Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 10 Tips Agar Bisnis Bertahan di Tengah Ketatnya Persaingan

Lakukan riset, menabung, terlibat komunitas, cari bisnis yang cocok dan jangan takut akan perubahan adalah bagian dari mempertahankan bisnis Anda.
Ilustrasi menabung dana darurat/Startupguys
Ilustrasi menabung dana darurat/Startupguys

Riset hingga menabung

1. Selalu lakukan riset 

Sebelum memulai bisnis, penting untuk melakukan riset dan memastikan bahwa Anda memahami dengan jelas industri, target pasar, dan siapa pesaing Anda. Pelajari hal yang menjadi kelemahan kompetitor agar Anda bisa memanfaatkan kelemahan tersebut. Pelajari juga keunggulan kompetitor agar Anda bisa mengambil hal baik darinya. Melakukan riset juga akan menghemat waktu dan uang Anda dalam jangka panjang.

2. Terlibat dalam komunitas bisnis lokal Anda

Membuat koneksi seluas-luasnya akan sangat baik untuk bisnis Anda. Tidak hanya menjalin koneksi dengan pelanggan dan supplier saja, Anda bisa membangun koneksi dengan sesama pebisnis lainnya.

Misalnya, dengan mengenali pemilik bisnis dan pengusaha lokal lainnya. Bergabung dengan grup jaringan dapat membantu Anda bertemu orang-orang dalam situasi yang sama seperti Anda dan yang dapat menawarkan saran dan dukungan.

Anda juga bisa menghadiri acara bisnis lokal. Ini adalah peluang bagus untuk berjejaring dan belajar tentang apa yang terjadi di komunitas bisnis dan mengetahui apa yang terjadi di tingkat kota dan kabupaten dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat tentang bisnis Anda.

Semakin banyak koneksi yang Anda miliki akan semakin banyak kemudahan yang didapatkan nantinya, misalnya dalam bentuk promosi. Ingat tidak hanya sekedar menjalin koneksi, namun selalu jalin koneksi yang baik sehingga bisnis Anda juga akan dikenal baik.

3. Jangan takut dengan perubahan

Kemampuan untuk menerima perubahan dan beradaptasi dengan situasi baru sangat penting bagi setiap pengusaha yang ingin bertahan dan berkembang. Jika Anda berada dalam kebiasaan, cobalah melihat masalah Anda dari perspektif yang berbeda. Terkadang yang dibutuhkan hanyalah pandangan baru pada berbagai hal untuk menemukan jawaban atau solusi.

Saat menghadapi tantangan, cobalah untuk tidak memikirkan masa lalu karena tidak ada yang bisa Anda lakukan sekarang. Sebaliknya, fokuslah pada apa yang perlu Anda lakukan sekarang untuk keluar dari situasi Anda saat ini.

4. Menabung

Salah satu tips terbaik untuk pebisnis adalah untuk menghemat uang sebanyak mungkin. Ini mungkin tampak rumit, terutama ketika Anda baru memulai, tetapi penting untuk hidup di bawah kemampuan Anda dan menyisihkan uang sebanyak mungkin. Ini akan membantu Anda untuk punya dana cadangan guna mengatasi masa-masa sulit yang menghadang Anda.

5. Cari tahu apa yang cocok untuk Anda

Pengusaha perlu menemukan cara kerja yang cocok untuk mereka. Tapi, apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain, jadi penting untuk bereksperimen dan menemukan rutinitas yang membantu Anda memaksimalkan hari Anda.

Menemukan apa yang cocok untuk Anda juga berarti memahami cara mendelegasikan tugas bila diperlukan. Begitu banyak orang ingin bisnis mereka menjadi tentang diri mereka sendiri, tetapi jika Anda tidak memiliki waktu atau kemampuan di suatu bidang, delegasikan kepada seseorang yang memilikinya. Ini akan sangat efektif dan bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper