Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagi Pekerja, Ini Keterampilan yang Perlu Diasah Selama New Normal

Setidaknya, ada lima besar soft skills yang paling dibutuhkan pada 2020 yaitu kreativitas, persuasi, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, kecerdasan emosional.
Ilustrasi/Popsugar
Ilustrasi/Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA – Mempelajari keterampilan baru dan mengasah kemampuan selama masa pandemi Covid-19 ini, sangat diperlukan untuk membantu para profesional mengembangkan keterampilan yang bermanfaat di masa depan.

Apalagi saat ini tidak sedikit pekerja yang terpaksa di-PHK begitupun perusahaan banyak yang mengalihkan tenaga kerjanya untuk bekerja jarak jauh dari rumah.

Feon Ang, Vice President Talent and Learning Solutions, Asia Pacific mengatakan di tengah ketidakpastian ini, para profesional dan pencari kerja harus tetap positif dan produktif dengan fokus memperkuat dan mengikuti berbagai keterampilan diri.

“Tetapkan tujuan dengan jelas, pikirkan apa yang terbaik dalam situasi ini, bisa dengan mengasah keterampilan baru yang rutin dan konsisten dilakukan setiap hari,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Selasa (9/6/2020).

Feon mengatakan para profesional dapat mengasah keterampilan yang berkaitan dengan kerja jarak jauh, manajemen waktu dan menjaga produktivitas, menjadi penting untuk diasah di masa transisi ke new normal.

“Hal ini penting bagi mereka untuk menjaga keseimbangan yang sehat dan efektif antara bekerja dan kehidupan pribadi,” ujarnya.

Sementara itu, para pemimpin perusahaan dapat mempelajari bagaimana mengelola tim secara virtual, menjaga tim agar tetap saling terlibat, dan budaya organisasi yang hidup juga hal yang penting.

Adapun pencari kerja dapat mengasah keterampilan wawancara dan belajar untuk berkembang dan memanfaatkan jaringan mungkin akan bermanfaat.

LinkedIn sendiri telah membuat banyak pelatihan gratis untuk membantu para pencari kerja dan para profesional. Menurutnya, sepanjang April 2020, jumlah pengguna yang menghabiskan waktu untuk menonton konten video di LinkedIn Learning mencapai 7,7 juta jam. Ini meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan jumlah jam pada Februari dan dua kali lipat dari jumlah jam pada Maret.

Terdapat lebih dari 275 kursus LinkedIn Learning dalam tujuh bahasa yang disediakan dan dapat diakses oleh masyarakat. Kursus-kursus tersebut termasuk tips dan keterampilan untuk para pencari kerja, profesional agar belajar mengatasi new normal, atau untuk para pemilik UMKM.

Selain keterampilan hard skill, Feon mengatakan bahwa pekerja yang memiliki keterampilan soft skill juga sangat dibutuhkan, setidaknya ada lima besar soft skills yang paling dibutuhkan pada 2020 yaitu kreativitas, persuasi, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, kecerdasan emosional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper