Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Tips Manajemen Uang Pribadi Agar Tidak Boros

Jika Anda ingin mencobanya dari sekarang, berikut beberapa tahapan yang dapat Anda coba ikuti, untuk mengatur keuangan pribadi Anda.
Rupiah
Rupiah

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelolaan uang adalah perencanaan untuk uang Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan dengan baik.

Hal ini biasanya meliputi penganggaran, penghematan, menghindari atau mengurangi utang dan berinvestasi untuk di masa depan Anda.

Untuk memanajemen uang Anda, Anda dapat melakukannya selangkah demi selangkah. Tips di bawah dapat membantu Anda untuk mendapatkan kendali dan ketenangan pikiran.

Jika Anda ingin mencobanya dari sekarang, berikut beberapa tahapan yang dapat Anda coba ikuti, yang dilansir dari Nerd Wallet.

1. Lakukan inventarisasi keuangan Anda

Manajemen uang bukan hanya seperti perhitungan, namun juga perlu menyesuaikan pola pikir Anda. Anda dapat mencoba mengambil inventaris mental dari posisi Anda dan kenali di mana letak kelemahan Anda.

2. Buat jejak pengelolaan uang Anda

Buatlah jejak pengelolaan uang Anda. Hal ini meliputi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

- Mulailah dengan budget Anda
Jika Anda tidak yakin bagaimana menganggarkan, mulailah dengan memilih sistem yang akan Anda gunakan. Contohnya, Anda dapat menggunakan sistem 50/30/20, yakni mengalokasikan 50% dari pendapatan Anda untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan dan 20% untuk tabungan dan pembayaran utang.

- Lacak pengeluaran Anda
Dengan melacak pengeluaran, Anda dapat melihat dengan tepat kemana uang Anda pergi.

- Temukan cara untuk menghemat
Mulailah dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, menegosiasikan tagihan, hingga membuat perubahan jangka panjang. Idealnya, seiring berjalannya waktu, menabung akan menjadi bagian dari gaya hidup Anda.

- Gunakan akun yang ditunjuk untuk pengeluaran dan tabungan
Buatlah akun untuk menyimpan uang, yang ditujukan untuk tagihan dan pengeluaran yang terpisah dari dana darurat Anda. Hal ini untuk mengurangi godaan dalam membeli barang yang tidak terlalu penting.

- Buatlah rencana untuk melunasi hutang
Pendekatan strategis untuk pembayaran utang akan membantu Anda mencapai garis akhir bebas utang lebih cepat.

- Kembangkan kebiasaan kredit yang baik
Kredit Anda dapat menentukan apakah Anda bisa mendapatkan pinjaman dan tarif yang Anda bayarkan. Contohnya untuk apartemen, asuransi mobil dan lainnya.

- Investasikan untuk masa depan keuangan Anda
Sisihkan uang Anda dan berinvestasi untuk di masa depan Anda. Tujuan utama yang perlu Anda capai adalah kebebasan dan stabilitas finansial jangka panjang.

3. Memaksimalkan tabungan Anda

Buatlah dan sisihkan dan Anda untuk dana darurat, berinvestasi, membayar utang Anda dan lakukanlah berulang-ulang.

4. Bersikaplah gigih

Berpegang teguh pada anggaran yang terlalu ketat kadang bisa membuat Anda menyiksa. Untuk itu lakukan secara pelan-pelan dikarenakan kesuksesan atau keberhasilan tidak hanya bisa dicapai dalam waktu semalam.

Belajarlah dan berkembang, lakukan dengan kerja keras dan dedikasi sehingga Anda dapat mengelola uang Anda dengan percaya diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper