Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Pengusaha Indonesia Pemilik Mal Mewah di Jakarta

Berikut deretan pengusaha kaya di Indonesia yang memiliki mal mewah di Jakarta.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 05 Oktober 2022  |  16:09 WIB
Ini 10 Pengusaha Indonesia Pemilik Mal Mewah di Jakarta
Ilustrasi Senayan CIty
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jakarta merupakan kota Megapolitan yang memiliki mal dengan jumlah terbanyak di dunia, yakni mencapai 130 mal.

Adapun, beberapa mal mewah yang sering dikunjungi dan menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu adalah Grand Indonesia, Pacific Place, Plaza Senayan, hingga Pondok Indah Mall.

Lantas, siapa sebenarnya pengusaha sekaligus pemilik dari property yang bernilai miliaran atau bahkan triliunan rupiah tersebut? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Deretan Pengusaha Mal Mewah di Jakarta

1. Trihatma Kusuma Haliman

Trihatma adalah seorang arsitek yang terlatih dan pemilik dari mal-mal besar seperti Senayan City, Thamrin City, dan Central Park.

Melansir dari situs resmi Agung Podomoro Group, Trihatma Kusuma Haliman adalah penerus dari Anton Haliman. Sejak bergabung pada tahun 1973, di bawah kepemimpinanannya, Agung Podomoro Group mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Dirinya pun mampu mengembangkan hotel, apartemen hingga resor. Saat ini Agung Podomoro Group dikenal sebagai developer properti terbesar di Indonesia.

2. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja adalah pemilik dari FX Sudirman dan Plaza Indonesia yang berada di bawah naungan Plaza Indonesia Realty, Tbk (Sinar Mas Group). Melansir dari Forbes, dia dan keluarganya adalah orang terkaya ke-3 di Indonesia. Adapun, untuk saat ini perusahaan Sinar Mas miliknya memiliki lini bisnis di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis, dan telekomunikasi.

3. Alexander Tedja Pakuwon

Alexander Tedja merupakan pemilik dari Gandaria City dan Kota Kasablanka. Berdasarkan Forbes, pengembang real estate Pakuwon Jati Tbk ini didirikan pada tahun 1982 dan go public pada tahun 1989.

Perusahaan yang terdaftar ini memang dikenal dengan pengembangan mixed-use yang menggabungkan kondominium, hotel, mal dan perkantoran di Jakarta dan Surabaya. Harta kekayaannya per 2022 kini mencapai US$1,2 miliar atau sekatar dengan Rp18 triliun.

4. Dr. Hc. Ir Ciputra

Dr. Ciputra adalah pendiri dan ketua Ciputra Business Group. Dirinya pun menjadi pemilik dari Mal Ciputra, sebuah pusat perbelanjaan modern baru yang menjadi One-Stop Shopping Mall.

Melansir dari Forbes, pada 2018, Ciputra masuk sebagai 50 orang Terkaya di Indonesia. Dalam majalah Forbes edisi 2019, Ciputra dan keluarganya mempunyai harta senilai US$1,1 miliar atau setara dengan Rp16 triliun. Ciputra Development miliknya merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di tanah air dengan proyek di 33 kota.

5. Murdaya Poo

Selanjutnya adalah Murdaya Poo yang merupakan pemilik Puri Indah Mall dan Pondok Indah Mall. Murdaya Poo sendiri adalah pendiri Central Cipta Murdaya, yang memiliki investasi di bidang teknik, IT, kelapa sawit, dan kayu lapis. Melansir dari Forbes, Murdaya Poo juga adalah pemilik dari Jakarta International Expo, yang merupakan salah satu pusat konvensi terbesar di Jakarta.

6. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono

Kakak beradik yang menjadi orang terkaya di Indonesia juga memiliki mal di kawasan Jakarta Pusat yakni Grand Indonesia yang merupakan bagian dari PT Grand Indonesia (Djarum Group).

7. Sutjipto Nagaria

Soetjipto Nagaria, adalah seorang pengusaha properti yang mendirikan dan mengembangkan Mall Kelapa Gading (Group Summarecon Agung)

8. Eka Tjandranegara

Eka Tjandranegara dikenal sebagai pengembang properti komersial, Mulia Group. Adapun salah satu mal yang dimilikinya adalah Mall Taman Anggrek.

9. Mochtar Riady

Mochtar Riady merupakan pendiri dari Lippo Karawaci, Tbk. (Lippo Group). Dirinya pun merupakan pengusaha sekaligus pemilik Lippo Mall Kemang.

10. Tan Kian

Melansir dari Prestige, Tan Kian adalah pengusaha beberapa gedung paling bergengsim termasuk mal yang ada di kawasan SCBD, Senayan, Pacific Place dan hotel JW Marriott Hotel Jakarta dan The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, serta beberapa gedung apartemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mal pengusaha Pengusaha Pribumi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top