Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tips Memanfaatkan Affiliate Marketing untuk Pebisnis dan Influencer

Influencer bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi affilliate marketing.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  14:47 WIB
Tips Memanfaatkan Affiliate Marketing untuk Pebisnis dan Influencer
Ilustrasi influencer. / istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin Anda seringkali mendengar istilah affiliate marketing atau pemasaran afiliasi. Namun, Anda belum paham betul makna dari istilah tersebut.

Melansir shopify. pemasaran afiliasi adalah proses di mana penerbit mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan yang dibuat oleh pengecer atau pengiklan lain menggunakan tautan afiliasi.

Dalam konteks ini, mitra afiliasi mendapatkan pembayaran untuk memberikan hasil tertentu kepada pengecer atau pengiklan.

Biasanya, hasilnya adalah penjualan. Tetapi beberapa program pemasaran afiliasi dapat memberi Anda imbalan untuk prospek, pengguna uji coba gratis, klik ke situs web, atau mendapatkan unduhan untuk suatu aplikasi.

Sebagian besar program afiliasi biasanya bebas untuk bergabung, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan biaya awal yang tinggi. Dilakukan dengan benar, strategi pemasaran afiliasi yang efektif dapat berubah dari hiruk pikuk menjadi ide bisnis online yang menguntungkan dengan memberi Anda penghasilan yang sehat.

Penggunaan Affiliate Marketing ini biasa digunakan oleh mereka yang memilih menjadi entrepreneur atau bekerja sendiri.

Melansir dari coursera, ada beberapa tahapan jika Anda ingin memulai menjalankan affiliate marketing.

Menjadi pemasar afiliasi bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mencari penghasilan pasif dan bersedia meluangkan waktu untuk membangun audiens online mereka.

Berikut langkah-langkah yang  dapat membantu Anda dalam perjalanan menjadi pemasar afiliasi.

1. Pilih ceruk pasar Anda.

Pemasar afiliasi sangat berharga bagi pedagang karena mereka dapat menjangkau khalayak tertentu yang terdiri dari pelanggan potensial. Semakin detail ceruk Anda, semakin besar kemungkinan Anda dapat membangun platform afiliasi yang memenuhi permintaan audiens yang kurang terlayani dengan konten asli. Pada saat yang sama, Anda juga ingin memilih ceruk dengan pangsa pemirsa yang cukup besar.

2. Pilih platform yang sesuai dengan niche Anda.

Setelah Anda memutuskan topik, audiens, dan produk yang akan dicakup oleh platform pemasaran afiliasi Anda, Anda pasti ingin memutuskan seperti apa platform itu nantinya.

3. Bergabunglah dengan jaringan pemasaran afiliasi.

Jaringan afiliasi menghubungkan afiliasi dan pedagang. Meskipun tidak selalu diperlukan untuk bergabung dengan jaringan afiliasi, Anda mungkin akan menemukan bahwa hal itu akan merampingkan proses membangun hubungan dengan pedagang dan meningkatkan peluang pendapatan.

4. Perluas jaringan Anda.

Membuat platform pemasaran afiliasi yang sukses membutuhkan waktu dan dedikasi. Namun, untuk meningkatkan ukuran audiens Anda secara keseluruhan, sebaiknya gunakan campuran taktik pemasaran digital.

5. Konsisten dan kuasai keterampilan Anda.

Selain membutuhkan waktu dan dedikasi, pemasaran afiliasi juga menggunakan berbagai keterampilan, termasuk pemasaran, penulisan, komunikasi, presentasi, videografi, dan pengeditan. Perpaduan yang tepat dari keterampilan yang Anda terapkan dalam pengejaran pemasaran Anda kemungkinan besar akan bergantung pada platform, audiens, dan pendekatan yang Anda putuskan untuk diambil.

Niko Satria tim Marketing Communication StyleDoubler Indonesia, mengatakan, program Affiliate Marketing merupakan program kolaborasi yang prospektif. Selama ini yang banyak memanfaatkan Affiliate Marketing baru para influencer dan content creator. Padahal program ini terbuka bagi siapa saja asalkan mempunyai akun media sosial.

“Mereka yang bergabung ke program ini berkesempatan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari komisi keuntungan dan penjualan serta memperluas koneksi maupun komunitas. Untuk syarat bergabungnya, diantaranya mempunyai akun sosial media,”tukasnya.

Niko menjelaskan StyleDoubler sendiri adalah platform yang secara aktif menghubungkan brand dengan influencer dan content creator melalui program Affiliate Marketing. Didirikan pertama kali tahun 2018 di Finlandia, StyleDoubler kemudian melakukan ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara.

Niko memaparkan cara untuk bergabung dalam Affiliate Marketing berbasis aplikasi juga mudah.

Cukup membuat akun di aplikasi tersebut.

Mereka kemudian dapat membuat link affiliate dari produk-produk yang disukai, untuk kemudian dibagikan melalui akun media sosial. Nantinya, para influencer dan content creator akan mendapat komisi jika link tersebut digunakan untuk berbelanja.

“Affiliate marketing sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Saat ini, sudah banyak eCommerce maupun pihak mandiri yang menyediakan program affiliate marketing. program ini khususnya populer di kalangan pelajar dan mahasiswa, karena tidak memakan banyak waktu,”lanjutnya.

Dia juga memaparkan, perbedaan program affiliate marketing StyleDoubler dengan program affiliate marketing yakni pilihan eCommerce yang bekerja sama dengan StyleDoubler macam-macam, jadi bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna. 

Affiliate Marketing juga akan mendapat pendapatan yang memadai dan stabil setiap bulannya. Tidak hanya itu, program Marketing Affiliate juga umumnya membuka kesempatan bagi influencer dan content creator untuk bekerja sama dengan sejumlah brand ternama, internasional maupun lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Influencer tips bisnis tips bisnis online
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top