Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Butuh Pemasukan Tambahan, Ini Ide Bisnis Rumahan yang Patut Dicoba

Kalaupun belum memungkinkan untuk meninggkalkan pekerjaan kantoran, ada banyak ide alternatif seperti memulai bisnis dari rumah atau secara online.
Ilustrasi/Rantchic
Ilustrasi/Rantchic

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda bermimpi berhenti dari pekerjaan kantoran untuk menjadi bos bagi diri Anda sendiri, Anda mungkin telah mempertimbangkan berbagai ide bisnis kecil. Namun, meskipun Anda memiliki banyak hasrat, arahan bisa sulit ditemukan.

Kalaupun belum memungkinkan untuk meninggkalkan pekerjaan kantoran, ada banyak ide alternatif seperti memulai bisnis dari rumah atau secara online.

Dilansir melalui blog Hubspot, di bawah ini adalah ide bisnis kecil untuk siapa saja yang ingin menjalankan bisnis sendiri. Gunakan ini sebagai titik awal untuk memicu ide unik Anda sendiri.

Dan jika semuanya gagal, terapkan kata-kata Co-Founder Airbnb Brian Chesky: \"Jika kita mencoba memikirkan ide yang bagus, kita tidak akan bisa menemukan ide yang bagus. Untuk menemukannya Anda hanya perlu dengan menemukan solusi untuk masalah dalam hidup.\"

1. Freelancer

Di dunia freelance, Anda bisa bekerja dari rumah dan menjadi bos bagi diri Anda sendiri. Gunakan keahlian Anda untuk mendapatkan bisnis di bidang yang Anda inginkan:

- Menulis

- SEO

- Transkripsi

- Desain

- Ilustrasi

- Coding

- Konsultasi

2. Manajer media sosial

Apakah Anda memiliki bakat untuk mengelola media sosial? Sebagai manajer media sosial, Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk mengelola akun media sosial untuk perusahaan dan bahkan individu. Pemasaran influencer telah menjadi cara umum dan banyak influencer mengandalkan agensi pemasaran atau karyawan untuk membantu mereka menjalankan saluran sosial mereka.

3. Petugas entri data

Banyak bisnis mencari juru tulis entri data untuk membantu mereka memasukkan informasi ke dalam sistem komputer dan spreadsheet mereka. Jika Anda memiliki komputer yang hebat dan keterampilan mengetik, ini mungkin bisnis yang cocok untuk Anda.

4. Asisten virtual

Ada sejumlah besar bisnis kecil di luar sana yang terlalu kecil untuk pegawai administrasi penuh waktu tetapi memiliki terlalu banyak pekerjaan untuk tim internal mereka. Asisten virtual melakukan peluang dan akhir ini untuk membantu bisnis berjalan lebih efisien saat berkembang. Asisten virtual dapat membantu dengan sejumlah hal, termasuk posting media sosial, entri data, menulis deskripsi produk, mengatur pertemuan atau panggilan telepon, mengatur file, dan melakukan penelitian.

5. E-commerce

Dengan munculnya e-commerce dan betapa mudahnya terhubung dengan pembeli online, ada peluang besar untuk memasarkan dan menjual barang di web. Apakah Anda memilih untuk membuat produk Anda sendiri, bekerja dengan dealer grosir untuk mendapatkan inventaris, atau melalui jalur dropshipping, Anda dapat membangun bisnis yang sukses dari pemasaran yang hebat.

6. Editor audio atau video

Semakin banyak orang mendengarkan podcast dan menonton video di media sosial. Untuk alasan ini, merek beralih ke konten audio dan visual untuk terhubung dengan konsumen. Masalahnya adalah banyak yang tidak punya waktu untuk berinvestasi dalam produksi konten ini, atau mereka tidak memiliki keterampilan untuk melakukannya. Editor audio dan video diminati dalam hal menghasilkan konten berkualitas untuk audiens yang lapar.

7. Artis sulih suara

Berbicara tentang podcast dan video, banyak pembuat konten mengakui nilai dan tingkat profesionalisme yang dapat dibawa oleh bakat suara yang hebat ke sebuah proyek. Ada pertunjukan di luar sana untuk intro / outro podcast, narasi untuk video penjelas, atau bahkan pekerjaan suara untuk buku audio.

8. Pengasuh hewan peliharaan

Apakah Anda menyukai hewan peliharaan? Pertimbangkan untuk menjadi pengasuh hewan peliharaan. Saat pemilik hewan peliharaan sedang pergi berlibur, bawalah hewan peliharaannya ke rumah Anda atau kunjungi rumahnya.

9. Host Penyewaan Rumah

Pernahkan Anda menggunakan layanan house sharing daripada hotel? Anda bisa mencari nafkah tambahan dengan menyewakan kamar, apartemen atau rumah untuk wisatawan. Anda dapat dengan mudah mendaftarkan listing Anda ke berbagai platform.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper