Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gelar Orang Terkaya di China Terlepas dari Tangan Jack Ma

Miliarder Jack Ma bukan lagi orang terkaya di China setelah perusahaannya berada di bawah pengawasan pemerintah setempat.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  20:42 WIB
Jack Ma, yang kekayaan pribadinya mencapai US55 miliar, menghilang dari pandangan publik selama hampir tiga bulan setelah komentarnya tentang aturan keuangan global.  - Bloomberg
Jack Ma, yang kekayaan pribadinya mencapai US55 miliar, menghilang dari pandangan publik selama hampir tiga bulan setelah komentarnya tentang aturan keuangan global. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Tokoh bisnis Jack Ma telah kehilangan gelar orang terkaya di China, menurut daftar yang diterbitkan Selasa (2/3), karena kerajaan bisnisnya berada di bawah pengawasan pemerintahan Xi Jinping.

Ma, miliarder pendiri Alibaba dan Ant Group, memegang posisi teratas dalam Hurun Global Rich List di kawasan China pada 2019 dan 2020.

Dia jatuh ke posisi keempat di belakang produsen air kemasan Zhong Shanshan, Pony Ma Huateng dari Tencent, dan CEO perusahaan e-commerce Pinduoduo Colin Huang Zheng.

"Peringkat Ma turun untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir setelah regulator China mengekang Ant Group dan Alibaba karena masalah anti-trust," tulis laporan yang menyertai daftar tersebut, seperti dikutip Business Insider pada Rabu (3/3/2021).

Konfrontasi Ma dengan regulator China memuncak ketika dia mengkritik sistem regulasi keuangan Negeri Bambu pada 24 Oktober 2020, saat Ant Group bersiap untuk IPO.

Dia mengatakan anggota parlemen yang menegakkan aturan keuangan global adalah bagian dari "klub orang tua" dan aturan yang ada tidak sesuai dengan inovasi teknologi China.

IPO Ant senilai US$34 miliar, yang terbesar dalam sejarah, ditangguhkan setelah regulator menemukan "masalah besar" yang menyatakan perusahaan tidak dapat memenuhi syarat untuk listing.

Selanjutnya, negara meluncurkan investigasi anti-monopoli ke Alibaba dan memperkenalkan serangkaian peraturan baru untuk sektor teknologi finansial.

Ma, yang kekayaan pribadinya mencapai US$55 miliar, menghilang dari pandangan publik selama hampir tiga bulan setelah komentarnya tentang aturan keuangan global.

Dia muncul kembali dalam klip video 50 detik pada 20 Januari 2021, berbicara kepada 100 guru pedesaan di seluruh China.

Zhong, orang terkaya di China saat ini, untuk pertama kalinya menempati posisi teratas dengan kekayaan 550 miliar yuan atau senilai US$85 miliar.

Kekayaan tersebut berkat kinerja saham perusahaan air kemasan dan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang mana dia kelola, menurut Reuters.

Zhang Yiming, pendiri perusahaan induk TikTok, ByteDance yang berusia 38 tahun, masuk ke 5 besar dengan kekayaan pribadi sekitar US$54 miliar setelah aplikasi tersebut melonjak popularitasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya jack ma
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top