Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Keuntungan Bisnis Kuliner Bisa Sampai 200 Persen

Keuntungan bisnis kuliner bisa mencapai 200 persen. Untuk membuat harga jual meningkat, pelaku usaha juga harus mampu meningkatkan branding.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  20:16 WIB
Bisnis kuliner memiliki keuntungan hingga 200 persen. - ilustrasi
Bisnis kuliner memiliki keuntungan hingga 200 persen. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang memberikan keuntungan besar, bahkan ada yang bisa mencapai hingga 200 persen. Demikian diungkapkan oleh Fatmah Bahalwan, Owner Natural Cooking Club saat Ngobrol Santai Bisnis.com dengan tema Resep Sukses Bisnis Kuliner, Jumat (3/7/2020).

Fatmah mengatakan, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar, maka pelaku usaha harus bisa menentukan harga jual yang sesuai. Namun bukan berarti harga jual tersebut harus dibuat semurah mungkin atau semahal mungkin, sesuaikan saja dengan pangsa pasar yang dituju.

“Tentukan kepada siapa kita menjualnya. Karena di kalangan tertentu harga yang murah belum tentu bisa diterima. Mereka kadang lebih memilih yang harganya sedikit mahal tetapi punya kualitas rasa yang enak,” tuturnya.

Selain itu, perlu juga memperhatikan berbagai hal seperti bahan baku yang digunakan, termasuk listrik, tenaga kerja, hingga kreasi dan kualitas rasa. Bisa saja produk yang sama tetapi harganya berbeda karena ada nilai tambah yang diberikan oleh pelaku usaha tersebut, termasuk packaging atau kemasan.

Untuk membuat harga jual meningkat, pelaku usaha juga harus mampu meningkatkan branding yang menjadi ciri khas dari produk tersebut.

 “Makanan itu marginnya lumayan besar, kadang bisa sampai 200 persen dan itu selama pasarnya pas masih bisa diterima. Apalagi kalau ditambah keterampilan seperti brownis kukus yang 1 loyang Rp250.000, ketika ditambah dekorasi dengan kue ulang tahun, harga bisa meningkat 3 kali lipat,” jelasnya.

Di samping mendapatkan keuntungan penjualan, pelaku usaha kuliner juga bisa menikmati sendiri makanannya. Seperti Fatma saat pertama kali memulai usaha menjual bolu kukus. Dari satu Loyang, dia bisa menghasilkan 15 potong bolu. 10 diantaranya dijual sedangkan 5 lainnya bisa dimakan di rumah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis kuliner peluang usaha
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top