Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Ide Bisnis Cuan Jelang Pemilu

Berikut ide bisnis yang bisa dijalani jelang pemilu 2024 yang menguntungkan.
Proses sablon kaos/tokobahankaos
Proses sablon kaos/tokobahankaos

Bisnis.com, JAKARTA - Momen Pemilu bisa jadi peluang bisa yang menguntungkan.

Pasalnya, ajang pesta demokrasi yang digelar serentak tersebut selalu memerlukan produk jasa maupun barang yang dibutuhkan oleh banyak pihak di dunia politik untuk berkampanye dalam menarik calon pemilih. 

Lantas, apa saja peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan pada momen jelang pemilu ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Percetakan dan Desain

Membuka bisnis percetakan sendiri, ternyata bisa memberikan peluang keuntungan yang besar. Apalagi, dengan adanya momentum pemilu tentu menguntungkan sejumlah bisnis percetakan, di mana tingkat kebutuhan akan produk cetak seperti baliho, spanduk, brosur, selebaran, banner hingga kartu nama akan semakin meningkat. 

Selain itu, kini politisi juga rela mengeluarkan uang lebih untuk membuat cendera yang punya nilai kegunaan bagi para calon pemilih, misalnya mug, kalender, gantungan kunci, dan souvenir lainnya.

Apabila, Anda termasuk pemula dalam bisnis percetakan. Maka, di masa awal menjalankan bisnis percetakan, ada baiknya Anda memperluas jaringan baik secara offline maupun online dengan vendor lainnya untuk menjalankan bisnis ini. 

2. Sablon dan Konveksi

Membuka bisnis sablon dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya bisnis ini selalu diminati oleh banyak kalangan politisi untuk membuat baju pendukung partai menjelang pemilihan. 

Melansir dari Step by Step Business, tawarkan paket produksi dengan harga menarik dalam hal ini adalah tim sukses dari seorang calon yang mengadakan kampanye. Dalam usaha skala massal seperti ini, Anda tidak perlu terlalu rakus mematok untung. Bermainlah volume. Semakin banyak jumlah pesanan yang masuk, Anda bisa meraup untung lebih besar.

3. Jasa Event Organizer dan Perlengkapan

Jika Anda terbiasa menangani suatu acara. Maka, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membentuk tim dan menawarkan jasa, di mana Anda bisa memberikan konsep hingga menyusun jadwal kampanye terbuka untuk bisa menarik simpati dalam mengumpulkan massa. 

Anda juga bisa mengajak kerja sama berbagai vendor perlengkapan, seperti tenda, meja kursi sampai ke sound system. Anda bisa mendulang untung dari usaha ini.

4. Katering

Katering bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, Pasalnya, makanan selalu dibutuhkan dan wajib hadir dalam tiap pertemuan. Usaha katering tidak melulu harus berjenis makanan berat, Anda bisa mengambil segmen lain, seperti katering khusus snack ringan atau camilan. 

Jika, Anda baru memulai bisnis ini, Anda bisa tawarkan kerja sama dengan pihak catering lain untuk membantu menggarap order dengan harga bersaing. Bila ada kecocokan, bukan tidak mungkin hubungan bisnis tersebut akan langgeng hingga Pemilu tahun depan.

5. Digital Marketing

Jangan lupa bahwa sekarang kampanye juga dilakukan dalam bentuk online. Sehingga, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan konten hingga pembuatan iklan di multi platform, seperti Instagram, TikTok, Facebook, Youtube dan lain-lain. Peluang ini sangat cocok dijalankan oleh anak muda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper