Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Segarnya Peluang Bisnis Minuman Kolagen Untuk Kesehatan Kulit

Secara umum, kolagen dalam tubuh manusia dapat berkurang seiring bertambahnya usia. Dampaknya, kulit bisa mengendur dan muncul kerutan halus di kulit.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 07 Juli 2021  |  16:04 WIB
Minuman berkolagen
Minuman berkolagen

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang sehat, segar, dan selalu terlihat awet muda. Berbagai cara pun dilakukan mulai dari menggunakan make up, rutin memakai skin care hingga mengonsumsi vitamin atau minuman yang dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Tak heran bila prospek bisnis di bidang kecantikan selalu meningkat. Hal ini pula yang menginspirasi beauty influencer bernama Listia Magdalena untuk terjun dalam bisnis kecantikan. Apalagi wanita yang juga aktif sebagai youtuber ini juga sangat menyukai dunia kecantikan.

Mulanya, wanita kelahiran 1991 ini berpikir untuk membuat produk kosmetik seperti lipstik, bedak, dan lain sebagainya. Namun dia melihat persaingan di bisnis tesebut sudah sangat ketat dan banyak brand-brand lokal maupun internasional yang menjual produk kosmetik.

“Nah semakin ke sini, aku ingin sesuatu yang bisa ngeboost dari dalam karena memang aku sendiri juga kalau make up sukanya yang minimalis jadi inginnya membuat produk kecantikan yang bisa membuat kulit lebih sehat dari dalam,” tutur wanita yang akrab disapa Paopao ini.

Sampai suatu ketika dirinya berlibur ke Jepang dan saat itu kolagen sangat disukai. Dia pun lantas membeli beberapa merek produk kolagen hingga penuh satu koper. Setiap dia melakukan traveling, banyak teman yang menitipkan produk kolagen kepada dirinya.

Dia lantas meneliti kandungan yang ada di dalam produk kolagen tersebut bersama rekan-rekannya bahwa ternyata kolagen sangat bagus bagi kesehatan kulit. Memang saat itu sudah ada beberapa brand yang menjual produk berkolagen tetapi pengetahuan masyarakat mengenai hal tersebut masih sangat minim.

“Dari situ aku dan rekanku berpikir untuk membuat produk kecantikan berbahan dasar kolagen dengan membuat minuman serbuk berkolagen apalagi persaingannya juga masih sedikit, berbeda kalau kosmetik saat ini kompetitornya sudah sangat banyak. Sebagai pemilik brand aku juga ingin mengedukasi masyarakat mengenai manfaat dari minuman berkolagen ini,” ujarnya.

Listia menjelaskan secara umum, kolagen dalam tubuh manusia dapat berkurang seiring bertambahnya usia. Dampaknya, kulit bisa mengendur dan muncul kerutan halus di kulit.

Sekitar usia 30 tahun, produksi kolagen alami mulai melambat. Hal itulah yang membuat terjadinya tanda-tanda penuaan seperti garis halus, keriput dan selulit, oleh karena itulah asupan kolagen sangat penting bagi tubuh karena dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam secara jangka panjang.

“Ini pula yang kemudian menguatkan aku dan temanku untuk meluncurkan produk minuman berkolagen yang kami beri nama Byoote pada Oktober 2019,” ungkapnya.

Byoote sendiri merupakan minuman serbuk dengan teknologi Hydrolized Collagen yakni collagen yang sudah di pecah hingga partikel terkecil sehingga dapat dengan cepat di serap oleh tubuh. Tidak hanya Collagen, Byoote juga mengandung L-Glutathione Grade A yang di import langsung dari Jepang, berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, serta mencerahkan kulit. Byoote juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dan BPOM sehingga aman digunakan.

Dalam mengembangkan produk dan brand Byoote ini, PaoPao berbagi peran dengan temannya. Dia berfokus untuk membranding Byoote sekaligus mengedukai masyarakat sedangkan temannya lebih mengurus berbagai hal yang terkait dengan produksi barang.

Sebagai seorang youtuber dan konten kreator, pemilik channel youtuber LDP Production ini pun aktif membuat konten-konten mengenai produknya dengan cara yang kreatif melalui video-video lucu sekaligus mengedukasi yang menarik bagi konsumen.

“Aku sendiri suka banget dengan produk yang aku kembangkan saat ini. Dan aku basicnya juga suka bikin video maka aku mencoba untuk mengkreasikannya dalam bentuk video-video lucu dan kreatif makanya orang akhirnya melihat Byoote ini bukan hanya sekadar produk tetapi juga brand,” tuturnya.

Selain membuat video, dia juga melakukan strategi endorsement dengan menggandeng teman-teman sesama influencer untuk menggunakan sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai manfaat dari minuman berkolagen tersebut.

Seiring berjalannya waktu, ternyata cukup banyak konsumen dari Byoote yang mengirimkan video-video testimoni mereka sendiri. Sebagai pemilik brand, Listia mencoba lebih mendekatkan diri dengan para pelanggannya sehingga dengan membuat kreasi video challange dan lain sebagainya.

Tidak berhenti sampai di situ, Paopao dan tim terus melakukan inovasi produk kolagen yang hingga kini sudah mendapat tempat di hati masyarakat dengan peningkatan penjualan yang signifikan selama 2 tahun. Dia rutin meluncurkan berbagai produk, terbaru ialah BYT Colla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha kecantikan kolagen
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top