Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perayaan Valentine Kala Pandemi, Jadi Kesempatan Penipuan Online

Beberapa penipu dilaporkan membatalkan rencana kencan pertama karena tes virus corona (Covid-19) yang positif.
Kencan online/popsugar
Kencan online/popsugar

Bisnis.com, JAKARTA -- Para penipu berkedok teman kencan meraup uang berkat para lajang kesepian yang terjebak di rumah selama pandemi.

Dilansir melalui Entrepreneur, pada tahun 2020, modus penipuan dengan skenario romansa menarik lebih dari US$304 juta, meningkat 50 persen dari tahun sebelumnya, menurut Komisi Perdagangan Federal AS (FTC).

Jumlah laporan yang diterima FTC dari korban penipuan asmara juga mencapai 32.792, naik 30 persen dari tahun ke tahun.

Yang tidak berubah adalah seberapa banyak penipu dapat menarik uang dari korban yang tidak menaruh curiga. Orang-orang ini menyerahkan rata-rata US$2.500 kepada teman kencan palsunya.

Penipuan biasanya melibatkan orang-orang dengan profil "terlalu bagus untuk menjadi kenyataan" pada aplikasi kencan atau platform media sosial dari seseorang yang mencoba membohongi para lajang.

Mereka seringkali muncul dengan foto profil rupawan. Namun pada kenyataannya, itu semua adalah tipuan untuk mengirimkan uang kepada kekasih palsu, biasanya melalui transfer bank atau dengan membeli kartu hadiah digital.

Tanda-tanda untuk penipuan percintaan adalah ketika teman kencan palsu itu mengajukan alasan mengapa mereka tidak dapat bertemu secara langsung. Sayangnya, Covid-19 hanya memberi para penipu alasan yang tampaknya sah untuk menghindari sesi kopi darat.

“Pandemi telah membuat penipuan sejenis jadi lebih mudah dan menginspirasi skenario baru untuk cerita mereka, dengan banyak korban melaporkan bahwa teman kencan mereka mengaku tidak dapat bepergian karena pandemi,” kata FTC, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Senin (15/2/2021).

Beberapa penipu dilaporkan bahkan membatalkan rencana kencan pertama karena tes Covid-19 yang positif.

Pandemi juga memberi alasan lain bagi para penipu untuk meminta uang kepada orang lain. Menurut FTC, beberapa korban melaporkan para penipu mengaku mengalami keadaan darurat medis akibat Covid-19.

Menariknya, para penipu romantis juga bisa melakukan hal sebaliknya dan mengirimkan uang kepada korban. Namun, FTC mengatakan uang yang dikirim biasanya dicuci dengan dana curian dari kejahatan lain.

“Bahkan, banyak yang melaporkan bahwa uang yang mereka terima dan teruskan ternyata adalah tunjangan pengangguran,” tambah regulator.

Korban berusia 20 hingga 29 tahun mengalami peningkatan penipuan asmara terbesar. Namun, mereka yang berusia di atas 70 tahun melaporkan kehilangan uang paling banyak, dengan rata-rata kerugian individu sebesar US$9.475.

FTC memiliki sejumlah tip tentang bagaimana Anda dapat melindungi diri dari penipuan di aplikasi kencan atau platform media sosial .

Salah satu teknik yang patut diperhatikan adalah melakukan penelusuran gambar terbalik (reverse image search) pada foto profil teman kencan Anda. Ini dapat mengungkapkan apakah foto mereka diambil dari sumber lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper