PELUANG USAHA: Hendra Keliling Indonesia Ajarkan Teknik Decoupage

Satu persatu teknis berkreasi menghias produk kerajinan asal yang berasal dari sejumlah negara di Eropa diurai Hendra Tjandra.
Linda Teti Silitonga | 02 Juni 2018 18:13 WIB
Hendra Tjandra. - .Bisnis/Linda T. Silitonga

Bisnis.com, JAKARTA— Satu persatu teknis berkreasi menghias produk kerajinan asal yang berasal dari sejumlah negara di Eropa diurai Hendra Tjandra.

Mulai dari sospeso, peragamo, decoupage. Dengan lancar pula dia menjelaskan beda satu dengan lainnya, disertai contoh produk yang sudah jadi.

Maklum saja, Hendra adalah pengajar teknik menghias craft asal belanda, Prancis, Italia, dan sejumlah negara lainnya.

“Saya Dia menimba ilmu tahun 2000 hingga 2002. Mulai mengajar 2004,” kata Hendra.

Dia mengemukakan untuk teknis menghias produk kerajinan asal Indonesia sudah banyak pakarnya, untuk itu dia berinisiatif mencari hal baru. Sekaligus untuk memberikan variasi kepada pecinta craft di dalam negeri.

Pilihannya teknis menghias produk kerajinan asal Eropa.

“Kalau ada yang baru, biasanya akan memacu orang untuk belajar,” kata Hendra yang juga menjadi penulis buku Berkreasi Berbagai Teknik Decoupage Bersama Inspiration Craft.

Dia mengemukakan anak muridnya kebanyak kalangan wanita berusia 25 tahun sampai 40 tahun.

“Para ibu biasanya belajar untuk mengisi kekosongan waktu,” kata Hendra.

Dia mengemukakan tenik menghias produk kerajinan asal Eropa makin marak dijumpai, dan penggunanya juga makin beragam termasuk restoran dengan tampilan klasik.

Jumlah murid dalam satu kali pertemuan beragam, begitu juga lama jam belajar.

Biaya kursus dipatok dengan harga mulai dari Rp150.000 per orang, lainnya ada ada paket intensif tiga hari dikenakan biaya belajar hingga Rp3,5 juta per orang .

Hendra juga melayani pesanan, seperti tas atau pajangan jam serta produk lainya yang diberi hiasan. Produk hasil karyanya juga dijual secara online dan di tokonya yang diberi nama Inspiration Craft.

Sebelumnya pria yang kini berusia 40 tahun tersebut bekerja di satu perusahaan, tapi akhrnya dia memilih untuk berwirausaha menjadi pengajar sekalisus menjual aneka craft yang dihias dengan teknik asal Eropa.

“Bisa lebih tentukan waktu. Kalau giat dapat lebih banyak,”kata Hendra.

Hendra telah berkeliling sejumlah daerah di Indonesia untuk mengajar. “Bekerja yang menyebangkan adalah hobi yang terbayarkan,”katanya

Tag : peluang usaha
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top