Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingin Sukses, Ini Tips Bagi Pengusaha Baru

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum hingga memaksimalkan media digital, menjadi bekal utama bagi pengusaha baru.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 25 Mei 2020  |  02:59 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda ini menjadi pengusaha atau sedang memulai berbisnis, maupun sedang berencana berbisnis harus mengidentifikasi pasar terlebih dahulu.

Dikutip dari laman Entrepreneur, beberapa keterampilan penting yang harus diketahui pengusaha baru yakni

1. Maksimalkan Microsoft Excel adalah program terpenting dalam bisnis saat ini. Hal ini jauh lebih dari sekadar perangkat lunak lembar bentang (meskipun itu juga kasus penggunaan yang berharga).

Excel membantu Anda dengan analisis data, peramalan keuangan, dan banyak lagi hal-hal yang penting untuk menjalankan bisnis berbasis data dan berorientasi solusi.

2. Keterampilan public speaking dimana seorang entrepreneur harus dapat menjual produk atau layanan mereka kepada orang lain. Hal ini perlukan untuk memberikan penawaran kepada investor, karyawan, atau pelanggan potensial, berbicara di depan umum akan menjadi aset penting. 

Keterampilan berbicara di depan umum yang hebat akan cenderung menginspirasi orang untuk melihat visi Anda dan bergabung dengan perusahaan.

3. Pengembangan rencana bisnis. Seorang entrepreneur  membutuhkan rencana bisnis. Tentu untuk membuat rencana bisnis dibutuhkan metodologi-metodologi yang handal.

4. Analisis Data. Data mendorong segalanya dalam bisnis. Sebagai seorang entrepreneur, jika Anda berhasil memodelkan dan memahami data, Anda sudah beberapa langkah di depan paket. Anda pun tidak hanya akan menghemat uang dengan tidak harus menyewa analis tetapi juga akan memiliki keterampilan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

5. Pemasaran via Facebook. Facebook adalah platform periklanan terbesar kedua di planet ini, yang berarti itu adalah alat utama bagi setiap entrepreneur untuk memulai. Anda pun akan belajar bagaimana menjangkau dan berinteraksi dengan target baru di Facebook. Memulai dengan menjalankan strategi pemasaran Facebook dapat bermanfaat bagi bisnis.

6. Optimasi Mesin Pencari. Jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk memulai usaha ketika baru memulai, optimisasi mesin pencari (SEO) diperlukan. Namun membutuhkan pemahaman teknis tentang bagaimana membuat konten menonjol secara online.

7. Copywriting. Copywriting merupakan cara hebat menjual produk. Anda dapat mengalihdayakan konten pemasaran dan penjualan Anda ke pihak ketiga, atau Anda dapat mengatasinya sendiri. Hal ini akan mengajarkan Anda cara menulis yang menjual sehingga dapat menghemat uang dan menghasilkan lebih banyak uang.

8. Quickbooks merupakan perangkat lunak akuntansi teratas di pasar. Ketika Anda dapat menggunakan QuickBooks secara efektif, Anda dapat menangani semua kebutuhan keuangan dan pembukuan bisnis Anda, sehingga menghemat uang pada layanan akuntansi. Hal ini juga akan membantu Anda melacak inventaris, pembayaran vendor, faktur, dan banyak lagi.

9. Manajemen Proyek. Manajemen proyek adalah tentang menemukan cara yang paling efisien dan paling tidak boros dalam melakukan sesuatu. Bagi wirausahawan yang mungkin kekurangan uang setelah peluncuran, itu sangat penting.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur pengusaha tips bisnis pengusaha muda pebisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top