Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Alasan Memulai Bisnis Dari Rumah

Menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan di rumah dapat menjadi tantangan jika aturan dan standar tertentu tidak ditetapkan dan diikuti.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 04 Desember 2020  |  17:49 WIB
Bisnis kecil
Bisnis kecil

Bisnis.com, JAKARTA -- Memulai bisnis rumahan secara penuh atau paruh waktu adalah keputusan besar yang memerlukan penelitian dan perencanaan yang tampak menakutkan.

Namun sebelum Anda menunda atau menolak melakukannya, pertimbangkan alasan-alasan berikut mengapa Anda harus memulai bisnis dari rumah.

Dilansir melalui The Balance SMB, Jumat (4/11/2020), Anda memiliki kendali penuh atas jadwal Anda saat Anda bekerja dari rumah. Anda dapat mengatur dan menyesuaikan jam kerja Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.

Namun, kebebasan ini juga dapat membawa serta godaan yang mengganggu dan risiko menunda tugas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Anda pasti ingin memastikan Anda memiliki sifat kewirausahaan yang tepat dan rencana organisasi harian yang baik untuk menangani tanggung jawab baru ini.

Jika Anda memiliki keluarga, pasangan, atau memiliki teman sekamar, Anda harus memastikan bahwa lingkungan rumah Anda kondusif dengan lingkungan kerja yang Anda butuhkan.

Keseimbangan kehidupan kerja lebih mudah dicapai saat Anda bekerja dari rumah. Namun, menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan di rumah dapat menjadi tantangan jika aturan dan standar tertentu tidak ditetapkan dan diikuti.

Interupsi terus-menerus dari anak-anak Anda, misalnya (sementara diterima dan merupakan cara yang baik untuk beristirahat) dapat menyebabkan Anda kehilangan cukup banyak waktu kerja.

Di sisi lain, Anda mungkin bisa melakukan sesuatu yang Anda sukai. Faktanya, Anda lebih mungkin mencapai kesuksesan jika Anda fokus mengejar hasrat Anda untuk mendapatkan keuntungan saat memulai bisnis rumahan.

Saat bekerja dari rumah, ongkos perjalanan yang mahal dan memakan waktu tidak akan terjadi.

Mengurangi perjalanan harian dapat menjadi dana untuk pos keperluan lain atau ditabung. Pengeluaran lain yang tidak dipertimbangkan banyak orang adalah biaya tol, perbaikan dan tune-up kendaraan yang jadi lebih sering.

Terakhir, ada peluang besar untuk beralih di antara jenis pekerjaan, menambah variasi pada pekerjaan Anda. Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Sering kali karyawan kantoran merasa terjebak dalam pekerjaan mereka. Dalam bisnis rumahan, bahkan jika tugas sehari-hari Anda relatif sama, ada banyak peluang untuk membuat variasi dalam sistem kerja.

Anda dapat bekerja dari lokasi yang berbeda, mengubah jadwal Anda, atau memprioritaskan kembali urutan tugas yang harus Anda lakukan.

Memulai bisnis memang membutuhkan lebih banyak investasi awal daripada pekerjaan tradisional, seperti mendapatkan pengetahuan kerja tentang praktik akuntansi dasar, pemasaran, dan uang untuk peralatan yang Anda butuhkan.

Agar tetap kompetitif, Anda pasti ingin terus belajar, mendapatkan beberapa sertifikasi, dan mengikuti tren terkini dalam industri atau manajemen bisnis kecil Anda.

Intinya, Anda merancang hari Anda dan apa yang Anda lakukan, yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan keterampilan dan bisnis Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis rumah memasak
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top