Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Brand Lokal, Ini Pentingnya Creative Branding dan Cara Penerapannya

Berikut ini sederet tips untuk memperkuat branding brand lokal agar diminati pasar.
Ilustrasi branding
Ilustrasi branding

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memfasilitasi peningkatan ekosistem digital dan program transformasi digital.

Fasilitas ini sendiri juga diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para brand lokal untuk membangun jaringan dan berkolaborasi dengan brand dan komunitas lainnya.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary, mengatakan bahwa digitalisasi dapat membuat brand lokal membuka peluang baru dan kolaborasi yang dapat membawa perubahan positif.

“Adanya transformasi digital mampu membawa perubahan positif dan membuat usaha lebih maju dan berkembang karena brand-brand lokal harus berinovasi dan keluar dari zona nyaman usaha,” Ucapnya dalam Forum DigiTalk x Jakarta Sneaker Day bertema “Creative Branding Melalui Kolaborasi” (24/03/22).

Sneaker influencer dan Owner BLK DMND, Anugrah Aditya, juga mengatakan bahwa dengan kolaborasi maka akan memberikan kelebihan dan menutupi kekurangan.

Lantas, bagaimana tips dalam membangun branding yang kreatif? Berikut beberapa cara dan ide yang dapat Anda terapkan, yang dilansir dari DesignRush.


1. Temukan pola dasar atau karakter brand

Siapakah karakter spesifik yang sifatnya menggambarkan brand Anda dalam fase kehidupan berbeda? Terapkanlah strategi menceritakan kisah yang menampilkan karakter tersebut.

Strategi ini adalah strategi yang menerapkan psikologi ke dalam branding ala psikologi Jung. Dan ini berhasil dan cukup sering digunakan oleh merek.

2. Buat konsep dan konten yang dipersonalisasi

Anda harus kreatif dalam hal ini. Banyak para pelanggan yang mau merangkul merek dan membuat mereka merasa dihargai atas kepribadian unik yang mereka miliki.

3. Buat logo sebagus mungkin

Visual identitas merek Anda menjadi hal yang penting. Anda dapat mencari tahu bagaimana dalam membuat merek yang bagus dan menggunakan jasa desainer logo berpengalaman.

4. Promosi dan strategi media sosial Anda

72 persen konsumen akan melakukan pembelian dari suatu merek jika mereka mengikuti perusahaan tersebut di Twitter. Media sosial sendiri adalah alat terbaik di dunia saat ini untuk membangun koneksi.

5. Pemasaran online

Anda tidak boleh meremehkan kampanye email. Anda dapat mencoba dengan menerapkan desain email yang profesional.

Dalam pemasaran online, Anda dapat mencoba untuk meningkatkan keyword research pada brand Anda. Dalam Banner Ads, pastikan Anda menggunakan paragraf atau kata yang menarik.

6. Rangkul seorang influencer

Anda dapat memanfaatkan orang yang memiliki ribuan atau jutaan pengikut dalam media sosial. Anda dapat mencoba untuk mencari influencer yang memiliki hobi atau branding yang juga sama dengan Anda.

7. Buatlah video

54 persen konsumen ingin melihat lebih banyak konten video dari merek yang mereka sukai. Multimedia lain yang pelanggan sukai secara visual adalah infografis.

8. Terhubung dengan pelanggan dan ajukan pertanyaan

Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada pelanggan secara sesekali dan lakukanlah survei. Mintalah pendapat mereka tentang topik yang lebih luas dan juga menarik untuk Anda.

9. Berkomunikasi dari sudut pandang seorang ahli

Kredibilitas membutuhkan waktu. Keyakinan pada siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dapat membuat waktu itu jauh lebih singkat.

10. Bertanggung jawab secara sosial

Audiens menghormati merek yang menyumbangkan keuntungan bagi brand, tujuan amal atau mensponsori inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan manusia atau membantu sesama yang kurang beruntung.

11. Konsistensi

Menyampaikan pesan, gaya, dan suara Anda dengan gaya yang konsisten dan andal adalah landasan branding. Untuk itu, merek Anda akan semakin pasti, semakin memiliki citra, desain, pesan dan nilai yang konsisten sehingga memberikan komunikasi yang efektif dan menghindari ambiguitas.

12. Jadilah otentik

Dengan otentik, maka akan membawa Anda atau brand Anda ke tempat yang layak didapatkan. Untuk itu, setidaknya brand Anda harus memiliki tiga kemampuan, yang meliputi untuk diakui, untuk mendapatkan loyalitas dan untuk mendefinisikan dirinya di pasar.

Jika Anda sudah dapat memperkuat creative branding pada brand Anda, Anda dapat mencoba untuk berkolaborasi dengan brand lainnya agar dapat saling melengkapi dan untuk memperkuat serta membuat branding menjadi lebih kreatif dan lebih efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper