Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lebih dari 80 Persen Usaha Mikro dan Kecil Manfaatkan Platform Digital

Berdasarkan laporan berjudul Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19 dari UN Women, lebih dari 80 persen usaha skala mikro dan kecil telah menggunakan platform digital, seperti GoBiz sebagai strategi penanggulangan dampak pandemi terhadap bisnis mereka.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 07 April 2021  |  16:33 WIB
Para juara patner Gofood berpose bersama saat penyerahan penghargaan apresiasi di Palembang.  - Bisnis/Dinda Wulandari
Para juara patner Gofood berpose bersama saat penyerahan penghargaan apresiasi di Palembang. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, JAKARTA - Platform digital telah menjadi andalan para pelaku usaha mikro dan kecil untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus meningkatkan omzet. Bagi perempuan pengusaha, teknologi digital membantu bisnis mereka lebih berdaya tahan dan bertumbuh di tengah pandemi.

Berdasarkan laporan berjudul Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19 dari UN Women, lebih dari 80 persen usaha skala mikro dan kecil telah menggunakan platform digital, seperti GoBiz sebagai strategi penanggulangan dampak pandemi terhadap bisnis mereka.

Laporan tersebut juga menemukan bahwa 82 persen pengusaha perempuan merasa terbantu dalam menyeimbangkan antara pekerjaan dan tanggung jawab domestik serta keluarga berkat solusi digital di ekosistem Gojek seperti GoBiz, Selly, Midtrans, dan Moka.

Untuk mendukung pelaku UMKM dan pengusaha perempuan terus melaju, Gojek Indonesia menggandeng Induk Koperasi Wanita Pengusaha (Inkowapi) untuk memberikan pembinaan strategi pengelolaan bisnis menggunakan teknologi di ekosistem bagi ratusan pelaku usaha.

Bayu Ramadhan, VP Merchant Marketing Gojek, mengatakan kolaborasi dengan Inkowapi merupakan bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek yang mendukung UMKM di berbagai skala usaha untuk mengembangkan bisnis mereka dengan solusi yang lengkap dan inklusif, mencakup dukungan teknologi dan nonteknologi.

Bersama Inkowapi, Gojek akan membagikan langkah-langkah sukses berbisnis digital menggunakan GoBiz, aplikasi super bagi mitra usaha Gojek.

“Kami berharap, kolaborasi ini dapat memberikan kesempatan serta manfaat bagi para pengusaha perempuan di bawah naungan Inkowapi, dan ikut serta membangkitkan geliat sektor UMKM yang perannya sangat penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia,” ujarnya, Rabu (7/4/2021).

Sharmila, Ketua Umum Inkowapi, mengatakan pihaknya telah melihat langsung rekam jejak Gofood sebagai mitra terbaik dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM kuliner di seluruh Indonesia.

“Di masa pandemi, sudah menjadi keharusan bagi anggota Inkowapi untuk mengubah pola bisnis, agar bisa terus bertahan dan beradaptasi dengan kondisi terkini, salah satunya dengan memahami dan mengadaptasi teknologi digital,” tuturnya.

Inkowapi saat ini telah melatih ratusan pelaku usaha perempuan. Dia berharap lebih banyak lagi perempuan yang bisa kita fasilitasi dan tingkatkan kapasitasnya dalam berbisnis di era digital.

Kerja sama Gojek dan Inkowapi diawali dengan pelatihan yang diadakan secara daring (5/4/2021) dan dihadiri oleh ratusan usaha pengusaha perempuan di bawah naungan Inkowapi.

Pelatihan dibawakan oleh tim Gojek yang memberikan penjelasan komprehensif mengenai ekosistem teknologi Gojek untuk pelaku UMKM dan seluk beluk mengembangkan bisnis dengan sukses menggunakan aplikasi GoBiz.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perempuan pengusaha inkowapi Gojek
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top