Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Kartini: Perempuan di Balik Puluhan Ribu Armada Bluebird

Banyak perempuan hebat yang menjadikan Kartini sebagai inspirasi dalam menjalani karier. Salah satunya Vice President Teknik PT Blue Bird Tbk. Bintarti A.Yulianto.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 21 April 2021  |  14:31 WIB
Vice President Teknik PT Blue Bird Tbk. Bintarti A.Yulianto  -  Bluebird
Vice President Teknik PT Blue Bird Tbk. Bintarti A.Yulianto - Bluebird

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap 21 April Hari Kartini untuk menghormati perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di semua bidang.

Perjuangan Kartini memegang peranan penting terhadap kesetaraan gender di Indonesia. Banyak sekali perempuan-perempuan hebat Indonesia yang menjadikan Kartini sebagai inspirasi dalam menjalani karier maupun berkarya sehingga mampu memberikan manfaat kepada khalayak luas. Salah satunya Vice President Teknik PT Blue Bird Tbk. Bintarti A.Yulianto.

Dengan posisinya saat ini, Bintarti membawahi ribuan karyawan di Divisi Perawatan Bluebird. Dia memegang tanggung jawab penuh terhadap kesiapan armada dari Bluebird Group dalam melayani masyarakat.

Kesiapan armada mulai dari pengecatan sesuai identitas perusahaan, pemasangan atribut, hingga sistem service/maintenance merupakan tanggung jawab dari Bintarti guna memastikan kenyamanan dan keamanan para pelanggan setia dari titik penjemputan hingga titik pengantaran.

Bintarti bercerita mengenai awal dari perjalanan kariernya, termasuk latar belakang pendidikannya. Dia mengambil studi jurusan Teknik Nuklir di Universitas Gadjah Mada. Namun, kebijaksanaan pemerintah saat itu untuk menunda pembangunan Pusat Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) sebagai pemanfaatan nuklir untuk kesejahteraan masyarakat, mendorong Bintarti untuk mencari tantangan baru.

"Kebetulan, saat itu, Bluebird sedang mencari tenaga-tenaga baru karena pengembangan usaha yang dilakukan. Saya akhirnya bergabung dengan Bluebird," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (21/4/2021).

Dunia teknik dan berkutat dengan penanganan perawatan kendaraan yang mencapai puluhan ribu dan ribuan kolega yang semuanya pria. Hal tu otomatis menjadikan Bintarti tenggelam dalam "dunia pria" yang harus dikelola.

Dalam layanan transportasi (darat), orang akan cenderung menilai kualitas layanan dari pengemudi dan kendaraannya. Dia mengatakan salah satu faktor terpenting dari layanan Bluebird sesungguhnya berawal dari program perawatan kendaraan yang dilakukan, sehingga seluruh kendaraan berada dalam keadaan prima, selalu siap dioperasikan; aman dan nyaman melayani penumpang dan pelanggan.

"Semua kendaraan memiliki jadwal perawatan sebelum menghadapi permasalahan," ungkap Bintarti.

Sebagai seorang wanita, dia harus melakukan koordinasi dan mengelola perawatan puluhan ribu kendaraan secara terjadwal. Terkait stigma laki-laki di ranah teknik, Bintarti justru merasa enjoy saja bekerja dengan rekan-rekan teknik yang seluruhnya pria.

Dia menilai masalah dalam dunia kerja ataupun dalam kegiatan yang lain, bukan soal pria-wanita.

"Kunci utama adalah perlunya kita memiliki mindset yang sama. Apabila ada kesamaan pemahaman, etos kerja, saling memahami the do's and the don'ts; rekan laki atau wanita pada dasarnya sama,” katanya.

Bintarti justru merasakan aspek positif dapat menyampaikan sesuatu hal atau pemikiran secara lebih direct, straight to the point, dan terbuka.

Terlebih lagi, seluruh aspek kehidupan, termasuk bisnis dan industri, saat ini mengalami perubahan yang sangat cepat sehingga mereka yang tidak melakukan perubahan akan menjadi dinosaurus dan tidak relevan.

Dia memberi contoh industri transportasi sedang fokus terhadap kesiapan mobil listrik. Namun, mungkin dalam sepuluh tahun ke depan, tidak menutup kemungkinan akan hadirnya teknologi mobil yang baru.

"Kita harus tetap bergerak maju dan tanpa henti untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar maupun konsumen,” imbuh Bintarti.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Blue Bird hari kartini
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top