Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Daftar Kemitraan Lawson, dan Keuntungannya

Lawson didirikan oleh seorang pemilik pabrik susu bernama J.J. Lawson di negara bagian Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1939.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  13:29 WIB
Cara Daftar Kemitraan Lawson, dan Keuntungannya
Gerai Lawson dengan konsep baru dibuka di dalam ritel minimarket Alfamidi Super di Serpong, Tangerang Selatan. (Dokumentasi Lawson).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan gerai ritel di Indonesia semakin pesat.

Sekaan tidak mau ketinggalan, gerai ritel yang berasal dari Jepang, yakni Lawson ikut meramaikan bisnis franchise tanah air.

Apalagi mengingat, kini sasyarakat terutama di kota besar kian menginginkan kebutuhan yang serba praktis di tengah ritme kehidupan yang makin sibuk.
Gerai kecil yang dekat kian dibutuhkan di tengah kemacetan kota yang sering terjadi.

Lantas apa saja syarat membuka franchise Lawson dan berapa modal yang dbutuhkan? Simak informasinya berikut ini.

Sejarah Franchise Lawson

Lawson didirikan oleh seorang pemilik pabrik susu bernama J.J. Lawson di negara bagian Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1939. Pada tahun 1975 Lawson mulai membuka toko pertamanya di Sakurazuka Osaka, Jepang dan mendapat popularitas yang tinggi di sana. Saat ini Lawson memiliki jaringan convenience store terbesar kedua di Jepang setelah 7-Eleven. Logo perusahaan ini berupa kaleng susu untuk mengingatkan orang bahwa Lawson berawal dari toko susu.

Setelah membuka gerai pertama di Okinawa pada Juli 1997, Lawson dicatat sebagai jaringan toko kelontong pertama yang membuka gerainya di 47 prefektur di Jepang. Pada Mei 2011, Lawson membuka toko ke-10.000 di Jepang. Hingga Maret 2013, Lawson memiliki 11.174 toko di Jepang.

Lawson pun kembali ke negeri asalnya, Amerika Serikat, setelah dibukanya toko pertama Lawson Station di Honolulu, Hawaii pada 7 Juli 2012. Toko pertama dibuka di Sheraton Waikiki dan toko kedua di Moana Surfrider, Westin Resort & Spa.

Franchise Lawson di Indonesia

Berbekal kesuksesan di Jepang, gerai ritel nomor dua setelah 7-Eleven mulai merambah luar Jepang. Di Indonesia, Lawson menandatangani perjanjian lisensi dengan PT. Midi Utama Indonesia, Tbk dari Alfa Group pada 20 Juni 2011. Midi Utama Indonesia adalah pemilik merek mini market Alfamidi dan Alfaexpress. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk juga dari Alfa Group adalah pemilik merek mini market Alfamart. Gerai pertama Lawson di Indonesia dibuka di Kemang, Jakarta Selatan pada Juli 2011.

Meski masih berjejaring dengan Alfamart, produk yang hadir di Lawson cukup jauh berbeda. Jika Alfamart lebih mengandalkan brand lokal, Lawson lebih ke Jepang. Hal ini dapat dimaklumi karena gerai ini berasal dari Jepang. Di Indonesia, pembeli dapat membeli makanan siap saji dan minuman untuk dinikmati di ruang duduk yang terdapat di dalam dan di luar toko. Produk orisinal Lawson di Indonesia adalah oden dan onigiri.

Sejak 2022, gerai ritel tersebut telah berjumlah di atas 50 gerai dan diperkirakan akan terus bertambah. Sebab, ini berkaitan dengan minat masyarakat Indonesia yang gandrung akan produk Jepang. Tahun ini Lawson menargetkan membuka 100 gerai baru dan perusahaan berencana menambah setidaknya 200 gerai pada 2022 dengan fokus pengembangan di luar pulau Jawa.

Syarat dan Biaya Franchise Lawson

Sayangnya, melansir dari laman Facebook ‘Lawson Station Indonesia’ disebutkan bahwa franchise Lawson Indonesia belum membuka kesempatan bagi para pebisnis. Sehingga untuk modal yang harus dipersiapkan pun tidak diketahui.

Sejauh ini, PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) terus memastikan akan selektif dalam hal ekspansi gerai convenience store (minimarket) dengan brand Lawson. Oleh sebab itu, sejauh ini perseroan masih berniat untuk fokus untuk menempatkan gerai Lawon di area perkantoran maupun fasilitas publik.

Mengingat, ciri dari perusahaan ini ada empat, yakni hemat energi, efisiensi sumber daya, pengelolaan limbah, dan distribusi yang apik. Ini menjadi prasyarat utama apabila franchise hadir di luar Jepang. Selain karena faktor persyaratan tersebut, kualitas produk dijamin mumpuni dan harga bersahabat. Untuk itu, emiten ini sepenuhnya memahami, penting untuk tidak terlalu agresif dalam hal menambah jaringan convenience store tersebut.

Sistem Kerja Sama Master Franchise

Meskipun, di Indonesia sendiri franchise Lawson telah dimiliki oleh PT Midi Utama Indonesia Tbk. Namun, melansir dari laman resmi Jaringan Lawson Internasional, yakni lawson.jp, disebutkan bahwa franchise ini membuka kesempatan bagi para pebisnis di luar Jepang.
Untuk prosesnya, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan bagi calon mitra:

1. Akses www.lawson.jp
2. Klik tab di tengah atas laman ‘Global Business’
3. Setelahnya Anda bisa klik ‘Contact Us’
4. Lengkapi beberapa berkas seperti informasi pribadi, tujuan penggunaan, batasan tanggung jawab, larangan serta lembar persetujuan atas kebijakan suatu ketentuan
5. Apabila Anda telah mengisi formulir tersebut, maka nantinya pihak Lawson Internasional melakukan pertemuan meeting dengan Anda, baik secara virtual ataupun langsung.
6. Lalu, Anda bisa mengajukan perencanaan bisnis Anda kepada tim Lawson Internasional
7. Seperti franchise brand luar negeri pada umumnya, Anda juga akan melakukan financial review
8. Setelah itu, jika dirasa cocok, maka kedua belah pihak melakukan sepakat melakukan kerjasama.
9. Terakhir, akan ada lembar resmi persetujuan dan Master Franchise segera didirikan.

Tapi, Lawson Internasional pun tidak menjanjikan bahwa permohonan yang Anda ajukan sebagai Master Franchise mendapatkan persetujuan langsung. Sebab, wilayah tertentu di seluruh dunia memiliki undang-undang dan/atau peraturan yang mengatur penawaran dan penjualan franchise. Adapun Lawson telah tersebar di beberapa wilayah, yakni Beijing, Dalian, Shanghai, Chongqi, Indonesia, Thailand, Filipina dan Hawaii.

Sehingga, jika Anda adalah penduduk salah satu negara ini, maka Tim Lawson Internasional tidak akan menawarkan franchise kepada Anda, kecuali tim Lawson telah memenuhi persyaratan undang-undang investasi waralaba yang berlaku di wilayah Anda.

Apalagi, mengingat Lawson telah membuat perjanjian Master Lisence Agreement (MLA) dalam pemberian hak ekslusif bagi Perseroan untuk menggunakan dan bertindak sebagai sub-franchisor atas trademark dan knowhow Lawson di wilayah Indonesia selama 25 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Keuntungan yang Diberikan Sebagai Mitra Franchise

Asosiasi Kesejahteraan Lawson selalu berusaha mewujudkan tiga prinsip kenyamanan, kesehatan dan ketenangan pikiran.

Berikut, berbagai macam paket manfaat mencakup berbagai tunjangan, bantuan timbal balik dan kompensasi untuk anggota pemilik franchise dan keluarga mereka serta untuk kru toko dan anggota staf, antara lain:

1.Tunjangan penggunaan fasilitas olahraga
2. Tunjangan untuk pemeriksaan kesehatan lengkap dan pemeriksaan kesehatan
3. Tunjangan untuk vaksin influenza
4. Tunjangan penitipan anak dan pusat penitipan anak untuk anggota kru toko
5. Penyelenggaraan promosi kesehatan / acara keluarga dan seminar untuk wanita
6. Layanan perjalanan dan akomodasi
7. Tunjangan untuk kursus korespondensi/komunikasi tulis perihal surat menyurat
8. Tersedia sistem pembayaran ucapan selamat dan belasungkawa
9. Tersedia sistem asuransi kelompok sukarela untuk toko waralaba (pemilihan berbagai paket asuransi)
10. Diskon dan perlakuan istimewa di gourmet, rekreasi, hiburan, membesarkan anak, perawatan dan fasilitas pengayaan dan pendukung kehidupan lainnya
11. Diskon sewa mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minimarket lawson franchise
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top