur harus cerdik dan kreatiff. Kreatif dalam artian menciptakan 
Martin Sihombing | 02 Agustus 2013 12:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak cara untuk membuat produk Anda disukai pasar. Apa syaratnya? Menciptakan sesuatu yang unik? Untuk merebut pasar dari produk usaha Anda, seorang entrepreneur harus cerdik dan kreatiff. Kreatif dalam artian menciptakan  sesuatu yang terlihat baru.

Kreatif, proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan   atau anggitan  (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. Kendati kreativitas itu berangkat dari mencontoh.

Jika Anda kesulitan menemuan sumber  kreativitas, tidak perlu pusing. Ciputra pun menyarankan, sebelum memasarkan produk, para wirausahawan muda harus terlebih dulu melestarikan budaya bangsa. Mulai dari membuat, hingga memasarkan produk.

"Kemas produk Anda dengan keunikan budaya. Misalnya, jika Anda membuka usaha batik, kalau dengan motif lama tidak laku, Anda harus ke luar dan cari motif baru. Oleh karena itu, gali budaya kita," ujarnya.

Setelah menemukan motif yang unik, dia melanjutkan, langkah yang harus dilakukan adalah membuat merek, sehingga hasil karyanya dikenal masyarakat luas. "Anda harus fokus untuk distribusi dan pakai cara franchise. Jangan dijual sendiri," tuturnya.

Tag : ciputra, kiat manajemen, ciputra way
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top