Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keuntungan Bisnis Kuliner Bisa Sampai 200 Persen

Keuntungan bisnis kuliner bisa mencapai 200 persen. Untuk membuat harga jual meningkat, pelaku usaha juga harus mampu meningkatkan branding.
Bisnis kuliner memiliki keuntungan hingga 200 persen./ilustrasi
Bisnis kuliner memiliki keuntungan hingga 200 persen./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang memberikan keuntungan besar, bahkan ada yang bisa mencapai hingga 200 persen. Demikian diungkapkan oleh Fatmah Bahalwan, Owner Natural Cooking Club saat Ngobrol Santai Bisnis.com dengan tema Resep Sukses Bisnis Kuliner, Jumat (3/7/2020).

Fatmah mengatakan, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar, maka pelaku usaha harus bisa menentukan harga jual yang sesuai. Namun bukan berarti harga jual tersebut harus dibuat semurah mungkin atau semahal mungkin, sesuaikan saja dengan pangsa pasar yang dituju.

“Tentukan kepada siapa kita menjualnya. Karena di kalangan tertentu harga yang murah belum tentu bisa diterima. Mereka kadang lebih memilih yang harganya sedikit mahal tetapi punya kualitas rasa yang enak,” tuturnya.

Selain itu, perlu juga memperhatikan berbagai hal seperti bahan baku yang digunakan, termasuk listrik, tenaga kerja, hingga kreasi dan kualitas rasa. Bisa saja produk yang sama tetapi harganya berbeda karena ada nilai tambah yang diberikan oleh pelaku usaha tersebut, termasuk packaging atau kemasan.

Untuk membuat harga jual meningkat, pelaku usaha juga harus mampu meningkatkan branding yang menjadi ciri khas dari produk tersebut.

 “Makanan itu marginnya lumayan besar, kadang bisa sampai 200 persen dan itu selama pasarnya pas masih bisa diterima. Apalagi kalau ditambah keterampilan seperti brownis kukus yang 1 loyang Rp250.000, ketika ditambah dekorasi dengan kue ulang tahun, harga bisa meningkat 3 kali lipat,” jelasnya.

Di samping mendapatkan keuntungan penjualan, pelaku usaha kuliner juga bisa menikmati sendiri makanannya. Seperti Fatma saat pertama kali memulai usaha menjual bolu kukus. Dari satu Loyang, dia bisa menghasilkan 15 potong bolu. 10 diantaranya dijual sedangkan 5 lainnya bisa dimakan di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper