Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Sukses Wirausaha, Banyak Jalan Menuju Roma

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengajak generasi muda Indonesia dari perguruan tinggi terlibat langsung dalam dunia usaha melalui program yang diusung pemerintah, yakni kewirausahaan. ”Semua rencana usaha

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengajak generasi muda Indonesia dari perguruan tinggi terlibat langsung dalam dunia usaha melalui program yang diusung pemerintah, yakni kewirausahaan.
 
”Semua rencana usaha pasti bisa dilakukan asal ada kemauan tinggi, sementara pemerintah memberi fasilitasi permodalan,” katanya pada kuliah umumnya dihadapan mahasiswa Univesitas Pancasila, Jakarta Selatan, Senin (2/9).
 
Menurut dia, saat ini banyak pelaku usaha sukses skala usaha kecil dan menengah (UKM) yang berasal dari generasi muda. Khususnya dari kalangan mahasiswa yang tengah menimba ilmu di perguruan tinggi. Prestasi itu bisa dicapai, karena mereka mampu menangkap peluang bisnis.
 
Karena itu dia berharap generasi muda dari kelompok umum maupun perguruan tinggi bisa bangkit dari mimpi-mimpinya untuk mewujudkan usaha sukses. Yang pasti, dengan mimpi-mimpi tersebut setiap orang akan memahami apa yang harus dilakukannya.
 
Itu sebabnya dia terus mendorong munculnya wirausaha-wirausaha baru di tanah air. Pemerintah juga terus mempersiapkan program memudahkan terciptanya wirausaha baru. Misalnya melalui gerakan kewirausahaan nasional (GKN).
 
Program yang diluncurkan 3 tahun lalu itu, ditargetkan mampu meningkatkan jumlah wirausaha Indonesia menjadi 2% dari jumlah penduduk. Saat ini jumlahnya masih tercatat sebesar 15,6%. Data itu merupakan catatan pada awal 2013.
 
Program GKN saat ini menjadi prioritas bagi beberapa kementerian terkait, khususnya Kementerian Koperasi dan UKM yang menjadi salah satu leader untuk memenuhi pencapaian wirausaha 2% dari populasi penduduk.
 
Oleh karena itu dia meminta mahasiswa Universitas Pancasila mengubah pola pikir atau mindset. Jika selama ini setelah lulus dari perguruan tinggi selalu mencari pekerjaan sebagai pegawai negeri dan swasta, sebaiknya diubah.
 
”Generasi muda sudah saatnya tidak lagi mencari pekerjaaan tetapi harus bisa menciptakan peluang kerja bagi masyarakat umum yang belum memilikipekerjaan tetap. ”Artinya, mahasiswa harus mengembangkan jiwa enterpreneurship untuk menjadi pengusaha sukses.”
 
Sjarifuddin Hasan memberi apresiasi kepada Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila atas berdirinya studi pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi itu, sekaligus menambah jumlah kampus yang peduli penumbuhan kewirausahaan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper