Peluang Bisnis Matcha Semakin Menggiurkan

Kemampuan menangkap peluang sangat penting dalam membangun bisnis baru. Matchamu kini membangun jaringan luas untuk menyegarkan konsumennya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 07 Februari 2020  |  10:43 WIB
Peluang Bisnis Matcha Semakin Menggiurkan
Matcha green tea - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Minuman matcha semakin terkenal di Indonesia. Minuman berwarna hijau ini dipercaya memberikan dampak positif bagi kesehatan dan bisa diminum setiap hari.

Pamor matcha yang naik daun, menjadi peluang bisnis. Peluang tersebut ditangkap oleh anak muda Indonesia dengan mendirikan PT Matchamu Muda Manggala, di Yogyakarta. Kemampuan menangkap peluang sangat penting dalam membangun bisnis baru.

Lintang Wuriantari, Tea Executive Officer Matchamu mengungkapkan pihaknya memproduksi matcha dalam kemasan untuk lebih memperkenalkan minuman tersebut kepada masyarakat dalam kemasan yang ekonomis. Inovasi yang diciptakan oleh Matchamu membuat pasar teh ini semakin melebar.

"Ini kami bangun, karena memang semakin banyak masyarakat yang ingin tahu tentang matcha,” ujarnya belum lama ini.

Usaha ini didirikan pada 2013 di bawah bendera PT Matchamu Muda Manggala berkantor pusat di Yogyakarta. Awalnya, Matchamu hanya usaha skala rumahan dengan kapasitas 1.000 sachet perhari.

Kini Matchamu telah menjadi perusahaan manufacturing dengan kapasitas hingga 400.000 sachet per hari yang tersebar di 23.000 jaringan ritel di seluruh Indonesia. “Target kami bisa menjual hingga 1 juta sachet per hari di akhir 2020.”

Hal ini tidak lepas dari popularitas matcha yang kian digemari oleh penikmat teh di Tanah Air khususnya yang menggunakan bahan baku matcha. Untuk menyediakan pasokan bahan baku, Matchamu telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 10 petani teh hijau di Kyoto Jepang.

“Setiap bulan, kami impor sebanyak 2 sampai 3 ton bubuk matcha dari Jepang sebagai bahan baku,” ujarnya.

Selain berjualan secara ritel, Matchamu juga menjalin kerja sama business to business dengan segmen hotel, restoran, hingga keda kopi dan kafe-kafe kekinian yang tengah menjamur. Kolaborasi tersebut menjadi bukti keseriusan dukungan terhadap budaya minum matcha.

Matchamu menetapkan 14 Januari sebagai Hari Matcha Nasional bertajuk Mematcharakatkan Matcha bareng Matchamu.

Lintang mengatakan, saat ini pihaknya terus bereksplorasi memperluas lini produk, tidak hanya matcha, tetapi juga Banana Latte, Pineapple Latte, Mango Latte, Sakura Latte, Chai Latte, Choco Latte, Pineapple Latte, Teh Tarik, Thai Tea dan Read our Velvet Latte.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
peluang bisnis

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top