Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABUT ASAP: Tim Medis UI Terbang ke Riau

Sejumlah tim medis dari Universitas Indonesia (UI) diterbangkan ke Riau untuk membantu penanganan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak bencana kabut asap.
Kabut asap. /Antara
Kabut asap. /Antara

Bisnis.com, DEPOK - Sejumlah tim medis dari Universitas Indonesia (UI) diterbangkan ke Riau untuk membantu penanganan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak bencana kabut asap.

Tim UI Peduli bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau akan mendirikan tenda Posko Kesehatan di Desa Rimo Panjang, Kampar, Pekanbaru, Riau.

"Kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran terhadap bencana asap dengan memberikan pengetahuan dan kesadaran tentang bahaya asap terhadap kesehatan masyarakat," ujar Ketua Pelaksana UI Peduli Melawan Asap Neng Tine Kartinah, Rabu (14/10/2015).

Di Riau, kata dia, UI Peduli Melawan Asap akan memberikan bantuan berupa pengobatan gratis serta pembagian 1.500 masker N95 dan 10 buah air purifier.

Sebagaimana diketahui, Dinas Kesehatan Provinsi Riau sedikitnya 54.135 jiwa terserang penyakit akibat bencana asap tersebut di antaranya penyakit saluran pernafasan 44.960 orang, iritasi mata 2.753 orang, asma 2.064 dan Pnemumomia sebanyak 769 orang.

Dia mengatakan pihaknya merasa harus melakukan sesuatu dalam meringankan bencana tersebut. Sebab, sebagai pusat pendidikan dan penelitian, UI bertanggung jawab memikirkan dan membantu meningkatkan derajat kehidupan serta kesejahteraan masyarakat.

Adapun, tim medis yang diberangkatkan ke Riau berjumlah 13 orang terdiri atas dokter, dokter muda dan mahasiswa dan didampingi Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI, Ale Berawi.

Dia menambahkan, UI Peduli Melawan Asap juga menyerahkan air purifier ke RSUD Riau yang diharapkan akan menjadi sarana publik untuk menyedot asap dan kandungan bahan-bahan berbahaya di dalam rumah-rumah warga yang terimbas asap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper