Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Trik Optimalkan Bujet Terbatas untuk Mengiklankan Bisnis di Internet

Pebisnis kini tengah memaksimalkan iklan di media sosial dan internet untuk meningkatkan pelanggan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  12:37 WIB
Pebisnis bisa beriklan dengan murah di internet. - ilustrasi
Pebisnis bisa beriklan dengan murah di internet. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah Anda memulai bisnis Anda, mungkin tidak ada banyak uang yang tersisa untuk iklan. Iklan cetak tradisional, katalog yang dikirim langsung dan bahkan iklan buku telepon bisa sangat mahal dan sulit untuk disesuaikan.

"Internet menawarkan peluang besar bagi usaha kecil untuk mendapatkan iklan lokal dengan sangat murah," kata Rick Whittington, presiden Rick Whittington Consulting di Richmond, Virginia, seperti dikutip melalui Business News Daily, Kamis (11/6/2020).

Google, Yahoo dan Bing semuanya memungkinkan Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda secara lokal secara gratis. Ketiganya adalah platform utama yang banyak disarankan oleh para konsultan untuk pelaku bisnis yang berniat memasang iklan di internet.

Setelah Anda mendaftarkan bisnis Anda secara gratis di mesin pencari itu, ada banyak hal lain yang relatif murah yang dapat Anda lakukan untuk menarik perhatian calon pelanggan terhadap bisnis Anda.

1. Pay-per-click

Metode bayar per klik diterapkan dengan sistem di mana Anda akan membayar setiap kali pelanggan mencari frasa tertentu, menemukan situs web Anda dan mengklik untuk mengunjungi halaman bisnis Anda. Biayanya bisa sangat murah untuk setiap klik.

Whittington memperingatkan bahwa penting untuk sangat spesifik dengan frasa pencarian yang Anda tentukan dan bersedia dibayar.

Menggunakan istilah yang terlalu umum, seperti "hadiah pernikahan" dapat mengakibatkan terlalu banyak orang mengklik ke situs web Anda hanya untuk mengetahui bahwa Anda tidak menjual apa yang mereka cari.

Istilah multi-kata yang lebih spesifik, seperti "hadiah pernikahan ramah lingkungan" menghasilkan lebih sedikit klik, tetapi yang Anda dapatkan akan dari pelanggan lebih mungkin untuk membeli apa yang Anda jual.

2. Pencarian organik

Selain membayar per klik, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan posisi perusahaan Anda di daftar mesin pencari tidak berbayar (juga disebut "organik").

Sering disebut sebagai SEO (optimasi mesin pencari), ada satu industri khusus dengan para konsultan yang dibangun berangkat dari konsep ini.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk meningkatkan pencarian organik Anda sehingga dapat mengarahkan pelanggan ke situs Anda.

Untuk meningkatkan posisi Anda di mesin pencari, Anda harus terus memperbarui situs bisnis dengan informasi baru dan posting blog, kata Whittington kepada BusinessNewsDaily.

Pembaruan informasi yang relevan secara berkala akan membuat Anda berulang kali diperhatikan oleh mesin pencari. Anda juga dapat membaca tentang SEO di Wikipedia atau Google.

3. Beriklan melalui email (atas izin pelanggan)

Email berbasis izin (artinya pelanggan setuju untuk mengizinkan Anda mengirim penawaran email) juga menawarkan peluang pengembalian investasi yang tinggi, kata Tom Fauls, profesor periklanan di College of Communication di Boston University.

Fauls mengatakan Anda dapat mengumpulkan email melalui situs web Anda atau dengan cara kuno yakni dengan mengumpulkannya secara manual saat Anda berinteraksi dengan pelanggan.

Email berbasis izin memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda, membuat penawaran khusus dan menjaga bisnis Anda tetap menjadi pilihan pelanggan.

4. Media sosial

Outlet media sosial, termasuk Facebook, Twitter dan YouTube, adalah tempat yang memungkinkan Anda untuk menargetkan kelompok pelanggan yang sangat spesifik untuk investasi yang sangat sedikit.

Anda dapat membuat profil Facebook secara gratis dan memposting video di YouTube, juga gratis. Anda juga dapat membuat iklan Facebook bertarget sangat spesifik dengan sedikit biaya.

Namun berhati-hatilah: Jika Anda tidak terbiasa dengan media sosial, belajar untuk menggunakan situs-situs ini dapat memakan waktu, dan menggunakannya secara teratur dapat menghabiskan waktu.

Keberhasilan tergantung pada banyak faktor, termasuk apakah pelanggan potensial Anda adalah tipe yang menggunakan layanan ini dan seberapa efektif Anda (pikirkan talenta dan waktu) dalam menggunakannya.

5. Sumber lainnya

Selain pilihan di atas, ada berbagai alat pemasaran gratis atau berbiaya rendah yang dapat digunakan bisnis untuk tujuan periklanan. Berikut ini beberapa di antaranya:

- Quora

- Reddit

- Google My Business

- Membayar jasa influencer di media sosial

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm kiat manajemen iklan tips bisnis Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top