Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chairul Tanjung, Terkaya Kelima di Indonesia: Jual Es Krim

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa  tidak mengenal Chairul Tanjung?

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa  tidak mengenal Chairul Tanjung?

Pengusaha asal Indonesia itu namanya dikenal luas sebagai usahawan sukses bersama perusahaan yang dipimpinnya, CT Corporation.

Chairul telah memulai berbisnis ketika ia kuliah dari jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Keberuntungan Chairul Tanjung berasal dari investasi di industri media melalui conglomerat-nya, CT Corporation.  Pada 1 Desember 2011,  Chairul Tanjung meresmikan perubahan Para Grup menjadi CT Corp.

CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding:  Mega Corp, Trans Corp, CY Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.

Trans Corp Media memiliki situs berita Detik.com dan dua dari lima stasiun TV terkemuka di Indonesia. Dia juga mengontrol  investasi pada bisnis ritel, termasuk Carrefour Indonesia dan sejumlah waralaba merek mewah  termasuk Giorgio Armani, Jimmy Choo, dan Valentino.

Seorang dokter gigi terlatih yang  memulai kariernya menjual panduan belajar sementara di sekolah, usaha pertama adalah usaha perdagangan peralatan medis dan gigi ia mulai pada  1983. Ia mengetuai National Kidney Foundation Indonesia dan merupakan anggota dewan Komite Indonesia untuk Program Kemanusiaan.

Status

Keterangan

Usia

51 Tahun

Sumber kakayaan

Diversifikasi, self-made

Warga negara

Indonesia

Pendidikan

Dokter gigi Universitas Indonesia

 Status pernikahan

Nikah

Anak

Dua orang

      CT mengambil alih Carrefour, salah satu raksasa ritel asal Prancis. Ia mengambilalih 40% saham,   yang berarti menjadi single majority di perusahaan itu. Pengambilalihan Carrefour dengan proses negosiasi yang hanya tiga bulan--dan dilakukan setelah ia mendirikan Trans Studio, pusat hiburan keluarga di Makassar--menambah perbendaharaan bisnisnya, yang mengukuhkan CT Corp sebagai pemain yang disegani di Indonesia.

Bahkan kemudian Chairul menguasai 100% saham Carrefour Indonesia melalui akuisisi yang mengejutkan banyak pihak.

Menurut majalah ternama Forbes, Chairul Tanjung termasuk salah satu orang terkaya dunia asal Indonesia. Forbes menyatakan bahwa Chairul Tanjung berada di urutan ke 937 dunia dengan total kekayaan US$ 1 miliar pada 2010. Pada 2011, menurut Forbes Chairul Tanjung menduduki peringkat 11 orang terkaya di Indonesia, dengan total kekayaan US$ 2,1 miliar.

Pada 2012, versi Forbes, dia menjadi orang nomor tiga terkaya di Indonesia dan 634 di dunia. Kini, 2013, dia menduduki peringkat kelima terkaya di Indonesia dari 40 orang kaya Indonesia.

Adapun Bisnis yang berhasil CT Jalankan sampai saat ini yaitu: Baskin Robbins, Coffee Bean & Tea Leaf, Wendy’s, Trans TV, Trans 7, Detik, Carrefour Indonesia, Metro, Trans Fashion, Antatour, Vayatour, Trans Studio Bandung & Makassar, The Trans Luxury Hotel, Ibis Hotel. Trans Corp mengoperasikan sekitar 700 gerai di seluruh Indonesia.

Pada acara yang diselenggarakan di Kapas Krampung Plaza Surabaya, Minggu (18/8/2013), seperti dikutip Bisnis-Jabar.com, Chairul Tanjung mengingatkan agar para pengusaha yang didominasi ibu-ibu  terus berusaha meraih sukses dengan kerja keras dan tidak takut gagal.

“Saya sendiri tak terhitung berapa kali gagal. Namun, saya selalu menanamkan pada diri ini untuk bangkit dari keterpurukan. Saya tidak mau terbuai oleh kegagalan,” pesannya seraya memuji Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang turut membantu pemberdayaan ekonomi ibu-ibu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Berbagai sumber
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler