Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Cara Menjadi Kaya Warren Buffett

Dengan kekayaan yang diperkirakan US$62 miliar, Warren Buffett merupakan orang terkaya di dunia. Inilah kiatnya menghasilkan uang hingga dia menjadi kaya raya.
Warren Buffet/Gagnamite.com
Warren Buffet/Gagnamite.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan kekayaan yang diperkirakan US$62 miliar, Warren Buffett merupakan orang terkaya di dunia. Pada 1962, ketika dia mulai membeli saham di Berkshire Hathaway, harga saham masih US$7,50. Hari ini, Warren Buffett, 78 , adalah ketua Berkshire dan CEO, dan saham perusahaan itu kelas A, dengan nilai hampir US$119.000.

Keberhasilannya mendapat yang menakjubkan itu melalui beberapa strategi kunci, yang telah dibaginya kepada penulis Alice Schroeder. Dia menghabiskan ratusan jam untuk wawancara dengan Sage of Omaha untuk biografi resminya yang baru the Snowball.

Berikut adalah beberapa rahasia pembuatan uang Warren Buffett - dan bagaimana mereka bisa bekerja untuk Anda.

1 . Menginvestasikan kembali Keuntungan Anda

Ketika Anda pertama kali membuat uang di pasar saham, Anda mungkin tergoda untuk menghabiskannya. Jangan. Sebaliknya, investasikan kembali keuntungan. Warren Buffett mempelajari hal ini sejak awal. Di SMA, ia dan sahabatnya membeli mesin pinball untuk dimasukkan ke dalam barbershop. Dengan uang yang mereka dapatkan, mereka membeli lebih banyak mesin sampai mereka memiliki delapan di toko-toko yang berbeda.

Ketika teman-temannya menjual usahanya, Warren Buffett menggunakan hasil mesin pinball itu untuk membeli saham dan untuk memulai usaha kecil yang lain. Pada usia 26 , ia mengumpulkan US$174.000 - atau $ 1,4 juta untuk ukuran uang hari ini. Jumlah kecil bisa berubah menjadi kekayaan besar .

2. Bersedia Untuk Menjadi Berbeda.

Jangan dasari keputusan Anda pada apa yang orang katakan atau lakukan. Ketika Warren Buffett mulai mengelola uang pada 1956 dengan US$100.000 yang dirakit dari segelintir investor, dia dijuluki seorang eksentrik.

Dia bekerja di Omaha , bukan Wall Street, dan dia menolak untuk memberitahu orangtuanya di mana ia menempatkan uang mereka. Orang-orang meramalkan bahwa ia akan gagal, tetapi ketika ia menutup kemitraannya 14 tahun kemudian, uang itu bernilai lebih dari US$100 juta.

Alih-alih mengikuti orang banyak, ia justru mencari investasi undervalued dan berakhir sangat mengalahkan rata-rata pasar setiap tahun. Untuk Warren Buffett , rata-rata itu hanya dilakukan orang lain, dia berada di atas rata-rata.  Anda perlu untuk mengukur diri sendiri dengan apa yang dia sebut Scorecard batin, menilai diri sendiri dengan standar Anda sendiri dan bukan dunia.

3 . Jangan isap jempol Anda.

Kumpulkan di muka setiap informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan, dan minta teman atau saudara untuk memastikan bahwa Anda tetap tenggat waktu. Warren Buffett membanggakan dirinya untuk cepat mengambil keputusan dan bertindak. Dia menyebut untuk apapun dia tidak perlu duduk dan berpikir sambil "mengisap jempol." Ketika orang menawarkan dia bisnis atau investasi , katanya,"Saya tidak akan berbicara, kecuali mereka membawa saya harga." Dia memberi mereka jawaban di tempat.

4 . Kuatkan Daya Tawar Sebelum Anda mulai

Kekuatan tawar Anda harus selalu terbesar sebelum Anda memulai pekerjaan-saat itulah Anda memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada pihak lain sesuai yang diinginkan. Warren Buffett mempelajari pelajaran ini dengan cara yang sulit sebagai seorang anak, ketika kakeknya Ernest menyewa dia dan seorang teman untuk menggali toko kelontong keluarga setelah badai salju.

Anak-anak menghabiskan lima jam menyekop sampai mereka nyaris tidak bisa meluruskan tangan mereka karena beku. Setelah itu, kakeknya memberikan mereka uang kurang dari 90 sen untuk dibagi. Warren Buffett ngeri, karena ia merasa melakukan pekerjaan yang melelahkan tersebut hanya untuk mendapatkan uang dari pekerjaan satu jam? Selalu memakukan spesifik dari kesepakatan di muka – baik dengan teman maupun kerabat.

5 . Perhatikan Biaya Sekecil Apapun.

Warren Buffett berinvestasi dalam bisnis yang dijalankan oleh manajer yang terobsesi biaya minimal. Dia mengakuisisi satu perusahaan yang pemiliknya menghitung lembaran dalam gulungan 500 - lembar kertas toilet untuk melihat apakah ia sedang ditipu ( dia). Dia juga mengagumi seorang teman yang dilukis hanya pada sisi gedung kantornya yang menghadap jalan. Berolahraga kewaspadaan atas setiap biaya dapat membuat keuntungan Anda - dan gaji Anda – untuk pergi lebih jauh .

6 . Batasi Apa yang Anda Pinjam

Hidup dari kartu kredit dan pinjaman tidak akan membuat Anda kaya. Warren Buffett tidak pernah meminjam uang sejumlah besar – baik untuk berinvestasi, bukan untuk hipotek. Dia telah mendapatkan banyak surat -rendering dari orang-orang yang berpikir pinjaman mereka dapat dikelola, tetapi justru menjadi kewalahan oleh utang.

Sarannya: negosiasi dengan kreditur untuk membayar apa yang Anda bisa. Kemudian, ketika Anda bebas utang, bekerja pada menyimpan uang yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi .

7 . Jadilah Persistent

Dengan ketekunan dan kecerdikan , Anda bisa menang melawan pesaing yang lebih mapan. Warren Buffett mengakuisisi Nebraska Furniture Mart pada 1983 karena ia menyukai cara pendirinya, Rose Blumkin , melakukan bisnis.

Seorang imigran Rusia, ia membangun mart dari pegadaian ke toko furnitur terbesar di Amerika Utara . Strateginya adalah dengan tembakan besar, dan dia adalah seorang negosiator tanpa ampun. Untuk Warren Buffett, Rose terkandung keberanian tak tergoyahkan yang membuat pemenang dari underdog.

8 . Tahu Kapan Keluar

Suatu kali, ketika Warren Buffett masih remaja, ia pergi ke arena pacuan kuda. Dia bertaruh pada kuda ras dan kalah. Untuk menutup dana, ia bertaruh pada kuda ras lain. Dia kalah lagi, meninggalkan dirinya yang nyaris bangkrut. Dia merasa sakit - ia telah menyia-nyiakan hampir semua laba seminggu. Warren Buffett tidak pernah mengulang kesalahan itu. Pesanya: Tahu kapan harus berjalan kaki dari kerugian, dan jangan biarkan kecemasan menipu Anda hingga mencoba lagi.

9 . Menilai Risiko

Pada 1995 , majikan anak Warren Buffett, Howie, dituduh oleh FBI mengatur harga. Warren Buffett menyarankan Howie untuk membayangkan skenario terburuk jika ia tinggal dengan perusahaan. Putranya cepat menyadari bahwa risiko akan jauh melebihi potensi keuntungan, dan ia berhenti pada hari berikutnya . Bertanyalah pada diri sendiri apa? Itu dapat membantu Anda melihat semua kemungkinan konsekuensi ketika Anda berjuang untuk membuat keputusan - dan dapat memandu Anda untuk pilihan cerdas .

10 . Tahu Apa Arti Sukses Yang Sesungguhnya

Meskipun kaya, Warren Buffett tidak mengukur keberhasilan dengan dolar. Pada 2006, ia berjanji untuk memberikan hampir seluruh kekayaannya untuk amal, terutama Bill dan Melinda Gates Foundation. Dia bersikeras tidak membiayai monumen untuk dirinya sendiri- tidak ada bangunan atau ruang Buffett Warren. "Saya tahu orang-orang yang memiliki banyak uang," katanya,"... dan mereka mendapatkan makan malam untuk kesaksian dan rumah sakit dengan nama mereka.

Tapi kebenarannya bahwa tak seorang pun di dunia mencintai mereka. Saat Anda masuk ke usia saya, Anda akan mengukur keberhasilan Anda dalam hidup dengan berapa banyak orang yang Anda inginkan untuk mencintaimu, mencintaimu sebenar-benarnya. Itulah ujian akhir dari bagaimana Anda telah menjalani hidup Anda."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : www.warrenbuffett.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper