Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Istilah, Kosakata Hingga Singkatan dalam Dunia Kewirausahaan

Berikut beberapa istilah bisnis yang harus Anda ketahui dan pahami agar dapat memaksimalkan setiap tahap perkembangan usaha.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 26 Juli 2022  |  13:58 WIB
Istilah, Kosakata Hingga Singkatan dalam Dunia Kewirausahaan
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum berkecimpung di dunia entrepreneurship, penting untuk memahami istilah, kosakata, singkatan bahkan bahasa gaul yang cenderung digunakan dalam dunia bisnis.

Dengan mengetahui beragam istilah dalam bisnis, tentunya Anda bisa berkomunikasi lebih baik bersama rekan bisnis, seperti calon mitra, investor, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, istilah-istilah ini juga diperlukan agar Anda tidak ketinggalan tren yang sedang berlaku dalam dunia bisnis.

Melansir The Balance Small Business pada Selasa (26/7/2022) berikut beberapa istilah bisnis yang harus Anda ketahui dan pahami agar dapat memaksimalkan setiap tahap perkembangan usaha.

1. Akuisisi

Suatu strategi mengambil kepemilikan bisnis lain. Untuk strategi ini, perusahaan yang mengakuisisi perusahaan lain disebut sebagai perusahaan pengakuisisi. Sedangkan, perusahaan yang diakusisi disebut sebagai perusahaan target. Perusahaan pengakuisisi memiliki kendali atas aktivitas bisnis perusahaan target. Namun, perusahaan target tetap memiliki eksistensi dan tetap menjalankan aktivitas bisnis.

Biasanya, istilah akuisisi sering digunakan bersama dengan kata merger. Meski dua istilah ini berbeda dan demi tidak menimbulkan kesalahpahaman, membuat hadir istilah terbaru yang beredar secara populer, yakni merger dan akuisisi atau biasa disingkat M&A.

2. Periklanan

Kegiatan untuk menarik perhatian publik terhadap suatu produk atau bisnis melalui pengumuman berbayar di media cetak, siaran, atau elektronik. Jangan bingung dengan pemasaran atau hubungan masyarakat.

3. Angel Investors

Menurut Forbes, investor malaikat atau angel investor adalah seorang individu kaya raya yang menawarkan pendanaan kepada startup dan biasanya menginginkan imbalan berupa saham bisnis. Kebanyakan seorang angel investor berasal dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Tingkat pendanaan berkisar dari US$50.000 hingga US$2 juta.

4. Appraisal

Suatu proses analisa yang dilakukan oleh profesional berupa penaksiran nilai di pasar terbuka. Ini juga menjelaskan bagaimana estimasi dan kesimpulan nilai dibuat.

5. Barter

Pertukaran langsung barang dagangan dan/atau jasa antar bisnis.

6. Inkubator Bisnis

Menyediakan ruang kerja, pembinaan, dan layanan dukungan untuk pengusaha dan bisnis tahap awal.

7. Valuasi Bisnis

Perkiraan nilai badan usaha dan asetnya.

8. Pemasaran Langsung ke Konsumen

Suatu bentuk jaringan pemasaran, di mana strategi marketing yang mengandalkan komunikasi atau distribusi langsung dari pemasar ke konsumen. Strategi ini bisa dilakukan secara tatap muka atau lewat media komunikasi seperti telepon, email, dan SMS. Direct marketing tidak melibatkan pihak ketiga seperti media iklan.

9. Hak Cipta (Copyright)

Suatu bentuk perlindungan atas karya sastra, ilmiah, dan seni yang diterbitkan dan tidak diterbitkan yang telah ditetapkan dalam bentuk nyata atau materi.

10. Korporat

Perusahaan corporate adalah suatu badan yang didirikan oleh sekelompok orang dan beroperasi dengan entitas hukum yang jelas. Dengan begitu, segala ketentuan dan prosedur kerja yang berlaku di organisasi ini sudah memiliki dasar hukum. Keuntungan utama perusahaan adalah melindungi investornya dari tanggung jawab pribadi atas kerugian yang mungkin dialami perusahaan.

