Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Sukses dan Untung Cepat Memulai Bisnis Apparel

Salah satu langkah awal dalam berbisnis adalah dengan memilih nama untuk toko online.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 14 September 2022  |  04:59 WIB
Tips Sukses dan Untung Cepat Memulai Bisnis Apparel
Tips bisnis planning - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis apparel bisa jadi peluang di tahun 2022. Prospeknya pun yang sangat bagus karena semua orang pasti membutuhkan pakaian.

Adapun, bisnis apparel merupakan kata lain dari bisnis pakaian yang yang populer di kalangan anak muda. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya permintaan akan pakaian dengan desain yang trendy dan kreatif. Apalagi kalangan anak muda yang gemar mengikuti tren. Semakin unik desain pakaian, maka suatu brand akan dkenal publik. 

Lantas, apa saja tips sukses dalam memulai bisnis apparel hingga bisa menghasilkan keuntungan? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Pilih Niche atau Target Audiens Anda

Melansir dari Entrepreneur, saat memulai bisnis pakaian, maka keputusan terpenting adalah menentukan siapa target konsumen yang akan dibidik oleh Anda.

Merek Anda dapat mencakup satu atau dua pasar yang berbeda, seperti pakaian untuk musim tertentu, seperti musim dingin atau pakaian renang.

Tapi, akan lebih sulit untuk menemukan kesuksesan bisnis, jika Anda merancang untuk seluruh spektrum gender daripada hanya pria atau wanita. Mempersempit audiens target Anda akan membantu Anda menciptakan identitas merek dan model bisnis yang lebih fokus. 

2. Ikuti Trend

Sebagai pebisnis yang terjun di bidang pakaian, maka Anda harus peka terhadap tren. Pasalnya, kebutuhan pasar terkait apparel olahraga juga berubah seiring dengan perubahan tren. Perubahan tren ini juga karena dipengaruhi oleh perubahan zaman dan selera pasar.

3. Siapkan Modal

Modal yang paling penting digunakan untuk pembelian pakaian, biaya transportasi, dan lainnya. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda telah meminimalisir semua pengeluaran pada awal bisnis. 

4. Tentukan Nama Brand dan Lakukan Promosi

Menurut Entrepreneur, salah satu langkah awal dalam berbisnis adalah dengan memilih nama untuk toko online Anda dan membuat akun media sosial, seperti halaman Instagram dan Tiktok, yang dapat membantu mempromosikan produk di koleksi Anda. Ini adalah cara Anda menjangkau pelanggan yang mungkin belum tahu tentang apa yang Anda jual.

Media sosial adalah cara yang bagus untuk mendapatkan nama bisnis Anda di luar sana. Anda juga dapat menggunakannya sebagai jalan untuk umpan balik pelanggan, yang akan membantu Anda meningkatkan kepuasan pelanggan dan operasi bisnis.

5. Bermitra dengan Supplier/Manufaktur

Mengutip dari Nerd Wallet, menemukan produsen yang tepat untuk memproduksi pakaian Anda sangat penting untuk mewujudkan visi dan tujuan merek Anda. Lagi pula, jika Anda tidak memiliki produsen yang dapat diandalkan, bisnis pakaian Anda tidak akan ada sama sekali.

Saat mencari produsen, pertimbangkan faktor-faktor seperti jumlah pesanan minimum, biaya, kualitas, dan kepercayaan produsen Anda. Anda mungkin juga ingin mencari produsen dengan pembuat pola internal untuk merampingkan proses Anda.

6. Mendesain Pakaian Custom

Satu hal yang bisa jadi diferensiasi antara bisnis clothing kamu dengan yang lain adalah melalui jasa desain pakaian custom. Hal itu bisa Anda lakukan sesuai dengan keinginan Anda atau pesanan dari pelanggan. Desain custom tersebut tentunya akan memudahkan Anda untuk bisa berkreasi sekaligus memberikan kebebasan pada pembeli untuk menentukan jenis desain pakaian yang mereka inginkan. Dengan begitu, Andabisa mendapatkan keuntungan dan juga loyalitas pembeli apabila mereka menyukai desain yang dibuat. Bukan tidak mungkin jika nantinya pembeli atau konsumen Anda melakukan repeat order.

7. Distribusikan Produk Anda

Bisnis pakaian memiliki identik dengan kemudahannya dalam mendistribukan produk, mulai dari menjual langsung melalui situs web mereka sendiri dan menjual di situs e-commerce, hingga menjual di dalam toko, melalui reseller.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sukses tips bisnis bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top