Keterampilan Manajerial, Kunci Penting Sukses Bisnis

Seorang wirausahawan adalah seseorang yang mengoperasikan bisnis, mengambil risiko dan menuai imbalan yang datang dengan memiliki bisnis.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 September 2019  |  14:34 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang wirausahawan adalah seseorang yang mengoperasikan bisnis, mengambil risiko dan menuai imbalan yang datang dengan memiliki bisnis.

Pengusaha adalah pemimpin pemikiran yang sering kali memiliki keahlian dan pengetahuan seorang inovator. Pengusaha membawa konsep baru ke meja. Mereka memiliki seperangkat keterampilan dan sikap yang tepat untuk meningkatkan dan membantu kemajuan bisnis yang strategis sambil juga menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Dr.Vinay Agarwal, Executive Director, ISBM (Indian School of Business Management and Administration)Keterampilan tertentu dari seorang wirausahawan menjadi fosil secara mencolok.

Namun, wirausahawan generasi selanjutnya di masa depan diharuskan memiliki keterampilan manajemen yang berbeda untuk status yang luar biasa pada platform sosial-ekonomi. Pengusaha kelas satu tumbuh subur dalam strategi bisnisnya dengan melepaskan cara-cara tradisional manajemen dan menanamkan keterampilan manajerial yang inovatif.

Menurutnya, sangat penting bagi seorang wirausahawan untuk berbaur dalam keterampilan manajemen tradisional dengan model-model baru dan teknik-teknik modern.

dr Vinal mengatakan pengusaha harus memiliki keterampilan manajerial tertentu seperti mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang langka, memastikan kepemimpinan yang efektif, memotivasi karyawan dengan menciptakan lingkungan yang aman dan terlindungi, mempromosikan sinkronisasi antara industri dan hubungan mereka, menyusun strategi menuju pencapaian tujuan utama suatu organisasi, memfasilitasi peluang perkembangan yang meningkatkan moral dan membantu meningkatkan keterampilan, memiliki pengetahuan dan keahlian untuk memperluas produktivitas, serta mengatur persaingan di pasar.

Terlepas dari keterampilan manajerial dasar, calon wirausahawan generasi berikutnya juga harus memiliki pegangan pada faktor-faktor lain tertentu yang akan memungkinkan mereka untuk melakukan pijakan yang kuat di antara para pesaingnya. Informasi dan pengetahuan adalah elemen kunci manajemen. Implementasi elemen-elemen ini sangat penting.

Keterlibatan dalam masyarakat dengan mengambil tanggung jawab sosial sangat membantu dalam membangun bisnis sebagai entitas yang bertanggung jawab yang membantu membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik sementara juga menggunakan pasar untuk kebaikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kiat manajemen

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top