Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Saya atau Kita?

Saya atau Kita? Itulah pertanyaan yang perlu seorang entrepreneur jawab. Apakah ia akan menjawab saya, yang mencerminkan kecenderungan untuk mengutamakan diri sendir.

Bisnis.com, JAKARTA - Saya atau Kita? Itulah pertanyaan yang perlu seorang entrepreneur jawab. Apakah ia akan menjawab "saya", yang mencerminkan kecenderungan untuk mengutamakan diri sendiri dan kepentingan segelintir orang di sekitarnya. Atau memilih "kami", yang mencakup tidak hanya diri entrepreneur itu sendiri tetapi juga segenap masyarakat tempatnya tumbuh, tinggal dan berkembang.

Dikatakan oleh Norman Vincent Peale, seorang penulis dan pembicara ulung di abad ke-20, bahwa makin kita membenamkan diri dalam sesuatu yang lebih besar dari diri kita, makin banyak energi yang kita akan miliki. Maksudnya adalah bagaimana seorang manusia, dalam hal ini entrepreneur seperti kita, perlu sekali untuk memikirkan isu-isu dan kepentingan masyarakat umum yang lebih mulia dan baik untuk kemudian menggabungkan diri bersama segenap anggota masyarakat yang juga merasa tergerak untuk bekerja bahu membahu bersama-sama.

Jika Anda bisa memilih, apakah Anda akan memilih prestasi yang Anda bisa capai sendirian atau dari upaya bersama yang dilakukan Anda sendiri bersama dengan orang lain di sekitar Anda? Dan menurut Anda, manakah yang akan menghasilkan lebih banyak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ciputraentrepreneurship.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper