Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Salah satu senjata yang dia andalkan adalah keunikan dari segi model. /@Cutiepootiedesigns
Salah satu senjata yang dia andalkan adalah keunikan dari segi model. /@Cutiepootiedesigns

Cutie Pootie Designs: Couple Mug untuk Pasangan

Pernik pernik untuk Valentine tidak terbatas pada produk cokelat, bunga, boneka atau barang lainnya. Pelaku usaha lain pun dapat menangkap potensi keuntungan yang besar dari produk lain jika jeli dalam mengemas produk dengan mengusung tema kasih sayang.

Marcella Leonita, pemilik Cutie Pootie Designs, membidik momen Valentine dengan membuat bingkisan berisi couple mug. Sesuai dengan namanya, couple mug terdiri dari sepasang mug atau cangkir.

Cangkir dari bahan gerabah tersebut dilengkapi dengan desain tangkai berbentuk hati. Agar nuansa Valentine lebih terasa, Marcella juga membuat boks dengan desain khusus serta kartu ucapan senada.

Harga yang dibanderol sekitar Rp189.000 untuk mug dengan tangkai biasa dan Rp199.000 untuk mug dengan tangkai model hati.

“Permintaan untuk hampers edisi valentine ini sangat tinggi. Normalnya jumlah produksi sebulan sekitar 200 cangkir, tetapi pada masa high season bisa meningkat menjadi 300-500 unit,” kata Marcella yang bisa mendapat profit sekitar 30%-40% dari omzet.

Perempuan 28 tahun ini yang sudah memulai berbisnis couple mug sejak Oktober 2014 ini berujar dia memang lebih membidik segmen pasar anak muda. Tak heran, dia sangat memanfatkan momen khusus, seperti Valentine, yang banyak dirayakan kawula muda.

Selain Valentine, hari istimewa lain yang dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak penjualan adalah Natal, Tahun Baru, Lebaran, dan Imlek. Pada momentum demikian, dia juga sering mengeluarkan edisi dengan tema khusus.

Meskipun pada dasarnya cangkir unik yang ditawarkan pesaing cukup menjamur dan mudah ditemukan di pasaran, Marcella mengaku tidak terlalu khawatir. Dia optimistis dapat terus bersaing.

Salah satu senjata yang dia andalkan adalah keunikan dari segi model. Kelebihan lainnya yakni pada sistem kustomisasi di mana pembeli dapat memesan produk yang eksklusif dan tidak pasaran. Couple mug juga akan terasa lebih personal sebab konsumen dapat memajang foto, nama, ataupun kutipan kalimat romatis di bagian luar cangkir.

Akan tetapi, pelaku usaha tidak bisa hanya mengandalkan keunikan dan kualitas produk semata. Pewirausaha juga harus terus menggencarkan promosi agar mereknya dapat dikenal konsumen.

Saluran promosi yang dimanfaatkan Marcella, yakni dari mulut ke mulut, serta promosi lewat media sosial Instagram dengan akun @Cutiepootiedesigns.

“Jangan khawatir, pasar untuk couple muk tidak hanya pada hari istimewa saja. Permintaan juga selalu ada sebab cangkir tersebut sering dijadikan sebagai gift ke teman, atau ke pacar saat ulang tahun, atau untuk anniversary atau acara pernikahan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Kamis (4/2/2016)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper