Kisah Rico Huang, Memulai Bisnis Sejak SMP Hingga Beli Ferrari

Kesuksesan yang diraih seorang Rico Huang yang kini dikenal sebagai seorang pengusaha muda sukses, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 21 Februari 2020  |  16:53 WIB
Kisah Rico Huang, Memulai Bisnis Sejak SMP Hingga Beli Ferrari
Pengusaha muda Rico Huang. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Di usia yang masih muda, 24 tahun, Rico Huang sudah tercatat sebagai pengusaha yang cukup sukses dan mampu membeli Ferari dari kerja kerasnya sendiri. Terbaru, ia membeli mesin Photobook seharga Rp10 miliar.

Kesuksesan yang diraih seorang Rico Huang yang kini dikenal sebagai seorang pengusaha muda sukses, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Perjuangannya ternyata telah dimulai sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah dasar. Musibah yang dialami keluarganya saat itu, mendorong Rico kecil ikut membantu memperbaiki kehidupan financial keluarganya. Dia membantu kedua orang tuanya dengan berdagang jam tangan selama 3 tahun.

Beranjak SMP, Rico memberanikan diri memulai bisnis pertama dengan bermodal uang jajan dan angpao yang didapatkannya untuk menjual aksesori HP

Namun sayang, usaha tersebut harus bangkrut karena dia tak mampu bersaing dengan pemain lain yang menawarkan harga jauh lebih murah.

Dari kegagalannya tersebut justru jiwa  entrepreneur dalam dirinya muncul. Sebab baginya, jatuh berkali-kali merupakan hal yang wajar dalam berbisnis.

“Selagi masih muda kita habisin jatah gagal supaya jatah sukses kita lebih cepat datang," ujar Rico, seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (21/2/2020).

Dia kemudian memutar otak untuk dapat bersaing tanpa harus perang harga. Akhirnya, Rico pun mencoba memulai bisnis casing HP custom yang gambarnya bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen.

“Waktu itu sebetulnya banyak yang ingin membeli casing HP dengan gambar sesuai keinginan sendiri atau suka - suka tetapi ngga ada yang bisa membuatnya. Jadi saya masuk mengambil peluang ini,” tuturnya.

Dari situ, Rico pun mulai merambah ke item lainnya seperti kaos, topi, mug, jaket yang semuanya bisa di-custom. Semakin besar permintaan tentu peluangnya pun kian terbuka, dia pun kemudian membentuk Dropshipaja.com yang saat ini tercatat sudah memiliki 100.000 reseller di seluruh Indonesia.

Selain di bidang produk, Rico juga merambah bisnis software dan sekolah internet marketing dan menjadi salah satu sekolah internet marketing terbesar di Indonesia.

Berkat kerja keras dan kegigihannya tersebut, Rico berhasil membeli mobil pertamanya berupa Mercy pada usia 21 tahun. Selang 3 tahun kemudian dia kembali membeli mobil kali ini Ferrari California pada umurnya yang ke 24 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
entrepreneur

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top