Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Syarat, dan Cara Gabung Bisnis Franchise Lotte Grosir

Berikut biaya buka bisnis franchise lotte grosir, syarat dan cara daftarnya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 26 September 2022  |  13:11 WIB
Syarat, dan Cara Gabung Bisnis Franchise Lotte Grosir
Lotte - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis minimarket kini menjadi salah satu pilihan bisnis yang dinilai punya prospek besar. Hal ini, karena bisnis minimarket mampu menawarkan alternatif untuk para konsumen yang membutuhkan produk namun tidak ditemukan di warung tradisional pada umumnya.

Adapun, salah satu perusahaan yang menawarkan skema bisnis franchise adalah Mitra Lotte Grosir, yang merupakan bagian dari Lotte Mart Indonesia. Bahkan, sebagai perusahaan besar, bisa dibilang modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini terbilang rendah, mulai dari Rp7,5 juta saja.

Lantas, seperti apa syarat dana pa saja jenis mitra yang ditawarkan? Simak ulasan Bisnis selengkapnya.

Syarat Bisnis Franchise Lotte Grosir

Menjadi mitra suatu perusahaan retail besar tentu akan memberikan banyak keuntungan kepada calon mitra. Berikut syarat menjadi mitra Lotte Grosir.

1. Lokasi Usaha

Untuk menjadi mitra Lotte Grosir, calon mitra harus memiliki tempat usaha terlebih dahulu. Pastikan lokasinya mudah dijangkau dan berada di tempat yang strategis sehingga mudah menarik konsumen. Pihak manajemen memberikan persyaratan bahwa jarak lokasi tempat usaha maksimal 10 km dari Lotte Grosir. Hal ini untuk memudahkan dalam order ataupun pengantaran barang ke tempat usaha.

2. Pemohon Berusia Produktif

Sebagai pengusaha, kaum usia produktif tentu akan lebih semangat dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu, Lotte mensyaratkan beberapa kriteria, seperti adanya motivasi tinggi dan punya rasa tanggung jawab yang tinggi dengan rentang usia antara 18 hingga 60 tahun.

3. Melengkapi Dokumen

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mendirikan suatu usaha adalah hal penting untuk menjamin legalitasnya. Dokumen-dokumen apa saja yang dipersyaratkan dapat diketahui ketika Calon mitra mendatangi Lotte grosir untuk mendaftarkan diri. Lalu, setelah permohonan diterima, maka calon mitra harus bersedia melakukan perjanjian kontrak dengan menandatangani kesepakatan hukum dengan Lotte Grosir.

Jenis Mitra dan Biaya Bisnis Franchise

Konsep mitra dari Lotte Mart ini dibagi menjadi tiga yaitu untuk toko modern, minimarket dan business to business (B2B). Tentu, ketiganya memiliki modal investasi yang berbeda.

1. Mitra Usaha Kios Modern

Sebagai salah satu perusahaan ritel besar di Indonesia, Lotte Mart juga mendukung pengusaha-pengusaha kecil yang ingin melakukan bisnis mereka sendiri. Salah satunya adalah adanya mitra usaha kios modern. Program ini dikhususkan bagi mitra dengan modal yang kecil, tetapi ingin membuka toko. Nantinya, konsep bisnis ini menawarkan kerja sama dengan warung-warung tradisional yang nantinya akan diubah menjadi minimarket. Adapun, keuntungan yang didapatkan antara lain laba 100% untuk mitra, bebas biaya waralaba, pendaftaran, dan administrasi bulanan.

Terkait biaya untuk menjadi mitra usaha kios modern, adalah sebesar Rp7,5 hingga Rp10 juta. Nilai modal yang telah disebutkan tadi nantinya bisa diinvestasikan untuk membeli stok barang dagangan dan berbagai jenis perlengkapan toko, di mana melansir dari situs resminya mitra akan mendapatkan rombong dengan ukuran 160x90x120 cm, dispenser, dan 1 unit kompor 1 tungku.

2. Mitra Usaha Toko Modern

Keuntungan yang didapatkan menjadi mitra usaha toko tidak jauh berbeda dengan mitra kios modern. Namun, modal yang dikeluarkan tentu jauh lebih besar karena barang-barang yang dijual juga lebih banyak. Selain itu, tempat usaha juga jauh lebih luas. Untuk menjadi mitra usaha toko ini, besarnya biaya yang dikeluarkan mulai dari Rp85 juta.

3. Business to Business (B2B)

Terakhir, terdapat tawaran bisnis berupa Business to Business (B2B), yakni proses kerjasama dalam pengadaan barang yang dilakukan oleh Lotte Grosir pusat dengan pelanggan yang memiliki badan usaha, dan transaksinya dapat dilakukan di seluruh cabang Lotte Grosir. Di mana, nantinya skema bisnis akan berjalan secara terpusat dengan pilihan produk yg beragam (lebih dari 10.000 sku), makanan dan non makanan. Sehingga mitra tidak perlu investasi mendirikan & mengoperasikan DC / gudang. Hal ini tentu akan berpengaruh pada penghematan biaya logistik. Adapun, contoh mitra bekerja sama dengan Lotte Grosir adalah Gojek, ISS, Yoshinoya, CFC dan Solaria.

Namun, terkait biaya untuk jenis mitra B2B tidak diinformasikan melalui situs resmi. Sehingga, apabila calon mitra tertarik, maka bisa untuk langsung menghubungi pihak manajemen.

Keuntungan Bisnis Franchise Lotte Grosir

Perbedaan menjadi mitra usaha Lotte Mart dibandingkan perusahaan retail lainnya adalah calon mitra dapat menentukan nama toko sendiri sehingga terasa sebagai usaha sendiri. Selain itu, pembebasan biaya saat bergabung dan tidak adanya biaya bulanan, pasokan barang dagangan dengan harga kompetitif, program promosi yang berkesinambungan, kunjungan berkala dari tim Mitra Lotte Grosir, pelatihan berkala operasional, penggunaan software terintegrasi secara gratis hingga dupport logistik dan pengiriman juga dapat membuat biaya pengeluaran semakin hemat dengan keuntungan yang semakin besar.

Cara Gabung Bisnis Franchise Lotte Grosir

Untuk cara gabung, calon mitra dapat langsung menghubungi pihak manajemen dengan mengisi formulir di situs resmi Mitra Lotte Grosir. Setelahnya, calon mita bisa mengisi formulir yang tertera soal informasi personal dan pilihan jenis mitra apa yang ingin Anda dirikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lotte lotte mart
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top