11. Downline

Dalam bisnis pemasaran bertingkat seperti MLM, downline adalah istilah dari kumpulan orang atau bawahan yang direkrut dalam bisnis untuk melakukan penjualan produk bersama-sama.

12. Uji Tuntas (Due Diligence)

Due diligence adalah uji tuntas untuk penyelidikan atas investasi potensial (seperti saham) atau produk untuk mengkonfirmasi fakta di baliknya. Fakta-fakta ini dapat mencakup item-item yang meninjau semua catatan keuangan, kinerja perusahaan di masa lalu, ditambah hal lain yang dianggap material yang dapat mempengaruhi hasil transaksi.

13. Wirausaha

Seseorang yang mengatur, mengoperasikan, dan menanggung risiko untuk usaha bisnis.

14. Kemitraan Umum

Pada kemitraan umum, semua pihak bertanggung jawab tanpa batas atas pengelolaan bisnisnya, termasuk utang dan piutang perusahaan. Keuntungan bisnis juga dibagi rata yang dituangkan secara tertulis dalam perjanjian kemitraan.

15. Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan atau home based business adalah bisnis kecil yang kantornya beroperasi di rumah pemilik bisnis. Bisnis dapat berupa ukuran atau jenis apa pun selama kantor terletak di rumah.

16. Kontraktor Swasta

Orang yang mempraktikkan perdagangan, bisnis, atau profesi independen di mana mereka menawarkan jasanya kepada publik. Orang yang mengontrak jasa mereka harus memiliki hak untuk mengontrol atau mengarahkan hanya hasil pekerjaan dan bukan cara dan metode untuk mencapai hasil tersebut.

17. Intrapreneur

Intrapreneur atau internal entrepreneur adalah sebuah istilah yang biasanya disematkan pada sosok pengusaha atau seseorang dengan mentalitas pengusaha yang bekerja di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

18. Joint Venture

Badan hukum yang dibuat oleh dua atau lebih bisnis yang bergabung bersama untuk menjalankan perusahaan bisnis tertentu dengan kedua belah pihak berbagi keuntungan dan kerugian. Ini berbeda dari aliansi strategis karena ada badan hukum tertentu yang dibuat.

19. Perseroan Terbatas (LLC)

LLC adalah jenis struktur bisnis yang memperlakukan pemilik seperti mitra tetapi memberi mereka pilihan untuk dikenakan pajak seperti perusahaan.

20. Kemitraan Terbatas (Limited Partnership)

Kemitraan terbatas terdiri dari mitra umum yang tanggung jawabnya terbatas pada jumlah uang yang mereka berikan untuk usaha bersama itu. Mitra terbatas biasanya investor pasif yang tidak memainkan peran apa pun dalam pengelolaan bisnis sehari-hari.

21. Jalur Kredit (Line of Credit)

Mirip dengan pinjaman bisnis, bedanya peminjam membayar bunga hanya pada jumlah yang benar-benar digunakan. Sama seperti kartu kredit, bisnis melakukan pembayaran berkala terhadap saldo terutang.

22. Pemasaran

Proses meneliti, mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau layanan. Pemasaran mencakup berbagai praktik, termasuk periklanan , publisitas, promosi, penetapan harga, dan pengemasan barang atau jasa secara keseluruhan.

23. Penggabungan (Merger)

Merger adalah istilah penggabungan dua perusahaan yang sebelumnya terpisah menjadi satu entitas perusahaan saja, dimana perusahaan tersebut mengambil dengan cara menyatukan saham berupa aset dan non aset perusahaan yang di merger.

