Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 10 Tips Agar Bisnis Bertahan di Tengah Ketatnya Persaingan

Tips lainnya dalam mempertahankan bisnis di tengah persaingan adalah percaya diri, jangan membandingkan diri dengan orang lain, hingga jaga reputasi Anda.
Ilustrasi/Youtube
Ilustrasi/Youtube

Percaya diri hingga jaga reputasi

6. Percaya diri

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus membuat banyak keputusan. Ketika Anda terjebak, Anda harus percaya dengan insting Anda. Anda sebagai pebisnis pasti lebih tahu bisnis soal bisnis Anda dibanding orang lain. Jadi percayalah pada diri Anda untuk membuat keputusan yang tepat.

Penting untuk percaya pada diri sendiri dan kemampuan Anda untuk mengatasi tantangan. Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, tidak ada orang lain yang akan percaya. Anda harus berpikir bahwa Anda dapat melakukan apa saja dan semua yang diperlukan untuk membuat bisnis Anda sukses. Anda memiliki kekuatan untuk melakukannya!

7. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Salah satu cara tercepat untuk membunuh motivasi dan kepercayaan diri Anda adalah dengan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Ketika Anda terus-menerus membandingkan kemajuan Anda (atau kekurangannya) dengan orang lain, mudah untuk berkecil hati. Padahal, perjalanan setiap orang berbeda. Apa yang berhasil untuk orang lain mungkin tidak berhasil untuk Anda, dan sebaliknya.

8. Tetap positif

Sebagai seorang pengusaha, Anda akan menghadapi tantangan dan rintangan. Sangat penting untuk tetap positif dan menjaga sikap yang baik. Sikap positif akan membantu Anda melewati masa-masa sulit.

9. Jaga reputasi

Ketika Anda memulai bisnis atau bekerja untuk orang lain, penting untuk menjaga hubungan positif dengan orang-orang yang Anda temui. Anda tidak pernah tahu kapan Anda mungkin membutuhkan bantuan mereka, jadi yang terbaik adalah menjaga agar semuanya tetap bersahabat.

Selain itu, hubungan pribadi Anda akan berdampak pada bisnis Anda. Jika Anda mengalami masalah dengan salah satu klien Anda, kualitas pekerjaan yang masuk ke proyek klien tersebut dapat terpengaruh secara negatif, sehingga menghasilkan lebih sedikit penjualan di masa mendatang.

10. Buat waktu Anda jadi efisien

Terakhir, cobalah untuk mengefektifkan waktu. Anda bisa mulai dengan menyederhanakan operasi dan pastikan Anda memahami dengan jelas target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda. Rencana tepat waktu menjamin efisiensi dengan waktu dan pelanggan Anda dan memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas yang lebih penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Riset hingga menabung
Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper