Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Motivasi Kerja Anda sedang Turun? Coba Simak Tips Ini

Bekerja merupakan sebuah aktivitas manusia untuk berkarya mengembangkan diri mereka, di samping memperoleh penghasilan tetap.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bekerja merupakan sebuah aktivitas manusia untuk berkarya mengembangkan diri mereka, di samping memperoleh penghasilan tetap.

Dalam pekerjaan pasti memiliki pasang surut semangat dalam menunaikan tugas kantor. Lalu bagaimana cara mengatasi demotivasi atau penurunan motivasi saat bekerja bila ada karyawan baru di kantor?

Psikolog dari Ahmada Consulting Rima Olivia mengatakan seorang karyawan yang memiliki motivasi kerja menurun sebaiknya menyadari beberapa hal yang menjadi tujuan dia bekerja. Evaluasi tersebut bisa dimulai dari penilaian dirinya misalnya, apa yang mendorong dia saat bekerja dahulu.

“Kalau seseorang bekerja hanya ingin mendapat pengakuan dan pujian dari orang sekitarnya, ketika ada orang baru yang lebih kompeten, motivasinya akan mudah menurun,” ujarnya, saat dihubungi Bisnis (4/4/2014).

Penyebab menurunnya motivasi yang lain adalah ekspetasi yang tinggi terhadap hasil kerja. Bila pekerjaannya ternyata gagal, tetapi karyawan baru dengan pekerjaan lebih sederhana bisa sukses, bisa menimbulkan penurunan semangat.

Lalu, bagaimana cara menyikapi penurunan motivasi ketika bekerja tersebut?

Rima mengatakan sebenarnya hal itu mudah dilakukan oleh seorang karyawan bila dia merentangkan tujuan bekerja sekarang. Bila sudah menyadari tujuannya, karyawan bisa mengalihkan untuk memprioritaskan tujuan tersebut.

“Misalnya, kerja saat ini untuk membayar tagihan atau bisa jadi menabung untuk sekolah kelak, dia sebaiknya fokus untuk meraih tujuan itu,” imbuhnya.

Cara mengatasi penurunan motivasi saat bekerja yang lain adalah karyawan yang telah lama bekerja sebaiknya lebih meningkatkan kinerja dibanding dengan karyawan baru. Orang-orang yang sudah berada di sebuah tempat lama tentunya sudah bisa menyadari celah-celah yang dapat meningkatkan kreatifitas dan kinerjanya.

“Meilhat dari sudut pandang lain dari bekerja salah satu jalan keluarnya,” pungkas Rima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inda Marlina
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper