Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bagi Pekerja, Ini Keterampilan yang Perlu Diasah Selama New Normal

Setidaknya, ada lima besar soft skills yang paling dibutuhkan pada 2020 yaitu kreativitas, persuasi, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, kecerdasan emosional.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  21:54 WIB
Ilustrasi - Popsugar
Ilustrasi - Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA – Mempelajari keterampilan baru dan mengasah kemampuan selama masa pandemi Covid-19 ini, sangat diperlukan untuk membantu para profesional mengembangkan keterampilan yang bermanfaat di masa depan.

Apalagi saat ini tidak sedikit pekerja yang terpaksa di-PHK begitupun perusahaan banyak yang mengalihkan tenaga kerjanya untuk bekerja jarak jauh dari rumah.

Feon Ang, Vice President Talent and Learning Solutions, Asia Pacific mengatakan di tengah ketidakpastian ini, para profesional dan pencari kerja harus tetap positif dan produktif dengan fokus memperkuat dan mengikuti berbagai keterampilan diri.

“Tetapkan tujuan dengan jelas, pikirkan apa yang terbaik dalam situasi ini, bisa dengan mengasah keterampilan baru yang rutin dan konsisten dilakukan setiap hari,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Selasa (9/6/2020).

Feon mengatakan para profesional dapat mengasah keterampilan yang berkaitan dengan kerja jarak jauh, manajemen waktu dan menjaga produktivitas, menjadi penting untuk diasah di masa transisi ke new normal.

“Hal ini penting bagi mereka untuk menjaga keseimbangan yang sehat dan efektif antara bekerja dan kehidupan pribadi,” ujarnya.

Sementara itu, para pemimpin perusahaan dapat mempelajari bagaimana mengelola tim secara virtual, menjaga tim agar tetap saling terlibat, dan budaya organisasi yang hidup juga hal yang penting.

Adapun pencari kerja dapat mengasah keterampilan wawancara dan belajar untuk berkembang dan memanfaatkan jaringan mungkin akan bermanfaat.

LinkedIn sendiri telah membuat banyak pelatihan gratis untuk membantu para pencari kerja dan para profesional. Menurutnya, sepanjang April 2020, jumlah pengguna yang menghabiskan waktu untuk menonton konten video di LinkedIn Learning mencapai 7,7 juta jam. Ini meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan jumlah jam pada Februari dan dua kali lipat dari jumlah jam pada Maret.

Terdapat lebih dari 275 kursus LinkedIn Learning dalam tujuh bahasa yang disediakan dan dapat diakses oleh masyarakat. Kursus-kursus tersebut termasuk tips dan keterampilan untuk para pencari kerja, profesional agar belajar mengatasi new normal, atau untuk para pemilik UMKM.

Selain keterampilan hard skill, Feon mengatakan bahwa pekerja yang memiliki keterampilan soft skill juga sangat dibutuhkan, setidaknya ada lima besar soft skills yang paling dibutuhkan pada 2020 yaitu kreativitas, persuasi, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, kecerdasan emosional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja Tips Kerja New Normal
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top