24. Pemasaran Bertingkat (MLM)

Strategi pemasaran di mana tenaga penjual tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

25. Jaringan Pemasaran

Sebuah bisnis yang membutuhkan jaringan distributor untuk membangun bisnis tersebut. Bisnis seperti itu biasanya juga MLM.

26. Jaringan (Networking)

Networking dalam bisnis adalah proses membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pelaku bisnis lain, klien, atau pelanggan potensial. Hal ini juga melibatkan kontak dengan orang-orang yang memberikan informasi atau pelatihan. Networking juga dapat menjadi cara terbaik untuk menemukan vendor terkemuka, sehingga dapat disewa untuk bisnis Anda sendiri.

Tidak hanya untuk mendapat keuntungan, networking dalam bisnis justru sebenarnya berfokus pada proses untuk menciptakan hubungan saling percaya dan persahabatan dengan pebisnis lain.
Biasanya, networking bisnis ini melibatkan pertemuan langsung, seperti konferensi, acara jejaring, atau melalui media sosial.

27. Alih Daya (Outsourcing)

Secara lebih jelas, outsourcing adalah penyerahan sebagian pekerjaan kepada perusahaan lain, baik berupa pemborongan pekerjaan ataupun penyediaan tenaga kerja. Biasanya layanan outsourcing, di bidang akuntansi , payroll, IT periklanan, dan banyak lagi.

28. Kemitraan (Partnership)

Kemitraan adalah kerja sama di antara dua pihak atau lebih dalam mengelola dan mengoperasikan bisnis bersama demi mencapai keuntungan. Kemitraan secara hukum dianggap sebagai sekelompok individu dan bukan sebagai satu kesatuan, dan masing-masing mitra mengajukan bagian keuntungan mereka pada pengembalian pajak individu mereka.

29. Paten

Hak milik yang diberikan kepada penemu untuk mengecualikan orang lain dari membuat, menggunakan, menawarkan untuk dijual, atau menjual penemuan untuk waktu yang terbatas dalam pertukaran untuk pengungkapan publik penemuan ketika paten diberikan.

30. Perencanaan (Planning)

Perumusan dengan menggunakna metode terperinci untuk mengelola bisnis.

31. Hubungan Masyarakat (Humas/PR)

Proses komunikasi strategis yang digunakan oleh suatu pihak, baik individu, perusahaan, atau organisasi, untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat dengan menyusun rencana komunikasi khusus dengan berbagai media dalam upaya membangun dan mempertahanan reputasi, citra, komunikasi, serta hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik.

32. Penjualan (Sales)

Sales adalah bagian dari aktivitas penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan penjual ke pembeli guna menghasilkan uang. Sales juga mengacu pada suatu profesi aktivitas dalam suatu perusahaan.

33. Administrasi Bisnis Kecil (SBA)

Small Business Administration (SBA) adalah badan pemerintah otonom AS yang didirikan pada tahun 1953 untuk mendukung dan memajukan perekonomian secara umum dengan memberikan bantuan kepada usaha kecil.

34. Kepemilikan Tunggal

Sebuah bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh satu orang.

35. Aliansi Strategis

Hubungan berkelanjutan antara dua bisnis di mana mereka menggabungkan upaya untuk tujuan tertentu.

36. Merek dagang

Suatu bentuk perlindungan hukum terhadap kata, nama, simbol, suara, atau warna yang membedakan barang dan jasa. Merek dagang, tidak seperti paten, dapat diperbarui selamanya selama digunakan dalam bisnis.

37. Modal Ventura (VC)

Suatu bentuk pembiayaan untuk perusahaan di mana bisnis menyerahkan sebagian kepemilikan dan kendali bisnis dengan imbalan modal selama jangka waktu terbatas, biasanya 3-5 tahun.

Investasi biasanya berkisar dari US$500.000 hingga US$5 juta, meskipun kadang-kadang ada investasi VC serendah US$50.000 atau setinggi US$20 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kamus entrepreneur wirausaha kosa kata istilah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top