Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kisah Womenpreneur Manfaatkan Teknologi Digital dan Berdayakan Komunitas Sekitar

Dengan prinsip giving back to the community ketiga womenpreneur ini mengupayakan setiap bisnis yang dijalankan bisa memberikan dampak nyata terhadap seluruh perempuan Indonesia.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 21 April 2022  |  10:00 WIB
Foto: dok. Kita Art Friends
Foto: dok. Kita Art Friends

Bisnis.com, JAKARTA – Womenpreneur khususnya yang bergerak di bidang UMKM dari berbagai latar belakang, industri dan skala bisnis dapat turut membantu wanita Indonesia dan komunitas sekitar dalam mengembangkan potensinya.

Salah satu womenpreneur yang sukses memakai solusi bisnis digital yaitu Ria Templer selaku owner Utama Spice menceritakan awal mula dirinya membangun bisnis yang fokus pada produk herbal lokal dari Bali.

Ria mengaku ingin memberikan dampak positif terhadap sejumlah komunitas di wilayah Bali dan mengangkat derajat perekonomian komunitas di Pulau Dewata itu. 

Dirinya bersyukur sampai saat ini hampir 90 persen karyawan Utama Spice adalah wanita dan sudah memiliki sebanyak tujuh outlet besar di seluruh Indonesia. 

Foto: Ria Templer - Owner Utama Spice

Ria mengakui bahwa selama ini memanfaatkan fitur Moka yang merupakan solusi POS dari GoTo Financial. Berkat bantuan teknologi tersebut, dirinya kini lebih mudah mengambil keputusan strategis berdasarkan insight real time dari Moka. 

"Wanita kadang dianggap kurang mampu untuk memimpin dan berkarya. If you find yourself in a room full of men, jangan merendah dan pastikan untuk percaya nilai yang kita miliki bisa jauh lebih baik," tuturnya, Selasa (19/4). 

Ria menjelaskan bahwa Utama Spice sudah berdiri sejak 1989 dengan menjual produk essential oil dan produk perawatan muka natural yang diproduksi langsung oleh petani di Ubud Bali. Saat ini, Utama Spice juga telah bekerja sama dengan social entrepreneur lokal di Bali untuk memberikan tambahan penghasilan bagi para mantan pengemis melalui pembelian produk anyaman yang digunakan sebagai kemasan dari produk Utama Spice.

"Saya terinspirasi dari Ibu saya dalam menciptakan produk yang ramah lingkungan untuk berdayakan komunitas sekitar," katanya. 

Senada dengan Ria, womenpreneur lainnya yaitu Stefani Amanda selaku Co-Founder With Love The Brand juga mengatakan bahwa dirinya terbantu dengan hadirnya solusi payment gateway Midtrans dari GoTo Financial.

Melalui solusi tersebut, dirinya kini bisa menjangkau lebih banyak pelanggan yang ingin melakukan pembayaran non tunai lewat website resmi With Love The Brand. 

Foto: Stefani Amanda - Co-Founder With Love The Brand

Amanda sendiri mengaku sudah merangkul lebih dari 50 ibu rumah tangga beserta keluarganya untuk mengembangkan With Love The Brand hingga memiliki ambisi untuk memperluas bisnis ke mancanegara. 

Setiap ibu rumah tangga yang bergabung, kata Amanda, diberikan alat jahit pribadi untuk bekerja di rumah masing-masing sembari mengurus keluarga dan anaknya. 

"Kami ingin tumbuh besar dengan cara membawa orang-orang sekitar, terutama ibu rumah tangga. Mereka punya andil hebat dalam memastikan produk With Love The Brand dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," katanya. 

Sementara itu, Co-Founder Kita Art Friends, Nirmala Trisna juga telah menggunakan layanan GoStore dari GoTo Financial untuk mengembangkan bisnis berjualan online yang dijalankan bersama suaminya. 

Foto: Nirmala Trisna - Co-Founder Kita Art Friends

Nirmala mengungkapkan bahwa dirinya dan suami ingin memperkenalkan karya puluhan seniman dari Bali, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta kepada seluruh lapisan masyarakat. Karya tersebut berupa art merchandise dan masker dengan desain spesial dari para seniman lokal.

"Bermula dari 5 seniman di awal Kita Art Friends berdiri, kini kami telah berkolaborasi dengan lebih dari 30 seniman untuk memproduksi masker dengan desain seni khas lokal. Atas kecintaan kami pada seni, Kita Art Friends turut membantu menghubungkan para seniman kontemporer lokal dengan kolektornya," ujarnya. 

Melalui Kita Art Friends, Nirmala turut menggalang donasi untuk membantu pemulihan korban terdampak pandemi yang disalurkan langsung kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan ini telah berlangsung setiap bulannya sejak tahun 2020.

Ketiga womenpreneur itu sudah mendedikasikan dirinya untuk membangun bisnis dengan prinsip giving back to the community agar setiap bisnis yang dijalankan bisa memberikan dampak nyata terhadap seluruh perempuan Indonesia.

Ketiga womenpreneur ini turut memanfaatkan platform teknologi dalam menjalankan operasional bisnisnya, guna meningkatkan efisiensi dan menjangkau lebih banyak pelanggan agar bisnisnya terus berkembang.

GoTo Financial sendiri saat ini memiliki sejumlah produk dan layanan untuk para mitra usaha terus berkembang, antara lain layanan payment gateway Midtrans, aplikasi kasir (POS) berbasis cloud Moka, layanan toko online GoStore, serta Selly dan GoBiz yang membantu proses administrasi berjualan online maupun offline lebih nyaman dan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

womenpreneur GoPay goto financial
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top