Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

12 Tools dari Google yang Bisa Membantu Para Pebisnis

Jika Anda ingin mencobanya, lihatlah beberapa tools yang ditawarkan dari Google yang dapat Anda manfaatkan.
Google
Google

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai pengusaha, Google memiliki berbagai alat untuk kebutuhan Anda.

Dilansir dari Makeuseof, jika Anda baru saja ingin memulai bisnis atau startup, Anda dapat mencoba untuk memanfaatkan alat dari Google.

Jika Anda ingin mencobanya, lihatlah beberapa tools yang ditawarkan dari Google yang dapat Anda manfaatkan.

1. Google My Business

Kini setiap orang ingin mencari informasi, banyak dari masyarakat akan mencari lewat Google. Untuk itu, alat ini dapat menjadi direktori seperti dimana lokasi Anda berada, detail kontak, gambar yang akan membantu untuk meningkatkan kredibilitas dan menemukan Anda.

Jika Anda memiliki bisnis offline, hal ini lah yang perlu Anda perhatikan dan penting.

2. Google Analytics

Seperti hampir setiap bisnis saat ini, Anda harus memiliki situs web untuk perusahaan Anda. Untuk mengetahui apakah situs web Anda benar-benar membantu Anda mencapai hasil ini atau tidak, Google Analytics dapat membantu.

Alat ini memiliki berbagai fungsi seperti untuk melacak lalu lintas web Anda, memahami wawasan lalu lintas web, demografi, berapa banyak waktu yang dihabiskan, dan lain-lainnya.

3. Google Alerts

Ini adalah layanan pemberitahuan yang ditawarkan Google untuk kata kunci apa pun yang Anda minati. Sesuai kebutuhan Anda, Anda dapat memilih untuk mendapatkan peringatan harian, mingguan, atau bulanan. Contohnya untuk menganalisa pesaing, tren dan lain-lainnya.

4. Google Trends

Alat ini membantu untuk mengetahui kualitas kata kunci tertentu. Anda juga dapat menggunakannya untuk membandingkan beberapa kata kunci di lokasi tertentu.

5. Google Drive

Google Drive adalah sistem layanan penyimpanan berbasis cloud, yang berjalan dengan mudah dengan sinkronisasi di beberapa perangkat. Jika Anda mendaftar, Anda akan mendapatkan ruang kosong sebesar 15 GB.

Alat gratis lainnya seperti Google Dokumen, Spreadsheet, Formulir, Meet, dan lainnya berfungsi tanpa hambatan dalam integrasi dengan Google Drive.

6. Google Forms

Perangkat lunak ini adalah alat terintegrasi dari Google Drive. Anda dapat menggunakannya untuk membuat berbagai jenis formulir.

7. Google Meet

Google Meet adalah alat yang dapat membantu Anda untuk melakukan wawancara rekrutmen awal, wawancara klien, rapat tim, panggilan penemuan klien potensial, dan banyak lagi.

8. Google Keyword Planner

Jika Anda ingin membangun dan mempertahankan kehadiran online, maka SEO sangat penting. Google Keyword Planner dapat membantu Anda dengan proses penelitian kata kunci Anda.

9. Google Marketing Platform

Alat ini adalah program periklanan online yang ditawarkan Google untuk menjalankan kampanye iklan dengan mudah. Alat ini membantu Anda untuk memahami wawasan yang lebih dalam mengenai kampanye iklan Google Anda, menganalisis kinerja iklan Anda dan lain-lainnya.

10. Google Search Console

Google Search Console merupakan layanan berbasis web dari Google yang membantu Anda memahami bagaimana kinerja situs web Anda di mesin telusur dan muncul di perangkat lain.

Contohnya, Anda dapat mengetahui kecepatan pemuatan situs web Anda, pengindeksan halaman web Anda, apakah situs Anda responsif atau tidak, domain yang tertaut dan lain-lainnya.

11. Google for Startups

Google menyediakan platform bagi startup untuk membantu mereka bertemu orang yang tepat, mendukung mereka secara finansial, dan memberikan bantuan untuk membuat produk baru.

Google for Startup saat ini beroperasi di 135 negara, memiliki komunitas fisik lokal yang didirikan dan mereka memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para pendiri dan tim mereka.

12. Think With Google

Platform ini menawarkan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang perencanaan kampanye pemasaran Anda. Platform ini memberikan informasi seperti perilaku pelanggan dengan terperinci, wawasan pemasaran, dan strategi yang bekerja untuk berbagai industri.

Saat ini, data yang tersedia hanya pada beberapa negara saja seperti Australia, Selandia Baru, India, Indonesia, Jepang, Singapura, dan banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper