Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erika Richardo, Pelukis TikTok yang Kembangkan Usaha Lewat Konten Anti-Mainstream

Erika Ricardo mulai memasuki ranah TikTok April 2020 silam setelah sebelumnya memproduksi konten seni di Instagram dengan nama @morningdate.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  09:46 WIB
Erika Richardo, Pelukis TikTok yang Kembangkan Usaha Lewat Konten Anti-Mainstream
Erica Ricardo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Profil Erika Richardo kini sedang banyak dicari orang. Tentunya, bagi pengguna TikTok, sosok Erika Richardo mungkin sudah tidak terdengar asing lagi. Sebab, dia adalah konten kreator TikTok sekaligus pelukis muda yang terkenal, karena suka menggunakan media lukis yang unik.

Saat ini akun @erikarichardo telah tembus 8,7 juta followers. Sebagai konten kreator, Erika memang secara konsisten membuat konten soal proses pengerjaan lukisan. Menariknya, konten tersebut tidak dia lakukan secara cuma-cuma, namun ini menjadi trik branding untuk bisnisnya yang bernama ‘By Painters'.

Alhasil, dengan bakatnya sebagai pelukis dan berbisnis sedari muda, dia pun berhasil menginspirasi banyak pihak. Tak jarang dia diundang sebagai narasumber untuk seminar motivasi. Lantas, seperti apa sih sosok Erika Richardo ini? Simak ulasan Bisnis selengkapnya.

Profil Erika Richardo

Nama aslinya memang Erika Richardo. Dia lahir pada 2 Juni 2002, sehingga untuk saat ini dia usianya menginjak 20 tahun. Adapun, berdasarkan profil Linkedin-nya, Erica Richardo terdaftar sebagai mahasiswi Universitas Prasetiya Mulya dengan konsentrasi Bisnis.

Erika Ricardo mulai memasuki ranah TikTok April 2020 silam setelah sebelumnya memproduksi konten seni di Instagram dengan nama @morningdate. Namun, seiring berjalannya waktu, perhatian publik pada kontennya tidak bertahan lama. Sehingga, dia mencoba melakukan re-branding ulang atas akunnya dengan menggunakan nama asli. Lalu, supaya makin lebih dikenal oleh publik, dia pun memutuskan untuk lebih sering muncul sebagai pemilik akun dan tak jarang mulai menerima tantangan melukis dari warganet.

Erika Punya Beragam Inovasi Anti-Mainstream

Seperti yang disebutkan di atas, Erika memang tak hanya sekadar melukis di kanvas seperti pelukis pada umumnya, di mana Erika kerap viral lantaran memilih medium anti-mainstream di lukisannya. Hasil penelusuran Bisnis menemukan, bahwa di akun TikTok-nya, Erika pernah melukis dengan media galon tanpa menggunakan bantuan alat lukis, sehingga Erika lebih memilih melukis menggunakan tutup galon dan label kemasan galonnya saja.

Selain galon, Erika juga pernah ngelukis di tangki air, kaca, pintu, jendela hingga tempat tidur rumahnya. Bahkan, yang membuat popularitas akunnya kian melejit, saat Erika berhasil melukis di atas mobil sport Porsche milik founder @komunitasbisaekspor pada 3 September 2021 lalu.

Video tersebut sempat viral dan ditonton kurang lebih 1,3 juta pengguna TikTok. Karya nya ini merupakan karya pertama di Indonesia. Belum ada orang atau seniman Indonesia yang melukis di atas mobil sport. Erika mengatakan perlu waku 6 jam untuk melukis tema nusantara, termasuk ‘barong’ dari Bali di atas kap mesin mobil itu.

Kombinasikan Bisnis Dan Personal Branding

Bukan hanya sekedar hobi dan konten, dia pun menjual hasil karya lukisannya tersebut. Keseriusan Erika dalam melukis pun ditunjukkan melalui bisnisnya ‘By Painters’, yaitu usaha melukis dengan angka atau paint by numbers kit yang memang beberapa tahun ke belakang sedang laris manis di kalangan anak muda, utamanya bagi mereka yang ingin mencoba melukis dengan bantuan arahan.

Seakan memaksimalkan promosi media sosial yang ada, Erika juga mencoba untuk aktif di Youtube dengan berbagai konten yang membahas seputar kuis, challenge hingga vlog soal aktivitas melukisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokoh bisnis TikTok tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top