Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Michael Tojner Jadi Miliarder Berkat Baterai Airpod

Michael Tojner membeli pembuat baterai mikro Jerman Varta pada tahun 2007 seharga US$40 juta dan medaftarkan bisnisnya di Bursa Efek Frankfurt pada tahun 2017.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  13:22 WIB
Michael Tojner menjadi miliarder sejak memulai bisnis baterai Airpod
Michael Tojner menjadi miliarder sejak memulai bisnis baterai Airpod

Bisnis.com, JAKARTA -- Kesuksesan AirPods telah menghasilkan miliaran dolar bagi Apple. Pada 2019, Apple mengumpulkan 71% dari total pendapatan yang dihasilkan dari semua headphone nirkabel di pasaran.

Tampaknya selain Apple, AirPods juga mengubah kekayaan perusahaan Austria dan menjadikan pemiliknya seorang miliarder. Orang tersebut adalah Michael Tojner yang perusahaannya, Varta, membuat baterai yang ada di dalam Airpods.

"Mr. 300 persen,” Michael Tojner mengubah investasi senilai US$40 juta menjadi landasan kekayaan 10 digit.

Tojner memimpin Varta, pembuat baterai Jerman yang memproduksi ratusan juta baterai setahun.

Tojner membeli pembuat baterai mikro Jerman Varta pada tahun 2007 seharga US$40 juta dan medaftarkan bisnisnya di Bursa Efek Frankfurt pada tahun 2017.

Menurut Forbes, 56 persen sahamnya di Varta, setelah membuat baterai untuk Apple AirPod Pro, bernilai lebih dari US$1 miliar.

Sebagai serial entrepreneur, dia telah menjalankan beberapa bisnis lain seperti situs web perjudian online, berinvestasi di real estat dan hotel, serta memiliki investasi di perusahaan industri lainnya.

Misalnya, dia membeli Hotel InterContinental Vienna seharga 50 juta euro pada tahun 2012 tetapi oposisi lokal telah menghentikan upayanya untuk membangunnya kembali. Kekayaannya saat ini mencapai US$3,8 miliar per data kekayaan bersih real time Forbes.

“Dengan baterai mikro, kami menjadi pemimpin pasar yang jelas di segmen yang tumbuh mungkin 50% hingga 60% per tahun. Dalam sepuluh tahun ke depan, tidak ada orang yang akan memiliki smartphone tanpa aplikasi telinga. Ada potensi besar untuk pertumbuhan, "kata Tojner kepada Forbes

Pendiri Montana Tech Components AG dan Global Equity Partners Beteiligungs-Management GmbH memiliki portofolio yang cukup sebagai pebisnis.

Tojner telah menjadi pimpinan di 15 perusahaan berbeda dan memegang posisi komisaris, salah satunya untuk VARTA Microbattery Pensions-Treuhand eV.

Ia menerima gelar sarjana dari George Washington University dan gelar doktor dari Vienna University of Economics & Business.

Tojner adalah satu-satunya penawar yang tersisa karena tidak ada yang berani membeli Varta. Miliarder baru tersebut mengatakan bahwa dia membeli perusahaan dengan arus kas negatif tetapi dia yakin, keadaannya akan menjadi lebih baik dengan kontrak Apple di tangan.

Tojner merasa perusahaannya akan terus berkembang karena kualitas baterainya dan juga perusahaan seperti Apple dan Samsung selalu meminta premiun guna menawarkan pengalaman konsumen yang terbaik.

Baterai, komponen terpenting, harganya mungkin sekitar 5 euro, tetapi seseorang dapat menjadi gila jika gadgetnya tidak berfungsi setelah delapan bulan penggunaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis pengusaha tips bisnis ipod
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top