Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Bisnis untuk Pengusaha Usia 60 Tahun ke Atas

Franchise telah populer di kalangan pemilik usaha kecil untuk waktu yang lama. Alasannya, sebab memulai bisnis itu sulit.
Franchise/ajaib
Franchise/ajaib

Bisnis Franchise hingga Menulis

6. Buka Bisnis Franchise

Franchise telah populer di kalangan pemilik usaha kecil untuk waktu yang lama. Alasannya, sebab memulai bisnis itu sulit. Selain pekerjaan dan modal yang perlu Anda siapkan, Anda perlu tahu apa yang Anda lakukan. Sehingga, pilihan franchise terdengar lebih masuk akal.

Meski Anda harus membayar biaya awal franchise dan royalti secara berulang, namun Anda akan tetap mendapatkan panduan langkah demi langkah tentang cara memulai bisnis. Sebaiknya, Anda memilih franchise yang sudah punya nama yang terkenal di lingkup nasional, karena itu akan mendatangkan pelanggan secara otomatis.

Jika Anda membeli franchise, Anda tidak perlu membuat rencana bisnis atau khawatir tentang logistik. Franchise terbaik pastinya memiliki sumber daya pelatihan karyawan dalam segala hal mulai dari dukungan pelanggan hingga penanganan keuangan.

Salah satu rantai restoran waralaba paling terkenal di Amerika Serikat dimulai oleh seorang pengusaha tua: tidak lain adalah Colonel Harland David Sanders, seorang franchise Kentucky Fried Chicken memulai bisnisnya, ketika dia berusia 60-an dan bekerja di beberapa aspek bisnis restoran sampai kematiannya pada usia 90.

Meskipun dia bergejolak atau gagal di banyak pekerjaan dan karier yang berbeda dalam hidupnya yang panjang, dia menyadari bahwa dia memiliki resep ayam goreng yang luar biasa yang layak dibagikan kepada dunia.
Restoran dan bisnis franchise yang menyertainya membuatnya cukup kaya di akhir hayatnya. Hari ini, KFC adalah merek dengan kehadiran di seluruh dunia.

Membeli franchise yang sudah mapan mungkin tidak akan menghasilkan kesuksesan di seluruh dunia, tetapi ini bisa menjadi usaha bisnis yang stabil untuk orang yang tepat. Sayangnya, biaya mendirikan franchise tidaklah murah. Selain membayar biaya awal yang lumayan, biasanya ada biaya modal lainnya seperti membeli peralatan, mempekerjakan karyawan, dan menyewa tempat.

Biaya sebuah franchise rata-rata US$150.000 atau Rp2 miliar, tetapi sebagian besar dari biaya itu dapat ditutupi melalui pinjaman bisnis atau semacam pembiayaan.

Operasi sehari-hari dari sebagian besar franchise yang dikelola dengan baik dapat dilakukan oleh seorang manajer. Setelah bisnis berdiri dan berjalan, pemilik bisnis biasanya tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk terjun langsung menjalankannya.

7. Layanan Jasa Pindah Barang

Salah satu, bisnis yang bisa dipilih adalah layanan jasa pindah barang. Ini menjadi sangat cocok bagi para pensiunan, sebab layanan ini akan membantu Anda untuk bergerak. Orang muda pasti akan diserahkan tanggung jawab dalam pengangkatan fisik sebuah barang, tetapi bagi Anda yang di usia tua, maka Anda akan bertanggung jawab dalam proses pengaturan pemindahan barang.

Menurut penyedia layanan ini, banyak keluarga muda yang kewalahan membutuhkan bantuan untuk mengelola detail proses pemindahan, dan mereka bersedia membayarnya. Layanan ini sering melibatkan pembersihan garasi, pengepakan, pelabelan, pengorganisasian, dan perencanaan berbagai bagian pemindahan. Bagian dari ini dapat melibatkan layanan relokasi senior, yang membantu manula menemukan rumah pensiun yang dapat dipercaya dan terjangkau.

8. Bimbingan Akademik

Bimbingan belajar adalah bisnis yang bagus untuk orang-orang yang mencintai anak-anak dan remaja. Pensiunan guru sekolah menemukan bahwa bimbingan belajar adalah cara yang bagus untuk mendatangkan penghasilan selama masa pensiun, tanpa tekanan dari manajemen kelas dan administrasi sekolah.

Secara tradisional, tutor privat biasanya mengunjungi siswa di rumah mereka atau tempat lain yang dipilih orang tua mereka. Namun, kini Anda bisa memulai tren belajar online yang lebih praktis. Orang tua bisa minta bantuan anak atau seseorang untuk mempromosikan dan menjalankan kursus online tersebut.

Persiapan tes untuk masuk perguruan tinggi dan tes standar lainnya adalah bidang tertentu dengan permintaan tinggi, yang dapat memerintahkan tingkat yang lebih tinggi untuk tutor yang berpengalaman di dalamnya.

9. Dapatkan Bayaran untuk Menulis

Menulis adalah kegiatan berbayar yang dapat dilakukan dengan baik pada usia berapa pun. Ada berbagai cara untuk mendapatkan bayaran sebagai penulis. Ada ide bisnis untuk menulis, seperti pekerjaan lepas untuk publikasi dan perusahaan (freelance), menerbitkan buku sendiri, melakukan ghostwriting atas nama orang lain, menjadi penulis teknis dan copywriting.

Gerri Detweiler dari Sarasota, Florida, bekerja selama bertahun-tahun sebagai penulis, pembicara, dan pendidik di industri kredit. Dia memutuskan untuk beralih dari pekerjaan in-house penuh waktu ke penulisan dan konsultasi lepas.

Disebutkan bahwa dia telah menerbitkan buku dan juga sedang mengerjakan kursus online. Detweiler berbagi bahwa menulis memungkinkan banyak fleksibilitas. Ini juga memungkinkan seseorang untuk mempelajari topik-topik yang menarik tetapi seseorang mungkin tidak punya waktu untuk belajar.

Misalnya, tahun ini dia menulis tentang kartu kredit kripto dan tahun selanjutnya menulis tentang ekonomi perbankan. Itu bukan suatu masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper